Cara Azizah Belajar Etika

Semalam, Azizah (5th) belajar sendiri tentang etika normatif. Saat bercengkrama bersama di ruang tamu, Azizah mengambil kertas A4 dan mulai corat-coret. Saya masih asyik mengobrol dengan Bune, sampai Azizah menyodorkan kertas hasil coretannya, dimana terdapat banyak frame-frame gamber.Kemudian dia mulai bercerita dengan sangat antusias, mana yang baik, sehat diberi tanda contreng ‘V’ dan mana yang jelek, jahat diberinya tanda silang ‘X’.

Belajar, sholat, membantu ibu beberes, bersahabat dengan teman, cuci tangan, tidur yang cukup, sopan saat bertamu, makan biskuit, bergembira, minum susu, suka menolog, buang sampah di tempatnya, belajar ngetik ke komputer, mengaji, makan sayuran adalah perbuatan baik, sehat, pintar. Sedangkan suka memukul temen, menyiksa binatang, mengompol, suka marah-marah, nggak nurut sama orang tua, suka menghina, membuang sampah sembarangan, merokok, gaduh saat sholat, suka menangis, asap knalpot, tidak sopan saat bertamu adalah perbuatan jelek, kotor, jahat.

Setelah itu, sambil terus memegang pulpennya, dia bertanya,” Apa lagi, pak? yang baik dan yang jelek”. Sambil tersenyum, saya hanya menjawab,” Ayo, kita mikir lagi, apa saja yang belum”. “O iya, aku tahu”, tukas Azizah dengan semangatnya. Dan tergambar lah ilustrasinya di kertas.

Etika Ala Azizah

Etika Ala Azizah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: