Wah Keduluan, Mobile Wifi Router Hampir di Launch

Produk Mifi

Produk Mifi


Waduh, produk mobile wifi router buatan perusahaan Spanyol hampir dilaunch di quarter pertama 2009 ini. Dengan mengkombinasikan teknologi 3G HSDPA dan Wi-fi, produk ini memberikan akses internet wireless (sebagai akses point) sampai 10 meter ke pengguna. Akses internet diperoleh dari jaringan GSM mobile. Footprintnya kecil sehingga dapat dimasukkan ke saku baju dan dioperasikan menggunakan battery yang bisa tahan sampai 4-jam saat digunakan, dan 40 jam saat idle.

Sebenarnya, konsep infrastrukturnya (atau perangkatnya) sudah lama tak tulis euy. Dari segi nama, juga hampir sama: Wireless Mobile Router. Tapi, tidak keburu mengejarnya. Banyak kendala, utamanya hardware, hehehe ngeles. Solusinya sih, pertamanya menggunakan embedded board 32-bit yang banyak dijual murah (ARM9 atau AVR32), Wi-fi mini-pci card (atau usb wifi), USB HSDPA modem. Ok lah, mungkin dari segi perangkat yang kompak telah keduluan, dan akan susah ngejar.

Nah, sekarang bagaimana perangkat kita dengan konfigurasi yang ada bisa tetap bersaing? Dari sisi COGS (biaya komponen), kemungkinan akan lebih besar, yang akan berakibat harga jual lebih mahal. Hehehe, emangnya mau jualan… (sementara bermimpi dulu aja, tapi feasible kok…). Apa yang membuat user mau beli perangkat kita? Perangkat tersebut harus mempunyai value di atas harga perangkat. Bukan cuma sebagai router atau bridge saja, tapi bagaimana dengan perangkat tersebut pengguna dapat meningkatkan kerjanya, pendapatannya, nilai sosialnya. Kalau ini bisa ketemu, pasti banyak yang akan beli, hehehe. Tapi apa ya? {mode berpikir}

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: