Resensi: Ontologi Cloud Computing – Lamia Youseff

Lamia Youseff UCSB dalam Grid Computing Environments Workshop 2008, memaparkan dalam papernya tentang ontologi Cloud Computing berjudul Towards a Unified Ontology of Cloud Computing.

Cloud computing sendiri merupakan teknologi terkini yang saat ini mencuat, yang berawal dari implementasinya di industri TIK untuk mendapatkan utilitas resource komputasi yang optimal dengan konsep resource sebagai layanan, atau utility computing. Cloud computing ini mewujudkan dirinya sebagai turunan dari beberapa area penelitian komputasi lainnya seperti Service-Oriented Architecture (SOA), komputasi terdistribusi dan grid, dan virtualization, sehingga cloud computing mewarisi keunggulan dan keterbatasan teknologi tersebut.

Kemajuan dalam upaya penelitian teknologi terbaru tersebut tergantung pada pengorganisasian domain pengetahuannya yang ketat dan pemahaman yang komprehensif dari semua komponen yang relevan dari teknologi ini serta bagaimana hubungan mereka. Youseff, dkk mengusulkan sebuah ontologi Cloud Computing dengan tujuan untuk memberikan pemahaman menyeluruh dalam bidang cloud computing serta proses adopsinya yang lebih cepat dari komunitas ilmiah. Pemahaman yang lebih baik dari teknologi ini akan memungkinkan masyarakat untuk mendesain portal dan gateway untuk cloud yang lebih efisien dan memfasilitasi adopsi pendekatan komputasi terbaru ini di lingkungan ilmiah. Selanjutnya, ini akan membantu komunitas ilmiah untuk mempercepat kontribusi dan wawasannya dalam bidang komputing yang sedang berkembang ini.

Dalam ontologi ini, diuraikan pembagian cloud menjadi lima lapisan utama dan digambarkan keterkaitan dan ketergantungan lapisan cloud tersebut dengan teknologi sebelumnya. Lima lapisan tersebut adalah 1) cloud aplikasi, 2) cloud platform software, 3) cloud infrastruktur yang dapat dibagi lagi menjadi cloud komputasi, cloud data dan cloud komunikasi, 4) cloud kernel dan 5) cloud hardware. Lapisan cloud ini masing-masing disediakan oleh provider cloud untuk pengguna sebagai layanan, yaitu yang dikenal sebagai SaaS (Software as a Services), PaaS (Platform as a Services), IaaS (Infrastructure as a Services), DaaS (Data as a Services), CaaS (Communication as a Services) dan HaaS (Hardware as a Services).

Sumber: Toward a Unified Ontology of Cloud Computing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: