Apalah Arti Sebuah Nama? Kasus RS Omni

Nama adalah identitas yang diingat, yang dikenal. Nama mencerminkan image dari sesuatu atau seseorang. Nama adalah pujian, doa, harapan, tujuan. Seorang ayah memberikan nama yang baik, indah kepada anaknya sebagai doa, berharap anak-anaknya, generasi penerus menjadi anak yang berbakti dan berguna bagi masyarakat, bangsa dan agama. Suatu badan usaha memberikan nama yang baik, penuh makna pada perusahaannya sebagai tujuan, visi yang mulia untuk mewujudkan masyarakat yang lebih bermartabat. Nama melekat di jiwa, semangat untuk mencapai suatu tujuan mulia.

Namun, bagaimana bila nama ini disalahgunakan, untuk menipu, mengecoh orang? Di dunia konsumerisme sekarang, uang telah menjadi segalanya. Hal ini telah banyak menyeret orang, organisasi untuk menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan sesaat, uang. Nama banyak yang disalahgunakan untuk mengecoh orang. Banyak sudah orang yang menjadi korban.

Kasus aktual sekarang adalah antara RS Omni, Prita dan UU-ITE (dan saya prihatin dengan kasus yang dialami oleh Ibu Prita M, semoga ibu sabar menghadapinya). Tambahan embel-embel “Internasional” di nama RS Omni membuat banyak orang berpikir bahwa rumah sakit ini mempunyai standar kualitas tenaga dan perangkat medis, layanan pasien dan manajemen RS yang bertaraf internasional. Mungkin memang pihak RS tersebut sedang mencoba mengejar standar itu. Saya sendiri tidak tahu, apa kriteria dan siapa yang menentukan (sertifikasi) bahwa suatu rumah sakit berstandar internasional atau tidak. Namun, dari berita surat edaran yang akan disampaikan oleh Menkes sudah jelas bahwa RS Omni bukan RS bertaraf internasional sehingga harus menghilangkan kata Internasionalnya, karena terkesan menipu/mengecoh calon pasien. Semoga pihak RS legowo bisa menerima edaran ini.

One Comment to “Apalah Arti Sebuah Nama? Kasus RS Omni”

  1. Memang mau diganti kok namanya jadi Hotel Omni Internasional. Hahahahahaha.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: