SMT Soldering Tool

Lihat juga: Assembly SMD menggunakan Oven Toaster.

Tahap assembly, terutama soldering, saat kita membuat satu prototipe elektronik bisa menjadi momok. Jumlah ragam komponen dan titik atau pad yang harus disolder membuat kita harus berkonsentrasi dalam waktu yang lama. Apalagi kalau tipe komponen dengan besar pad dan jarak antar pad yang sangat rapat, misalnya PQFP100. Cacat assembly (defect) bisa saja terjadi, yang membuat fungsi dan performa prototipe yang dibuat bermasalah.

Ada 2 defect yang biasa terjadi (terutama jika kualitas pcb tidak baik), yaitu 1) kaki komponen tidak menempel di pad, dan 2) hubungan singkat antar pad yang berdekatan. Kaki komponen yang tidak menempel di pad dapat diatasi dengan menggunakan pasta sebelum menyolder. Pasta akan meratakan panas timah dan membuat pad dan kaki komponen mudah disolder. Namun, pastikan bahwa setelah itu solder paste dibersihkan. Sedangkan hubung singkat antar pad bisa terjadi karena beberapa hal, diantaranya timah solder terlalu banyak, ada serpihan timah di PCB, dan lelehan solder pasta di antara pad belum bersih.

Saat di pameran Ritech Expo 2008 di Mega Glodok Kemayoran, saya kebetulan mendapatkan satu katalog tentang PCB solution yang dikeluarkan oleh Chip Hua edisi 2006. Rupanya ada distributor peralatan dan tool untuk pembuatan stensil, pcb dan perangkat perakitan komponen di Indonesia. Saya sendiri belum dapat kontaknya sih. Banyak sekali jenis perangkatnya, yang tentunya perlu disesuaikan dengan kebutuhan kita. Saya mau.

Iklan
Tag: , ,

One Comment to “SMT Soldering Tool”

  1. Boleh di copy tuh Katalognya…siapa tau ada rezeki, bisa investasi beli tools tsb…hehehe…insyaAllah 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: