Kamu ke sana aja, tahuuu…

“Kamu ke sana aja, tahuuu..”. Seruan tersebut beberapa minggu terakhir, sering kami dengarkan keluar dari mulut Azizah (4th) ketika ia berusaha mengingatkan teman-teman sebayanya (yang lebih muda 2-10 bulan) saat bermain. Entah meniru dari siapa seruan tersebut. Semula saya tidak menghiraukan saat ia mengucapkannya, dengan penambahan suffiks (akhiran) “tahuuu”, dengan nada yang ditekankan. Bahkan, kadang dengan canda keakraban, saya menirukan penambahan akhiran “tahuuu” saat memberi tahu sesuatu hal ke Azizah. Saat Azizah merajuk ingin digendong di punggung, saya bilang,” ntar dulu azizah, bapak lagi membetulkan mobil, tahuuuu..”.

Sampai suatu saat istri mengingatkan, bahwa nada tersebut adalah kasar. O iya yah, saya baru sadar. Pengucapan “tahuu” di akhir kalimat dengan penekannya adalah bentuk pemaksaan kehendak secara kasar, arogan, sombong melalui perkataan. Bagaimana tinjauan psikologisnya, saya tidak banyak mengerti. Yang saya tahu, untuk membetulkan suatu keadaan atau mengingatkan seseorang, tegurlah dengan perkataan yang sopan.

Itulah budi pekerti yang kami coba contohkan dan ajarkan ke Azizah. Kadang ia terlepas perkataan tersebut (mungkin karena sudah terbiasa), “Azizah haus, tahuuu…”, segera saya atau istri mengingatkan, “Azizah bilangnya, Azizah haus, ibu. atau Azizah haus, bapak. minta tolong ambilkan minum.”. Tapi, biasanya, kalau ia minta tolong untuk melakukan sesuatu yang menurut kami ia bisa lakukan, misalnya mengambil minum, mengambil kertas untuk menulis, langsung kami bilang, “Azizah ambil sendiri yah…”. Dan alhamdulillah, ia sudah bisa mandiri, makan sendiri, buang air kecil dan cebok sendiri, membereskan mainannya, menyapu (hehehe.. ), mengecat (hehehe…).

Bagaimanapun, anak seusia dia akan melakukan duplikasi dari apa yang disampaikan oleh lingkungannya. Ajarkan dan biasakan pekerti yang berbudi kepada anak. Mulailah dengan diri kita masing-masing melalui contoh yang baik, sekecil apapun itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: