Assembly XC400M Telah Berhasil

bare pcb module and board modul terpasang

Akhirnya modul FXO 4-port (XC400M) dalam proyek VoIP gateway telah selesai diassembly. Modul ini kompatibel dengan X400M kepunyaan Digium, sehingga dapat dicolokkan langsung ke TDM800P. Dengan perancangan, layout dan assembly dilakukan sendiri dari scratch, produk ini bisa jadi menawarkan harga yang lebih rendah dengan jaminan kualitas suara yang setara dengan X400M.

Assembly satu buah modul dengan soldering, setidaknya memerlukan waktu hampir 2 jam, hehehe… maklum masih manual. Satu hal yang harus dilakukan adalah mencuci dan menggosok board modul dengan air yang dicampur deterjen menggunakan sikat gigi, hah? Dengan ukuran dan spacing track yang cukup kecil, 8 mil, saat menyolder mungkin ada serpihan timah solder yang bisa menyebabkan bridging, terutama di pad-pad IC. Mencuci board dengan deterjen, selain menghilangkan kotoran dari timah, juga akan meminimalkan potensi bridging antar pad atau antar track.

Sekarang 2 buah modul XC400M telah up di board TDM800P. Modul kernel yang diload adalah tdm24xxp. 8 buah port telah dapat terdeteksi oleh zaptel asterisk, dan percakapan lewat modul sangat jernih… :D. Satu request perubahannya adalah warna merah untuk solder mask seperti modul digium, bukannya hijau. Hehehe, tapi setidaknya satu tahap telah selesai.

One Trackback to “Assembly XC400M Telah Berhasil”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: