Bagaimana nih dukungan manufaktur PCB Indonesia?

Gimana nih dukungan manufaktur pcb, khususnya di Bandung?

Ceritanya, aku mau bikin board. Skematik sudah dibuat, layout juga sudah dibuat. Hanya saja saya menggunakan software OSS Kicad di Linux. Kicad hanya menghasilkan keluaran layout dalam format gerber dan pdf. Tidak ada satu pun manufaktur di Bandung (SELC, multikarya) yang sementara ini bisa untuk memprosesnya. Salah satu alasannya adalah filenya gak bisa ke buka😦, kalau gerber dari Orcad bisa (tapi mana mungkin aku mampu beli ORCAD?, bajakan? EMOH).

Sebenarnya kalau masalah file gerber gak bisa dibuka di Windows (SELC dan Multikarya pakai Windows untuk buka file layout, entah pake gerber viewer apa, mungkin bawaan dari ORCAD), bisa jadi karena EXTENSION file yang kukirim tidak cocok di viewer (kebetulan bukan aku yang ngirim filenya, titip temen ajah, jadi gak bisa NGOTOT), mungkin saja mereka buka file di explorer trus double-click, waduh… harus diasosiasikan dong filenya (ekstensi) ke gerber viewer. HAHAHA, kalau masalahnya cuman ini bisa tuh ekstensi di ganti atau mengasosiasikan file *.gbr ke gerber viewer di Windows. Mau dibawa lagi filenya ke mereka sore ini, moga bisa🙂

Wah, kalau bisa, asyik nih…. mungkin nanti bertebaran tuh ide-ide desain di kepala…🙂

Kenapa sih saya harus susah-susah pakai Kicad? Satu pertimbangan yang KRUSIAL adalah penggunaan software yang HALAL dan MURAH, dan bukan bajakan. (Sekalian saja aku mengajak, ayo semua pakai software yang HALAL). Beli ORCAD atau Protel? mana tahannnn….

10 Responses to “Bagaimana nih dukungan manufaktur PCB Indonesia?”

  1. wah,saya juga memakai Kicad, saya ini juga masih ber-pusing ria dengan SELC, bandung
    ini karena NC drill format nya pihak SELC minta 4:2…sedangkan kicad hanya ada format 2:4…
    untuk file gerber SELC udah bisa buka..drill filenya itu yang masih bermasalah

  2. sudah bisa, SELEC sudah nerima menggunakan gerber file KICAD linux…maknyus

  3. siip… matur nuwun infonya…😀

  4. Email SELC apa ya? Terimakasih.

  5. email selec selc-pcb@bdg.centrin.net.id

    Mas, nitip blog saya…biar ramai

    http://www.nastelroy.wordpress.com

    maturnuwun mas

  6. Eagle juga ada yang gratis kok.

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

