Power Management di Linux

Saya saat ini sedang coba mendesain sistem Linux dengan trade-off performansi versus power requirement, yaitu bagaimana sistem bisa menjalankan aplikasi dan servicenya dengan kebutuhan daya serendah mungkin. Linux sendiri mempunyai modul power management untuk mengatur daya yang akan digunakan oleh proses dan peripheral dalam suatu sistem. Hal yang dilakukan adalah dengan mencoba mengkonfigurasi kernel. Board yang akan digunakan sebagai platform sistem Linux tersebut adalah berbasis prosesor ARM.

Terdapat 2 power management yang bisa digunakan, yaitu 1) APM (Advanced Power Management) dan terbaru 2) ACPI (Advanced Configuration and Power Interface). ACPI sekarang lebih banyak digunakan, karena memungkinkan OS mengontrol langsung power management policy, dibandingkan APM yang membutuhkan APM BIOS untuk mengontrol CPU.

Dengan googling ketemu guide power management menggunakan ACPI di Gentoo. Lengkap juga referensinya.

Saat mencoba konfigurasi kernel, ketemu masalah, ACPInya kok tidak ada?. Konfigurator di kernel 2.6.21 mensyaratkan arsitektur yang bisa ACPI adalah prosesor CISC: IA64 dan X86, sedangkan arsitektur RISC seperti ARM, MIPS tidak didukung ACPI. Hehehe, apakah hal ini karena prosesor RISC sudah low power consumption, jadi tidak diperlukan ACPI lagi. Ini dia referensinya.

Selidik punya selidik akhirnya ketemu. Kernel akan menggunakan CONFIG_SYS_SUPPORTS_APM_EMULATION (bios-less APM driver for ARM Linux) jika ARCH yang dipilih ARM. Jadi power management yang digunakan mungkin APM dan membutuhkan user daemon untuk mengontrolnya, yaitu apmd. Tapi bagaimana cara menggunakannya, belum ngerti. Mungkin frekuensi scaling, idle suspend atau yang lainnya.

Coba cari-cari lagi ketemu DPM (Dynamic Power Management) , yaitu power management untuk embedded system. Papernya ada di sini. Nanti lagi aja ah, diexplore.

Bacaan:
Dynamic power management techniques for multimedia processors

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: