Hati-hati Tipuan dari “Bank Mandiri”

Hal ini dialami oleh seorang anggota milis IA-ITB yang mendapat email yang mengatasnamakan bank mandiri ( “Internet Banking Mandiri” ) dengan subject “Konfirmasi Identitas Anda”. Isi email tersebut meminta kita mengisikan informasi: USER ID, PIN Internet Banking, No. Rekening, Pin Mandiri, Nama Lengkap, No. Telp, dan Alamat email ke http://searex.no/includes/javaboot/mandiri/online/Login.do.htm
Isi lengkap emailnya dalam bahasa Indonesia dan Inggris:

Pengguna Internet Banking Bank Mandiri yang terhormat, silahkan konfirmasi kembali identitas diri anda.
karena akun anda telah di non-aktifkan secara otomatis oleh sistem kami. karena seseorang telah mencoba masuk berulang-ulang meski tidak berhasil.
Namun sistem/Auto-robot kami merespon sebagai salah satu tindak kriminal. Aktifkan kembali akun anda dengan identitas semula.
klik disini <http://searex.no/includes/javaboot/mandiri/online/Login.do.htm&gt; untuk konfirmasi.

Demikian informasi dari kami, semoga ditindak lanjuti dengan bijaksana.

Terima kasih.

Hormat Kami,

Bank Mandiri
…………………………………………………………………………

The user of Internet Banking Mandiri, please re-confirm your identity. Because your account was not actived with our system. some body has try login to your account but not successed. But our Auto-boot responbility as crime cyber. please re-confirm your account with current identity.

click here <http://searex.no/includes/javaboot/mandiri/online/Login.do.htm&gt; to confirm

Hopefully this information help you.

Thank You.

Best Regards,

Bank Mandiri

Ini adalah PENIPUAN. Si PENIPU melakukan kamuflase alamat email, link-link di website dan melampirkan logo SSL VeriSign Secured palsu (wong hanya gambar doang kok) di website non-https tersebut untuk mendapatkan informasi rahasia yang akan digunakan untuk menguras isi tabungan kita. Jahat pisan yah… memang banyak sekali penipu di sini, mulai arisan dan sms premium dengan iming-iming hadiah, internet… mungkin ada yang salah juga dengan kita, lebih senang ‘mimpi’ (dalam artian negatif) dan ‘cepat panik’, sehingga mudah tergiur dan terjebak dengan tipuan.

Jadi, aturan dasarnya: jangan pernah memberitahukan identitas internet banking kita ke orang lain. Gunakan contact center bank (5 angka, lho…) untuk mendapatkan informasi yang sebenarnya. Hati-hati juga dengan “bank-bank” yang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: