PCB 2-layer atau 4-layer?

Sedang bingung nih. Desain skematik mengcascade 4-modul sekaligus dalam 1 desain. Persoalan timbul saat layouting. Konstrain board adalah ukuran harus 2650mil x 1800mil atau 6,73 cm x 4.57 cm. Dengan melihat jumlah komponen yang cukup banyak sekitar 200 komponen termasuk 8 buah IC 20 pin, layout akan menjadi sangat kompleks. Salah satu solusinya mungkin adalah dengan menambah jumlah layer menjadi 4-layer. Tapi bagaimana komparasi harganya?

Jadi, di sini ada trade-off antara kompleksitas dan harga layout untuk 2-layer dan 4-layer. Pembuat PCB di luar (misalnya China) memang memungkinkan untuk membuat pcb dengan 4-layer, tapi untuk kuantiti kecil di bawah 10 ini harganya bisa 5 kali lipat dari yang 2-layer. Contohnya board berukuran 2.65 x 1.8 inches.sq, harga untuk 2 layers: $61 (kuantiti 5), $95 (kuantiti 25) dan $181 (100pc), sedangkan 4 layers: $325 (5 pcs), $408 (25 pcs) dan $613 (100 pcs). Selain itu, biaya akan habis di ongkos kirim dan biaya clearance.

Kuantiti kecil lebih cocok membuat di lokal, kasarnya untuk coba-coba dulu, apa fungsional board bisa jalan. Tapi sekali lagi, bagaimana dukungan pembuat pcb di indo, khususnya bandung? mampukah membuat pcb 4-layer dengan harga terjangkau (dalam artian tanpa biaya-biaya lainnya, seperti setup cost dan lain-lain, hehehe)?

5 Komentar to “PCB 2-layer atau 4-layer?”

  1. Setahu saya di bandung gak ada yg pake sut-up cost deh. Bentar lagi mungkin bandung bisa. Kalo gak salah selc dulu dah mulai, tp gak tau sekarang. Gak susah2 amat kok, cuma butuh beberapa mesin tambahan dari mesin PTH 2 layer.

  2. betul, di selc tidak butuh setup cost.

  3. setahu saya di kampus saya,it telkom sudah bisa buat pcb sampai 4layer, memang baru-baru ini

  4. Mas, harga $61 untuk kuantiti 5 tuh maksudnya gimana? 5 biji = $61 atau $61/biji ?

  5. pak ayis, ada no contactnya it telkom yang bisa buat pcb 4 layer????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: