Akhirnya Turun Mesin Juga

Kondisi mobil setelah beberes sebelumnya masih terdapat beberapa kekurangan. Ini cukup meragukanku menggunakannya untuk mudik lebaran nanti. Yang pertama: mesin berbunyi knok-knok saat digas, padahal nokken as sudah di’bos’ di Sampurna-Bandung. Kedua, ada asap knalpot, mungkin ring sekher udah aus, sehingga oli mesin tercampur dengan bensin. Bisa habis tu olinya lama kelamaan.

Masalah yang pertama itu sih yang penting, takut kalau metal duduknya kena, bisa berabe. Mahal soalnya. Masalah ini bisa jadi karena ring sekher yang sudah aus sehingga toraknya goyang dan akan berbunyi jika mesin nyala. Yang kedua sih mungkin bisa dihandle, dengan terus ngecek kondisi oli, kalau kurang tinggal ditambah.

Pikir-pikir mungkin sudah saatnya turun mesin untuk ngecek semuanya, termasuk untuk dua masalah tersebut. Hitung-hitung biayanya sih mungkin cukup besar. Ongkos turun mesin 500rb-an (tapi karena di bengkel langganan bisa lebih murah), ring sekher honda civic’77 200rb-an, paking silinder dll 100rb-an, ganti oli 90-120rb an. Mudah-mudahan metal duduknya nggak ada masalah, jadi nggak perlu diservice apalagi ganti (walaupun ada barang ext singapura dengan harga miring yang bisa diperoleh).

Mmmmm… asalkan beres dan hasilnya memadai sih, rasanya perlu dilakukan.

11 Responses to “Akhirnya Turun Mesin Juga”

  1. hmmm kayaknya biaya total perbaikannya sudah separoh lebih harga mobilnya yah???

  2. Iyah, mas. Harga mobil Honda Civic th’80 aja udah 4jt-an dengan kondisi apa adanya hehehe. Kalau mo dibenerin nambah 3jutaan termasuk bodi dll. Mungkin setelah mulus, bisa laku 8jt-an.

  3. mending cari mobil baru aja, mas, kalau memang butuh prestise dan kenyamanan. Saya beli mobil ntu teh, memang karena duit cekak🙂, juga pengen bisa dioprek-oprek. sayang kan kalau mobil mulus didodolin. seneng aja, mesin 1500cc, bodi lumayan, kaki-kaki juga lumayan. Resikonya perlu ngecek lagi, utamanya mesin. biayanya bisa nyamain harga mobilnya😀

  4. mas eko, salam kenal sebelumnya.
    saya kebetulan baru ambil civic 77 (dulu ortu pernah punya,jadi pengen koleksi..) dan harus turun mesin total.
    Harga metal duduk,metal jalan dan metal bulan civic 77 berapa ya?

    mohon pencerahan…No HP saya di 0818652399
    Trims
    ido

  5. salam kenal juga mas…kalo di bandingin antara civic th 77 sma corolla th 73 enakan mana ya mas…rencana aq mau ikut club mbil tua di bali…..yaaa ada rencana beli gitu…ada tmen yg nawarin…tlong pndapatnya ya mas…mtur nuwon

  6. mas eko aku mau jual honda civic thn 75 kondisi apa adanya pjak mati 1 thun kira laku brapa ya

  7. Klo mobil honda civic exelent, biaya turun mesin perkiraan berapa yh gan…

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: