Pembuatan PCB di Multikarya

Saya sangat senang, ketika desain yang dibuat dengan menggunakan software opensource KiCAD di OS Linux, dapat diimplementasikan di pembuat PCB lokal (Bandung). Adalah Multikarya (di terusan jalan Jakarta) yang dapat mewujudkannya.Sebenarnya metode pembuatannya tidaklah istimewa, tapi realisasi layout hasil desain keluaran KiCAD itulah yang cukup melegakan saya, sehingga mudah-mudahan ide-ide desain dapat terus mengalir. Berikut pengalaman saya membuat pcb dengan menggunakan KiCAD EDA lewat jasa pembuat pcb lokal.

Seperti saya jabarkan di posting sebelumnya, KiCAD dapat menghasilkan output berupa 1) file gerber RS274X, yang merupakan salah satu format standar manufaktur PCB dan 2) file PDF. Agak bermasalah juga, kalau kita serahkan file gerber ke manufaktur PCB lokal, yang rata-rata menggunakan OS Windows dan file-assosiated program (yang tinggal klik). Windows Explorer tidak mengenali format file Gerber (yang notabene adalah file teks) dan akan membuka teks editor yang menampilkan isi file gerber tersebut. Lalu bagaimana manufaktur dapat memplot gerber tersebut ke dalam film? Ini yang saya tidak mau berdebat dengan mereka. Format layout yang bisa mereka terima adalah file layout PCB yang dibuat dengan Protel, Orcad, Eagle yang kesemuanya merupakan software berlisensi dan cukup mahal untuk kita, kecuali kalau kita merencanakan produksi masal lebih dari 10ribu, sehingga biaya software PCB dapat diabaikan.

Cara kedua lah yang saya tempuh, yaitu dengan menyerahkan file PDF hasil plotting layout. Tipe file ini akan dikenal oleh Windows (manufaktur) dan akan mengasosiasikan dengan PDF viewer (misalnya Adobe Acrobat). Dengan PDF viewer, manufaktur dapat membuat film yang kemudian akan dibuatkan pcbnya. Hal yang perlu diperhatikan adalah plot (print) harus tanpa SCALING (yaitu 100%. Anda pasti tahu bagaimana kalau ada scaling). Satu catatan lagi, biarkan manufaktur yang membuatkan filmnya. Saya pernah coba membuat sendiri filmnya ke repro lain, hasilnya manufaktur PCB tidak bisa menerima (tidak mau menjamin hasilnya bagus), karena konstrain lebar jalur/track, kondisi jalur (jadi bergerigi) dan via yang tidak sempurna. Memang ada-ada saja potensi masalah kalau kita coba memprint sendiri layout ke kertas dan menyerahkannya ke repro untuk dibuat filmnya.

Memang ada masalah ketidakpresisian dalam pembuatan PCB ini, yaitu pembuatan drill/lubang untuk VIA dan pad komponen throughole dilakukan secara manual, tidak dibutuhkan drill guide, walaupun kita sudah menyediakan drill guide (beserta filmnya) yant berisi letak dan diameter drill (yang sesuai dengan aturan KiCAD, yaitu 0.64mm). Masalahnya meliputi antara lain, 1) letak lubang tidak di tengah-tengah pad atau via, 2) besar drill untuk via terlalu besar (Multikarya menggunakan diameter 0.9mm) sehingga berpotensi memutuskan konduktor track, 3) besar drill untuk pad adalah berdasarkan pengalaman pembuat PCB (menurut perkiraan mereka), 4) ada kemungkinan drill yang tidak dilubangi contohnya untuk kristal osilator yang hanya punya layer silkscreen top dan layer solder (bottom).

Adapun biaya pembuatan PCB double-layer throughole di Multikarya adalah Rp.450 per-cm2 dengan luas minimum 50 cm2. Pembuatan soldermask dan silkscreen adalah sekitar Rp.12.000 perlayer (perkiraan saya Rp.10.000 untuk membuat cetakan sekali per pembuatan pcb dan Rp.2000 untuk sablon perlayernya). Biaya film saya perkirakan sekitar Rp. 6000 perfilm (perlayer). Saya membutuhkan 6 film per pcb, yaitu untuk layer component (top), solder (bottom), soldermask component, soldermask solder, silkscreen component dan silkscreen solder. Hanya sekali per desain kita butuh biaya pembuatan film.

Saya membuat PCB dengan ukuran 9.6 cm x 9.6 cm, double layer throughole, lengkap dengan soldermask (top dan bottom) dan silkscreen (top dan bottom), yang membutuhkan 6 buah film, biayanya adalah Rp.41.400,- (untuk PCB) + Rp.48.000,- (untuk soldermask dan silkscreen) + Rp. 36.000,- (untuk film) atau total Rp.125.400,-. Sengaja saya membuat 2 layout dalam 1 PCB (cascade) untuk menghemat biaya (untuk memenuhi luas minimum dari manufaktur), sehingga biaya per pcb adalah Rp.62.700. Inilah COGS (cost of good sales) pcb untuk perangkat dengan kuantiti 2.

Saya coba membayangkan berapa biaya untuk membuat 200 buah perangkat (dibuat dengan 100 pcb = 200:2). Biaya PCB (jika tanpa diskon) adalah Rp.4.140.000 (=100 x Rp.41.400). Biaya soldermask dan silkscreen adalah Rp. 840.000 (= 4xRp.10.000 + 4x100xRp.2000). Biaya film (6 buah) adalah Rp.36.000 (hanya dibutuhkan 1 film perlayer perdesain). Sehingga total biaya yang dibutuhkan adalah Rp.5.016.000, atau setara dengan Rp.50.160 perpcb dan Rp.25.080 per perangkat. Suatu bilangan biaya yang cukup murah, asalkan Multikarya mampu memberikan jaminan kualitas, sehingga yield pcbnya cukup besar (90-100%) .

Ayo, berkarya dengan software legal dan gunakan jasa manufaktur lokal.

Link terkait

About these ads

60 Responses to “Pembuatan PCB di Multikarya”

  1. bisa minta alamat dan no telp multikarya nya ngak? thanks

  2. Multikarya, Jl. Terusan Jakarta No.49/D3
    Telp./Fax. (022)7202852

  3. weleh weleh…
    sy waktu itu pesen PCB ke ND Electronics (Cikudapateuh), bisa kok pake gerber, malah sy kirimnya via mail, bayar via transfer, 3 hari kemudian PCBnya sampai lewat TIKI… dan ukuran lubang, spek, dll persis seperti yg sy mau…

    FYI

  4. Rekan-rekan terhormat,

    Mohon maaf sebelumnya kalau tidak berkenan,

    Dengan ini kami memperkenalkan perusahaan kami base di Jakarta : AnekaPCB.

    Dapat mengerjakan PCB Prototyping Double Layer Plated Thru Holes

    Kalau memerlukan informasi lebih lanjut.

    Silahkan berkunjung ke: http://www.anekapcb.com

    Hormat Kami,

    anekapcb.com

  5. k4l: hehehe.. memang repot mas bikin pcb pake pdf dan presisinya pasti meragukan. Terima kasih infonya mas, ND Electronics yang di JP itu sama yah, mas? Mudah2an biayanya juga terjangkau dan wajar mas.

  6. wah sy ngga tau mas klo ND ada di JP jg, soalnya sy dapetnya dari googling :)

  7. om…om… tau tempat k’lo bikinnya di Surabaya ngga??? makasih ya….

  8. mungkin bisa googling aja dengan keyword “pcb surabaya”

  9. fyi, teman2 di Spectra sanggup utk hole 0,5-0,6mm
    Tapi, yang namanya kerjaan manual, masih sering terjadi sejumlah defect, misalnya thru hole yang tidak nyambung, track ber-gerigi hingga track yang ‘putus’ meskipun secara visual kelihatannya nyambung :-)

  10. Selc bisa juga mas. saya udah coba kirim arsip gerbernya. Lagi nunggu layout rampung nih.

  11. minta alamat / no telp multi karya dong??

  12. Ikut komen yah..
    Kalo di selc mereka bisa presisi karna pake Gerbtool utk plot filmnya. CAM-350 dan GC-CAM utk editing drilling CNC-nya. Alat2nya bagus, semi otomatis. Makanya harga sedikit mahal. Kalo dulu 825/cm2 utk PTH.

    Kalo Multikarya kebanyakan masih manual. Spectra juga, mereka kesulitan untuk solder mask proses tuh. Pada melenceng kalo PCB-nya panjang.

  13. mau tanya pak kalo mau pesan Box [Casing buat PCB] dari alumunium bisa gak yah
    terus kira kira berapa harganya perdesign atau perukuran?
    makasih pak

  14. mohon spesifikasi box (casing buat PCB) dari aluminium yang jelas bentuk, ukuran, jumlah dan lain2nya, dikirim kemana 081394291113

  15. berapa biaya untuk bikin pcb doble layer ukuran 30*30cm jumlahnya 20 buah

  16. halo. saya dulu sering buat gambarnya dengan protel, hasil pcb, untuk setiap 20cm meleset 0,5mm. cukup jauh untuk jarak lubang baud kan?

    trims

  17. halo untuk pcb harganya berapa ya ,terima jadi buat power mobil pak singel sih

  18. Punten…
    Sya mau tanya,
    saya mau pesan buatkan pcb dan schematiknya ..?
    Saya hanya punya file .jpg rangkaian schematik dan komponenya ..

    kira2 bisa enggak ya…
    Makasi …

  19. kalau saya gambarnya pakai microsoft visio bisa gak yah? makasih

  20. gambar saya pakai microsoft visio bisa gak yah?

  21. Akan lebih sulit menggunakan visio untuk ketepatan. Kenapa pakai Visio?

  22. kalo jasa nyolder secara mesin / pabrik di mana ya alamatnya ?

  23. Halo, saya Yusup dari Multi Karya ingin ikut memberikan informasi soal:
    {1} Harga satuan. Through hole Rp.450/cm – Single Epoxy/PR4 mulai dari Rp.125 – Single Pertinak mulai dari Rp.50. (Bisa meberikan potongan berdasarkan pesanan)
    {2} Ukuran Jalur paling kecil , 0,2 mm – antar jalur 0,2 mm( bahkan ada yg buat, lebih kecil dari 0,2)
    {3} Ukuran Drill mulai dari 0,5 mm (kami membutuhkan panduan drillnya, agar disesuaikan)
    {4} Kami terima dari schematik
    {5} Web kami: http://www.multikarya.com – E-mail: pcb_multikarya@yahoo.com
    {6} informasi lebih lengkap hubungi kami 022-7202852
    Terima kasih.

  24. mau tamya kalau saya gambarnya pakai visio bisa gak yaaaaah, makasih

  25. Kami memiliki mesin cnc router untuk membuat pcb dengan cara engraving, jalur terkecil 0.4mm, pembuatan PCB tidak menggunakan kimia, proses engraving pcb 10×20 sekitar 15menit. Silahkan berkunjung ke http://www.cncmurah.com

  26. Ada yang tau ga tempat jasa pembuatan PCB sekaligus pemasangan komponen kualitas pabrik

  27. Bagaimana dengan di layanan PCB di Spectra. Apakah cukup ok?

  28. wah mahal amat tuh jasa pembuatan PCB…. gila mau dijual berapa ntar produknya????
    iya kalo produknya bisa di jual diatas harga500rb kalo dibawahnya bisa bangkrut…cape’ deh!!!!
    mas punya referensi lain ngak nih????

  29. Haloo, numpang nanya pak edwidianto,

    Ngomong2 kalau cari jasa pembuatan box / panel almu untuk keperluan elektronik di bandung dimana ya?
    Saya kesulitan mencari jasa pembuatan panel (almu) yang bisa bikin lubang kotak (misal utk USB) atau lubang diameter besar di panel box nya, apakah bapak punya informasi soal ini? Soalnya saya baca2 disini bapak sudah berpengalaman sekali dalam proses desain dan pembuatan produk elektronik :)

    Terima kasih sebelumnya

  30. Ooh! Saya kira multikarya cuman bikin PCB aja, bisa bikin box juga toh :)
    Makasih banyak pak infonya, saya akan segera kontak kesana

    Sukses!

  31. multikarya emang top, cuma pelayanannya musti ditingkatkan lagi tuh, kadang suka ngaret. he…… :P

    • Bener. gw belom jadi pelanggannya aja udah keburu beralih ketempat lain.
      Gw minta quote, tapi ampe sekarang ga pernah dibales. eeeh, pas ngirim email di pembuat PCB yang di Sidoarjo (gw d jakarta), hari berikutnya ada balesan berikut perincian harganya.

      Ya udah, pesen ke Sidoarjo dah.

      Kalo bisa multi karya tingkatin lagi customer servicenya, pantau tiap hari email dan contact form anda. Ga semua orang suka menelpon atau SMS. :)

  32. Untuk PCB Assembly dengan SMT Pick & Place machine (tanpa jumlah order minimum):

    http://www.smtindonesia.com

    Thx, Ichan.

  33. Saya ingin tanya mas.
    Mas, kalo mau pesan PCB untuk spek HOME THEATER brapaan ya mas kira2 harganya.
    Klo di aneka PCB barangnya ada atau pesan dulu ya mas?
    tolong di kabarin ke email saya ya mas.. :-)
    Thx.

  34. mas slamet riayanto, di BANDUNG juga ada yg pelayanannya bagus di SPECTRA kerja sama dengan EXCELLA, Hasilnya juga lumayan, saya sekarang pesan disini aja. klo PCB kita ukurannya lebih kecil dari batas minimal, sama petugasnya dicopy kan sampai batas minimal pemesanan, petugasnya ramah, gk ngomel-ngomel, pesen sedikit ato banyak pelayanannya sama.

  35. saya mau menawarkan produk saya mungkin teman-teman ada yang berminat,yaitu soldering station hakko type, 936, Fx 951. kalau berminat hubungi saya di 021 41298876, erik

  36. Making sure that supplement provides herbal ingredients extends those
    benefits. The reason for this is not only because it tastes good, but also because this spice provides
    many health benefits. The positive effects of this natural wonder range from pain relief to settling the stomach and doctors
    have only just begun to delve into its potential to fight serious disease.

  37. Thank you, I have just been looking for information about this subject for a
    long time and yours is the best I have discovered till now.

    But, what in regards to the conclusion? Are you positive in regards
    to the supply?

  38. I visited multiple sites however the audio feature for audio songs present at this website is truly wonderful.

  39. Hi my loved one! I want to say that this article is amazing,
    great written and include almost all important infos.
    I’d like to see extra posts like this .

  40. Untuk PCB skala Mass Production dapat menghubungi Global… Kami maker dari Hongkong dengan spesialisasi Rigid PCB (1- 14 layers)

  41. Bagi yang membutuhkan jasa assembly komponen chip pada PCB dengan mesin SMT bisa di PT. Hariff Bandung.

  42. hati hati bikin di multi karya
    harus teliti.
    kalo ada kesalahan, mereka gak mau tanggung jawab. setelah saya complain, saya cmn diabaikan begitu saja.
    cape deh.
    hasil sih mayan, cuman yg saya ada kesalahan drill size. setelah complain, mereka gak bales2 email -___-
    kalo saya deket sama lokasi mereka, udah saya datengin tempatnya.
    terima kasih multi karya buat ngabisin duit saya

    • saya juga pernah kayak gitu mas boi185, masa overlaynya ketutup sama masking hijau, trus complain si mbak mbaknya bilang gk bisa. padahal itu kan kesalahan MK. kapok deh pesen PCB ke MK.

  43. Excellent article. Keep writing such kind of info
    on your blog. Im really impressed by it.
    Hi there, You have done an excellent job. I will certainly digg it and in my opinion suggest to my friends.
    I’m confident they’ll be benefited from this website.

  44. Can I simply just say what a comfort to discover somebody that truly knows what they’re discussing on the net. You certainly understand how to bring an issue to light and make it important. More and more people have to read this and understand this side of your story. I can’t believe you are not more popular given that you surely have the gift.

  45. Very good blog post. I certainly appreciate this website. Thanks! http://www.mentarimedia.com

Trackbacks

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: