Belajar Baca Paper

Mas Dung memberikan link tentang metode penelitian dalam blognya. Memang inilah yang sekarang saya perlukan. Tentang cara efektif untuk membaca (atau menulis) paper yang merupakan hasil luaran dari penelitian, beliau memberikan penjelasan bagaimana cara parsing dari sebuah paper dengan melihat 5 hal prinsip yang ada di dalamnya, yaitu:

  1. Pendahuluan
    Bagian awal dari paper ini menjelaskan informasi mengenai latar belakang dilakukannya riset. Tujuannya, pembaca dapat mengerti bagaimana riset tersebut berkaitan dengan riset-riset yang lain. Menurut Creswell (2003), pendahuluan berisi a) “narrative hook” yang menjelaskan apa yang menarik dari penelitian ini dan apa bedanya dengan penelitian sejenis lainnya. b) Identifikasi masalah riset. c) Penulis menyebutkan studi-studi yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. d) Penulis menyampaikan kekurangan dari studi-studi tersebut. e) Penulis menyebutkan arti penting dari riset yang akan dilakukan. f) Identifikasi tujuan riset.
  2. Pernyataan tujuan, hipotesis, dan batasan masalah. Di dalam paper-paper biasanya sudah diintegrasikan ke dalam bagian pendahuluan.
  3. Teori, menjelaskan dasar teori yang berkaitan dengan riset.
  4. Metoda riset, menjelaskan proses-proses mengumpulkan data, menganalisis, mengintepretasikan, dan menuliskan hasil riset.
  5. Kesimpulan dan future work

Dengan mengerti susunan dari paper ini, konsep, metode dan hasil penelitian dari penulis dapat kita cerna.


Link Terkait

4 Komentar to “Belajar Baca Paper”

  1. kalo sudah fokus di topik yg diteliti, biasanya langsung ke no.4. yg penting hasilnya, selebihnya cuma basa-basi🙂

  2. thanks, Ka.
    Kalau topik tentang Energy-aware on real-time system, menurutmu gimana ka?

  3. Halo Eka,

    Saya sependapat, tapi menurut saya itu untuk diri sendiri, artinya 1,2,3 anggap sudah di luar kepala. Tetapi kalau menulis paper untuk konsumsi publik, saya kira sangat perlu untuk menjelaskan 1,2,3.

    Tanpa pendahuluan yang terstruktur dan menarik saya kira pembaca akan menebak-nebak apa sebetulnya yang dikerjakan sang penulis. Alih-alih .. pembaca malah tidak jadi membaca paper tersebut karena merasa kurang mendapatkan pengantar yang memadai hehe ..

    Salam dari Bandung.

  4. @ Pak Didik, saya udah gak berkecimpung di bidang computer lagi. Kalo tentang riset2 yg penting masih ada open problem disana, dimana kita bisa berkontribusi.

    @ Mas Ndung, betul sekali terutama kalo ingin dipublikasi secara umum, model Popular Science. Perlu pendahuluan agar mudah dicerna oleh orang diluar bidang tersebut. Apalagi kalo buat cari funding…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: