Manufaktur PCB

Susah juga nyari pembuat PCB di Bandung yang mau nerima output file gerber, yang notabene menjadi salah satu standar untuk manufaktur PCB. File gerber saya buat menggunakan kiCAD, salah satu software EDA gratis yang menurut saya paling oke. Jadi, perancangan skematik dan pembuatan layout dilakukan semuanya  dengan KiCAD dalam Puppy LinuxOS. Mudah-mudahan Alloh ridho.

Di sini (bandung: Selc, multikarya), manufaktur pcb dapat membuatnya dengan 2 cara:

1. hasil layout (file pcb) dari Orcad, Protel yang kemudian dibuat film-nya oleh mereka;

2. menggunakan film (cara sederhana untuk bikin PCB dengan presisi yang kurang) sendiri;

Pilihan pertama mengharuskan kita menggunakan software EDA orcad atau protel untuk merancang skematik dan membuat layout serta harus menyerahkan file hasil layoutnya. Kalau kita beriman, kita akan memegang teguh prinsip HALAL dan kita harus beli lisensi software tersebut, WOW. (Kalau bajakan, saya gak ikut campur). Nggak masalah jika kita merencanakan produksi, mungkin harga software dapat diabaikan. Tapi satu lagi pertanyaan, apakah kualitas dan harga untuk kuantitas produksi yang ditawarkan oleh pembuat pcb mampu menarik kita untuk menggunakan jasa mereka? pertaruhan yang sangat besar. Dan lagi, kapasitas pembuat pcb mungkin tidak dapat  memenuhi spesifikasi kita, misalnya lebar track 8 mil, diameter hole via  0.5mm, empat layer (hahaha…).

Pilihan kedua, menggunakan cara konvensional. Layout pcb diprint di atas kertas. Yang perlu diperhatikan adalah TIDAK ADA SCALING (berabe kalau waktu ngeprint pake autoscale), kualitas printer (tinta) dan kertas, pastikan hasil print tidak meleber (jawa: mleber). Hasil print dikirim ke repro untuk dibuatkan filmnya. Biasanya kalau pcb double layer, untuk tiap desain saya biasanya buat 6 film: 1) solder-layer (bottom), 2) component-layer (top), 3) solder-mask, 4) component mask, 5) solder-silkscreen (bottom overlay) dan 6) component-silkscreen (top overlay). Setelah maksimal 2 jam membuat film di repro, hasil filmnya kemudian dikirim ke pembuat pcb. Pembuat  pcb biasanya akan mengecek dulu filmnya, apakah ada track yang break, atau garis yang tidak solid, dll. Baru deh, setelah 4 hari, pcb kita mungkin telah jadi.

Untuk desain dengan KiCAD ini, saya TERPAKSA pakai cara yang kedua, karena memang volumenya kecil (untuk prototyping saja) dan lebar tracknya tidak terlalu ekstrem.

Sebenarnya ada cara ketiga: MINTA PEMBUAT PCB menginstall KICAD di sistem Windows mereka. Yang ini pernah kucoba telpon Multikarya (mas Yusuf), “Mas install aja KiCAD, free licence kok. saya punya filenya. Lagian kayaknya bakal banyak tuh yang pakai KiCAD”. Mereka menanggapi OK dan siap menginstallnya. Hehehe…. hari ini mau ke Multikarya buat nyerahin film (udah terlanjur bikin), sekaligus software KiCADnya. Moga-moga bisa.

Selama bisa menggunakan alat yang HALAL, mengapa tidak?

Tag:

12 Responses to “Manufaktur PCB”

  1. Mas bisa di show hasil karya dengan kiCADnya.. selama ini saya nyoba2 bikin proto pakai eagle ( free untuk size kecil ).

    Dan juga, Multikarya / selc bisa dikontak by mail nggak? biar gak repot kalo bisa khan sekalian order proto nya bisa email dan delivery pakai TiKi.

    Thanks sebelumnya dan juga info buat Kicad nya..

    salam,
    Budi

  2. Coba cek di https://edwidianto.files.wordpress.com/2008/10/img_0521.jpg?w=128&h=96 . Board yang merah itu bikinnya pakai KiCAD. Output gerbernya bagus kok. Ada bug untuk output ke pdf, hehehe, mungkin pdf writernya yang ngaco. Multikarya masih belum bisa pakai gerber Kicad, tapi pdf bisa, hasilnya lumayan, order harus langsung datang ke jl. jakarta. Selc order bisa lewat email, terakhir ngirim gerber dia sudah bisa mbaca, tapi saya nggak jadi order.

  3. alamat emailnya selc dan multikarya bisa di email ke saya mas… jedx78 at gmail dot com. Thanks sebelumnya..

  4. selc-pcb$at$bdg$dot$centrin$dot$net$dot$id.
    Yang multikarya nggak ada emailnya.

  5. Sebenarnya ada cara keempat yang saya pakai. Setiap pembuat pcb dibandung punya software corel draw (saya ga tau bajakan atau asli). So saya biasanya mengubah file pcb kicad dalam bentuk postscrip (PS). Dari Corel draw tinggal import aja. Beres dah

    Hasil ukurannya pas

  6. pak Eko Didik Widianto kalau butuh palladium Chloride mohon kontak saya ke nomor 081394291113, dan juga untuk single layer skala home industri kita juga bisa buat masalah harga cukup bersaing

    Agussalim 081394291113

  7. I have read so many articles regarding the blogger lovers but
    this piece of writing is truly a pleasant paragraph, keep it
    up.
    Angie

  8. mantap akhi, sekedar mengingatkan kalo dengar MP3 jangan yg bajakan ya, beli CD aslinya baru konvert ke MP3, dan juga jangan nonton youtube karena kebanyakan ilegal copy semua, meskipun ada sebagian yg tidak. buku juga jgn difotokopi.

  9. pak eko, mohon infonya, untuk pcb film bekasnya kira2 ada tidak ,
    jika da tlg bisa d info ke 081380281992

  10. Selamat malam…
    untuk pcb skala Mass production dapat menghubungi global circuits board… http://www.gcb.com.hk

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: