Nikmatnya Nasgitel

Salah satu favorit minumanku adalah teh tubruk, yaitu teh seduh yang disajikan tanpa disaring dengan atau tanpa gula. Setiap pagi dan malam hari untuk menemani ngoprek, selalu saya sempatkan untuk membuat teh ini. Selagi masih panas dengan aroma yang wangi melati, akan sangat nikmat jika di-sruput (red. minum dengan berlahan).

Memang, teh merupakan salah satu kebanggaan daerah Tegal (kabupaten). Terdapat banyak pabrik teh kemasan di sana, lihat saja teh ‘Dua Tang’, ‘Poci bungkus biru’, ‘Gopek’, ‘Tong Tji’, ‘cap Botol’, dan lain-lain. Jika Anda juga penggemar teh tersebut, sempatkan lihat bungkusnya. Mungkin akan terlihat tulisan pabrik teh ‘Slawi – Tegal’ atau ‘Adiwerna – Tegal’. Atau jika sempat jalan lewat jalan utama Tegal-Purwokerto, akan tercium aroma khas teh dicampur melati, mmmm.

Di warung-warung sekitar tegal, Anda dapat menjumpai ciri khas sajian menu teh poci, yaitu teh seduh panas yang disajikan dalam poci kecil dari bata merah. Untuk menikmatinya disediakan cangkir-cangkir kecil (juga dari bata) yang dilengkapi dengan gula batu. Istilah yang sering dipakai adalah teh Nasgitel (panas, legi / manis, kentel/ kental) atau Wasgitel (wangi, panas, legi, kentel).

Kalau Anda ingin menikmatinya di rumah, teh-teh tersebut sudah beredar luas. Di supermarket atau minimarket atau bahkan toko/warung di wilayah Bandung ini, teh tersebut dapat dijumpai. Cobalah mencicipi, dan Anda akan merasakan kenikmatannya.

ooo.. nasgitel.

8 Responses to “Nikmatnya Nasgitel”

  1. Aku minum nasgitel kalau lagi kembung/masuk angin, langsung deh.. anginnya pada keluar 🙂

  2. Saya minum teh nasgitel dua tang atau gopek setiap pagi dan malam, ternyata dari Tegal to mas .. hehe ..

    Teh nasgitel memang uenak tenan ..

  3. aku medange teh TEGAL emank enak tur sedep apa maning di kancani karo bojo,wis tambah moncer kotane….

  4. salam kenal…
    wahhh ngomongin masalah NYIPOK yah, moci karo ndopok, kwe memang tegal banget wis dadi gaya hidupe wong tegal. kang gabung ning kene kyehh… http://waroengtegal.org/

  5. Assalammu’alaikum wr wb.
    Salam kenal buat semuanya.
    Wah asyik kyeh yen ngomong masalah poci apa maning yen pacetanne mendoan plus karo ndopok wualah……
    nikmat buanget rasane.
    yang ada cuma di Tegal doang tuh.tp sayang budaya lokal milik Tegal yang satu ini lom bs go internasional…..
    knapa yach?

  6. Assalammu’alaikum wr wb.
    Salam kenal buat semuanya.
    Wah asyik kyeh yen ngomong masalah poci apa maning yen pacetanne mendoan plus karo ndopok wualah……
    nikmat buanget rasane.
    yang ada cuma di Tegal doang tuh.tp sayang budaya lokal milik Tegal yang satu ini lom bs go internasional…..
    knapa yach?

  7. Aja kakehan nginung nas gi tel , apa teh poci gula batu, bisa marakne batu karang, toli jare nyong wong Tegal apa pa sih enake nginung teh kentel ? rasane pait maning………

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: