Jarak Bukan Lagi Halangan

Sekarang ini memang jarak bukan lagi menjadi penghalang, yah?

Ini tentang radio broadcast yang selalu menemani saya saat melakukan aktifitas keseharian dengan memperdengarkan lagu-lagu indahnya.

Dulu waktu SMP, sembari belajar mencoba menemukan solusi sendiri dari soal2 matematika di teksbook, lantunan lagu dari radio AM yang agak gemrisik dan radio FM yang jernih membuat belajar jadi menyenangkan. Lagu tersebut disiarkan dari stasiun radio lokal. Yah benar-benar lokal, hanya siaran dari stasiun Tegal dan Slawi yang dapat diterima. Siaran ini benar-benar dibatasi oleh jarak (mungkin karena regulasi dan juga teknis), terutama FM. Kadang dengan switch ke band SW (radio HF), siaran dari Cirebon dapat didengar.

Nah, sekarang ini aktivitas banyak dilakukan di lab dan di depan komputer. Lantunan lagu diperdengarkan dari player mp3. Dan kadang bosan juga, ingin mendengarkan radio. Pakai apa? lab berada di dalam gedung, sinyal radio banyak yang lemah. Tidak asyik juga kalau harus membawa radio. Pakai HP dengan radio FM?

Dulu di ITB ada radiokampus dengan internet radionya, nggak tahu sekarang. Akhirnya dicoba cari dari luar, yaitu http://www.shoutcast.com/Internet-Radio/Indonesia. Arahkan browser Firefox ke link shoutcast tersebut, daftar radio internet yang broadcast tampil. Ada stasiun dari Batam, Ponorogo, dll. Klik salah satu stasiun, dan siaran ‘radio’ (karena bukan lagi nirkabel langsung) pun dapat dinikmati. Ayo, Son gagian tarik, aja kesuwen, hehehe. Jarak bukan lagi menjadi masalah, tapi bandwidth :).

About these ads

4 Komentar to “Jarak Bukan Lagi Halangan”

  1. JAman sekarang sudah tidak ada lagi yang namanya batas antara ruang dan waktu.
    :) Salam,

    Mochammad

    http://mochammad4s.wordpress.com/

  2. HaDeehH,,,”!
    btul bngt ,,,

  3. hidup di zaman sekarang emang mantab :mrgreen: mau via streaming internet atau via TV kabel indovision (ada chanel khusus radio loh), radio favorit kita bisa kita dengarkan :mrgreen:

  4. jarak bukan halangan tapi bandwidth (baca duwit) yang jadi halangan.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: