Miniaturization Technology

Jadi ingat waktu dulu main game Civilization 3. Teknologi (advanced) Miniaturization merupakan teknologi andalan masa depan (modern). Teknologi ini memerlukan penguasaan teknologi komputer dan memungkinkan untuk pengembangan teknologi lanjutan seperti genetics dan robotics.

Mirip juga hal tersebut dengan arah perkembangan teknologi proses chip dan perkembangan pasar. Teknologi proses mengarah ke nano tech untuk menghasilkan densitas transistor yang lebih padat. Banyak sekali manfaat dari chip dengan ukuran kecil ini dengan kemampuan prosessing yang semakin yahud. Pasar pun, dalam hal ini terutama embedded, menanggapinya dengan antusias. Board-board mini mulai bermunculan, mulai dari yang mempunyai form faktor Mini-ITX, Nano-ITX, pico-ITX, gumstick PC dan terakhir board X86 yang mengklaim terkecil seperti diumumkan di linuxdevices.com.

Satu update dari linuxdevices dengan hadirnya Laptop mini berbasis MIPS yang bisa menjalankan Linux seharga $100. Menarik sekali, prosesor dan graphic sudah bisa mendukung X Windows, pheriperal lengkap LCD, keyboard, USB, audio in/out, ethernet, 802.11 Wifi. Hmmm, lengkap pisan. Jadi mikir, mau bikin aplikasi apa yah..

Produk-produk ini masih mentah, artinya hanya berupa board hardware dan aplikasi dasar saja. Jadi, masih terbuka lebar peluang untuk menambah aplikasi (Linux) di board tersebut untuk menghasilkan solusi produk yang komplet dan bernilai tambah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: