Cascading SPI Devices

Katakanlah kita punya beberapa device atau modul dengan interface SPI, misalnya modul X100P (hehehe, Digium FXO module untuk VoIP gateway). Tiap modul telah dapat berfungsi dengan baik dan dapat diinterfacekan ke prosesor (atau mikrokontroler). Bagaimana untuk menggandengkan beberapa modul dengan menggunakan single controller?

Untuk mengakses sebuah modul SPI, setidaknya dibutuhkan 10 jalur + 2 jalur untuk VDD dan GND, yang dapat dibagi menjadi 3 tipe sinyal ,yaitu 1) 4 jalur sinyal SPI data asinkron (nCS, SDI, SDO, SCLK), 2) 4 jalur sinyal Serial/stream data sinkron (DTX, DRX, nFSYNC (yang ini biasanya 8kHz untuk audio), PCLK (N x frekuensi nFSYNC), dan 3) 2 sinyal kontrol (nINT, nRESET).

Cascading beberapa modul/chip SPI bisa dilakukan dengan menggunakan sharing jalur sinyal, selain nCS. Jadi untuk menambah menjadi 4 modul, yang diperlukan hanya menambah 3 jalur yang akan digunakan sebagai sinyal enable untuk 3 modul lainnya. Sinyal dapat diperoleh dari pin GIO (General Input Output) biasa di mikroprosesor/controller. Jadilah cascade 4 modul dengan akses secara bergantian yang diatur secara software dengan mengaktifkan sinyal enable masing-masing modul (hanya 1 modul yang aktif dalam satu waktu).

One Trackback to “Cascading SPI Devices”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: