HD44780 USB LCD dan LCDProc

USB LCD board Senang sekali, akhirnya satu board yang didesain dengan Kicad dan dibuat pcbnya di bandung telah dapat dirakit dan berhasil dicoba. Board tersebut mempunyai dimensi yang cukup kecil 48 x 96 mm2 dan double-layer through-hole, dengan komponen IC mempunyai footprint PQFP 100 pin, resistor SMD 1206, kapasitor SMD 0805.

Board yang dirancang sebenarnya adalah untuk proyek smart terminal. Board ini mempunyai interface LCD, keypad dan SPI. Produk sampingan yang bisa dibuat dari board smart terminal ini salah satunya adalah HD44780 USB LCD, yaitu sebuah modul display LCD berbasis Hitachi HD44780 yang sepenuhnya dapat diakses lewat USB tanpa tambahan firmwire. LCD yang bisa digunakan di antaranya LCD alphanumerik 20×4 dan 16×2 karakter. Untuk LCD grafik belum terpikirkan..😀

Software yang dipilih untuk mencoba USB LCD ini adalah LCDProc yang berjalan di Linux (PuppyOS, hehehe). Dengan menambahkan drivers untuk board ini, mulailah dijalankan program server LCDd yang akan membuka socket untuk program client (lcdproc) untuk menuliskan data ke LCD. Program LCDd dan client lcdproc dapat dijalankan dengan sempurna. Backlight LCD juga dapat diatur lewat software, dengan menambahkan parameter backlight=yes. Hehehe, selesai sudah.

5 Responses to “HD44780 USB LCD dan LCDProc”

  1. sy juga pernah ngebuat pakai lcdhd44780 ukuran 20×4.
    emang asik modding ginian ya bung!

    Modding terus, pantang mundur!

  2. mas, cara bikin footprint kicad gmn yah..?

    • 1. buka PCB editor
      2. klik Preference|Libs and Dir, lalu add library yang ingin dipakai untuk menambah footprint (file dengan extensi *.mod)
      3. di toolbar, klik icon ‘Open Module Editor’, akan muncul window ‘Module Editor’
      4. di ‘Module Editor’, pada toolbar, klik icon ‘Select Working Library’, lalu pilih library yang akan dipakai

      Selanjut nya anda bisa mengedit, menghapus, atau menambah footprint komponen dengan ngeklik icon2 yang ada di toolbar (tinggal dicoba2 aja, ga susah koq).

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: