Grub: Error 17

Temen punya laptop gak bisa jalan waktu booting ‘Grub: error 17’. Asal mulanya, saat maen di Linux ubuntu, laptop ngehang, trus dimatiin aja. Jadi deh, keluar error ntu.

Cari di google Grub error 17 : Cannot mount selected partition. Ada juga thread error ini di ubuntu panjang banget…, gak usah lah baca itu.

Jelas masalahnya adalah bootloader (grub) tidak dapat menemukan partisi Linux yang dijadikan root. Saya minta temen saya booting dari live-CD (saya prefer dengan distro puppy linux).

Puppy mendeteksi harddisk ada di /dev/hda. Perintah fdisk /dev/hda keluar list partisi, ada windows (NTFS), swap dan Linux di partisi 8 (type 0x83, unknown filesystem type, wow mungkin ini masalahnya). Benar saja, program mount tidak bisa untuk mount partisi ini baik pakai filesystem ext2/3 atau reiser, nihil. Dugaan, partisi rusak saat komputer dipaksa mati.

Salah satu solusi adalah menjalankan fsck /dev/hda8 dari puppy (mungkin dari distro lain, fsck.ext2 atau fsck.ext3 atau fsck.reiserfs), dan fsck dapat mendeteksi partisi tersebut mempunyai ext3 filesystem. Setelah beberapa menit nunggu fsck selesai, fsck melaporkan memang ada inode yang corrupt. OK, udah selesai coba booting tanpa nginstall grub lagi, dan DENK… boot sukses. Gak jadi tuh partisi di berangus… pake mkfs.. hehehe

5 Komentar to “Grub: Error 17”

  1. siipp. Beberapa kali laptopku ngehang pas shutdown suse. Dipejet-pejet powernya juga cuek aja tuh si susi. Jadi kadang kucabut aja batrenya. Lain kali kalu gagal boot kuobatin aja ke didik yah.

  2. Emang puppy membantu sekali. kemaren pas saya mau nyobain micro xp dan pas dalam masa installing error. Otomatis dalam masa “vacume of power” alias engga ada os yg aktif. Puppy to der rescue! Data saya saya backup semua ke fdisk via puppy. Baru dech setelah di format keseluruhan bisa install dengan lancar!. Rupanya ada “remeh2” sisa partisi lain. Oiya mas kok grub puppy engga mau ngeload puppy ya mas setelah saya install puppy dengan partisi ext3 (bukan install di partisi windows).

  3. wah. saya udah coba ngulang instalasinya mas. tapi ya gitu belom bisa juga. ada grubnya tapi puppy engga bisa nge-load. xp sih bisa… request dech lagi mas, hehe :p bikin artikel tentang dual boot xp atau win98 dengan puppy….. :p :p

  4. thanks artikelnya, sangat membantu di pagi hari ini. Server Linux saya restart manual dengan paksa dan akhirnya keluar grub error 17. saya fsck sekarang sudah normal lagi.

Tinggalkan Balasan

