Rangkaian Lifeline dan Line Monitoring untuk VoIP Gateway

Layout line interface 8-port

Layout line interface 8-port

Rangkaian lifeline dan line monitor ini merupakan rangkaian interface jalur (line interface) untuk produk VoIP gateway 8-, 16- dan 32-port. Lifeline memberikan fitur bypass saat power supply mati, dan line monitor memberikan status jalur secara realtime. Rangkaian ini dapat digunakan sebagai modul di VoIP gateway dan sebagai produk (line splitter)


Deskripsi sistem

Sistem lifeline memberikan satu fitur penting bagi VoIP gateway, khususnya FXO gateway yang terkoneksi ke jaringan PSTN. Umumnya VoIP gateway akan ikut mati jika power supply mati (tidak ada tegangan input yang mensuplainya), yang berarti layanan yang harus disediakan/dilewatkan melalui gateway juga tidak dapat diakses oleh pengguna. Rangkaian lifeline akan menambah satu line bypass perjalur PSTN, sehingga jika misalnya listrik PLN padam, maka secara otomatis jalur akan dipindahkan ke line bypass tersebut. Satu line bypass bisa dihubungkan ke satu atau lebih telepon analog yang dikhususkan untuk kondisi listrik mati. Istilah umumnya adalah jalur bypass, karena bukan hanya pada saat kondisi listrik padam saja jalur ini aktif, namun dapat juga dikontrol lewat software saat diperlukan.

Line monitoring adalah rangkaian tambahan untuk mendeteksi kondisi jalur apakah off-hook, on-hook atau ada sinyal ring. Indikator ditunjukkan oleh satu buah LED perkanal. Rangkaian ini mengambil sumber daya dari jalur telepon PSTN. Untuk mengantisipasi tip-ring reversal (penyambungan terbalik antara tip dan ring jalur dengan tip dan ring rangkaian) dipasang dioda bridge. Kondisi off-hook ditandai dengan LED menyala, on-hook LED mati, sedangkan ring dengan kedipan LED.


Roadmap dan cakupan pekerjaan

tahapan pengembangan line interface

tahapan pengembangan line interface

Sistem lifeline dan line monitoring yang akan dirancang adalah untuk gateway FXO 8-port, 16-port, dan 32-port. Jenis produk yang dihasilkan adalah modul yang akan dipasang di produk IP-PBX/VoIP gateway dan line splitter. Produk line splitter merupakan produk stand-alone, sehingga membutuhkan casing sendiri.

Proses desain sampai menghasilkan gerber dari layout dilakukan menggunakan opensource EDA (Kicad) dalam lingkung sistem operasi Linux. Salah satu kelebihan dari kicad ini adalah semua file adalah berformat teks. Dengan format teks ini, kita dapat mengedit skematik, layout, library atau footprint dengan lebih mudah menggunakan editor teks biasa. Beda dengan EDA lainnya yang berformat biner, semua proses editing harus dilakukan dari jendela GUI.


Status

  • 24 september 2008, update line interface 8-port dengan menambah front-board gateway interface untuk produk line splitter 8-port
  • 23 september 2008, layout line interface 8-port telah dibuat dan dikirimkan ke SELC untuk dibuatkan PCBnya
  • 12 september 2008, prototipe 1-jalur interface untuk sistem lifeline dan line monitor telah dibangun


Bacaan

3 Responses to “Rangkaian Lifeline dan Line Monitoring untuk VoIP Gateway”

  1. sedokit2 saya mulai paham
    terima kasih share di atas pak

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: