Beberes Mobile Honda Civic ’77

Dua minggu yang lalu, saya minta montir panggilan untuk datang ke rumah dan beberes mobil honda civicku yang mogok. Sudah lebih dari dua bulan, mobil tersebut terparkir di teras rumah.

Datanglah sang montir (saya sudah kenal baik dia, tapi tidak begitu yakin juga sih dengan kemampuannya). Saya minta untuk lihat-lihat dulu kondisi mesinnya. Saya tunjukkan kekurangan besarnya, seperti oli yang ngerembes di blok silinder, mesin yang panas, dan radiator yang bocor. Dia nawarin untuk turun mesin total, moh ah… terlalu riskan, pikirku. Benerin aja yang rusak. OK, mulailah ia bongkar blok mesin atas dan menyervis radiator ke tukang radiator (saya pasrahin aja sih). Sudah habis 1.5jt (1jt-nya untuk onderdil), mesin distater nggak lansam, beh… alasannya nggak bisa nyetel karburator. beberapa bagian masih bocor: oli ngerembes, radiator masih bocor, air masih netes di pipa sambungan. Yah…. Dia bilang ada garansi 2 bulan, tapi bagaimana mau garansi, lha wong kerjaan aja belum beres, dia udah ninggalin setelah saya bayar. mangkel juga, baru tahu saya.

Senin kemarin, mobil kubawa ke bengkel langganan. Saya minta turun mesin setengah. Di cek sama montir, silindernya basah, tandanya klepnya nggak bener. Trus sama montirnya (mas Ajat) disekir lagi klepnya. Saya harus beli lagi paking silinder, karena robek, mungkin saat pemasangan atau saat ngangkat mesin. Listrik-listrik yang konslet saya minta juga untuk dicek, hehehe, maklum mobil tua, banyak kabel bersliweran. Hari ini mudah-mudahan mobil sudah selesai di service, oli nggak ngerembes dan air di sambungan blok tidak menetes.

Satu point yang perlu saya ingat: selalu mempercayakan mobil atau motor ke ahlinya, dan cari montir langganan serta jangan coba-coba.

21 Responses to “Beberes Mobile Honda Civic ’77”

  1. iyah, mas. Maklum pengen bisa jalan-jalan, nyambaning temen dan saudara. Lagian bawaan banyak mas.

  2. Diganti dokar ae dik🙂
    Ra perlu turun mesin segala…..

  3. oli bocor .. coba cek tunning belt-nya … barangkali harus diganti. Mahal euy, Civic wonder 86 saya aja habis hampir 500rb.

  4. tuning belt? hehehe nggak ngerti. paking silindernya perlu diganti, dan seal silinder kop juga diganti. lumayan harganya, paking 65rb, seal 35rb di cimahi. nggak tau di irian – banceuy, mungkin lebih murah.

  5. Betul Mas Didik,

    Harus mempercayakan ke ahlinya ya Mas, bukan ke perseorangan tetapi ke bengkel-bengkel terpercaya.
    Semoga lekas beres Mas dan siap mudik Bandung-Tegal-Magelang Mas.

    Salam, bandung.

  6. iyah, mas. emang enak sih kalau pulang pake mobil sendiri lewat pantura, hehehe. kalau ke Tegal hanya ada bis umum non-patas, sebel kalau ada yang ngerokok siang-siang.

    Tapi dikasih tau tetangga yang orang dephub, di pantura perbaikan jalannya belum beres. Moga nanti nggak ada masalah.

  7. Lewat jalur selatan bagaimana Mas? Bandung – Tasik – Ciamis – Majenang – Wangon – Purwokerto – Tegal?
    Tapi saya kurang begitu tahu bagaimana kondisi jalan Purwokerto ke Tegal. Tapi jalur selatan bisa lancar asal berangkat dini hari sebelum jam 4 pagi, supaya terhindar kemacetan di jalur Rancaekek – Nagrek – Malangbong – Limbangan.

  8. Terakhir lewat majenang, jalannya penuh lobang mas…. lewat selatan yang pasti lebih jauh. Ngikutin kebiasaan aja mas, kalau mau ke Tegal lewat sumedang, kalo mo ke Magelang lewat Selatan. Tahun ini mungkin ke tegal dulu ajah… transit, trus besoknya ke Magelang lewat semarang ajah, ngeri lewat weleri.

  9. pengalamanku mas, punyaku civi76. Udah tak modif karburator pakai punya kijang. Sekarang jreng dan super irit, Alus dantidak panas. tenandeh

  10. Bener sekali, mas, irit dan jrengnong. Punya saya juga sudah pakai karburator kijang. Cuman lagi cari filter udara untuk karburatornya, euy. Nggak ada yang cocok, ketinggian mentok sama tutup kap mobil. Pakai apa yah?

  11. cara jitu….saya berniat menjual civic 76 saya,kondisi sich layaknya mobil tua,tapi jalan dan g pernah mogok,

  12. sayang kalau di jual…tapi saya butuh duit

  13. nyari satu set silinder kop dimana ya? harganya berapa kira?

  14. nyari satu set silinder kop untuk civic lx tahun 88 dimana ya? saya udah muter2 nyari ga ada, harganya berapaan ya, share dong yang tahu

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

