Menggunakan kabel parallel IDE

Dalam desain elektronik, terutama di fasa verifikasi desain rangkaian di atas breadboard atau modul2 pcb, adakalanya kita harus menghubungkan satu modul dengan modul lainnya dengan kabel. Misalnya, ada 40 jalur (paling ekstrem) yang harus dihubungkan antar dua modul agar dapat saling berkomunikasi. Tiap modul mempunyai konektor IDC header 40-pin.

Untuk menyambungkannya, ada 2 alternatif, yaitu membuat sendiri kabel 40-jalur dan menggunakan kabel parallel IDE. Untuk membuat sendiri, yang dibutuhkan adalah kabel pelangi 40-jalur dan 2 buah IDC socket 40-pin. Sedangkan jika menggunakan kabel IDE? tunggu dulu, kita harus hati-hati🙂

Menggunakan kabel IDE yang keluaran baru/ATA66/ATA100 (kabelnya kaku dan halus, dan 80-wire?), 40-jalur yang independen tidak akan diperoleh. Misalnya, IDE mempunyai 7 jalur Ground (GND), lihat IDE connector pinout atau di sini. Dalam socket di kabel keluaran baru, 7 jalur GND ini saling terhubung. Hehehe, jelas sudah berkurang 6 jalur yang tidak bisa digunakan lagi untuk sinyal lainnya. Kalau kabel IDE keluaran lama/ATA33 (kabelnya lentur dan agak besar), ini tidak jadi masalah, karena koneksi 1-to-1. Lihat penjelasan lebih detail tentang older ATA33 dengan ATA66/ATA100.

Sekedar info saja…😀

ata33 cable ata66 cable
Tag:

2 Komentar to “Menggunakan kabel parallel IDE”

  1. klo rangakaian paralel header itu kayak bgmna,,,?????

    • Rangkaian paralel untuk apa yah, mas Dhymas?
      Kalau rangkaian paralel untuk menghubungkan 2 board, tergantung konektor di tiap boardnya, kita maunya pin ini terhubung ke pin mana, terserah kita.

      Kalau koneksi paralel dari motherboard IDE ke harddisk IDE, bisa di lihat di sini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: