Menambah Program Startup di PuppyLinux-4.20 (jwm)

Sejauh yang saya tahu, PuppyLinux-4.20 tidak mempunyai kontrol di program konfigurasi jwm untuk menambah program-program yang harus dilaunch saat startup. Coba buka file ~/.jwmrc ada tag <StartupCommand> tapi isinya kosong. Mungkin di sini, saya bisa menyisipkan command. Saya edit dan tambahkan line berikut dalam tag tersebut:

     exec ~/.startup

Trus membuat file ~/.startup (dengan mode +x):

#!/bin/sh
xpad &   # Sticky Notes sebagai pengingat
osmo &  # Personal Organizer
# Need this blank line

Restart jwm. Dan program xpad dan osmo jalan otomatis, hehehe. Tapi saya masih tidak mudheng juga, kenapa pwidgets selalu dieksekusi saat jwm berjalan, padahal tidak ada di daftar startup. Sedang menunggu jawaban forum.

4 Komentar to “Menambah Program Startup di PuppyLinux-4.20 (jwm)”

  1. Nah ini dia. Ada folder /root/Startup tempat meletakkan symlink program-program yang akan dieksekusi awal

  2. salam kenal mas, saya mau request donk. nanti bikin tutorial setting internet di hape. saya biasanya ngenet di laptop pake hape. di ubuntu sich gampang, tinggal click. kalo di puppy gimana yah? soalnya komputer jadul saya saya pasang OS puppy nich..

    • Gampang kok mas. Caranya hampir sama dengan di ubuntu yang menggunakan wvdial sebagai backend untuk koneksi dial-up. Yang beda front-end untuk wvdialnya, kecuali ingin menjalankan langsung dari konsole.

      Begitu kabel data, misalnya usb, sudah dikenali oleh Linux (lihat dengan dmesg di konsole), device nodenya kelihatan, misalnya /dev/ttyUSB0.

      Di Puppy 4.20 (dan yang lebih baru) ada program PGPRS setup/connect. Masukkan parameter dialupnya. Misalnya untuk smart dengan bluetooth usb:

      Device: /dev/rfcomm0
      APN: smart
      Username: smart
      Password: smart
      Phone number: #777

      Sederhana kan…

      Membuat artikel? sedang dipertimbangkan😀

Tinggalkan Balasan

