Menggunakan Email Client di Puppy Linux

Setelah mengupgrade Puppy Linux OS ke versi 4.20, saya tidak pernah membuka lagi email dengan program client, tapi langsung menggunakan webmail. Hampir 3 mingguan lebih. Belakangan saya perlu email client ini, karena terkadang ingin membuka email kembali saat di rumah. Walaupun bisa internetan untuk membuka email saat di rumah, mendingan off-line saja. Nah, email client ini menyimpan semua email ke dalam satu folder di lokal dengan pop3.

Puppy Linux OS menawarkan 2 progam yang bisa digunakan, yaitu Mozilla SeaMonkey Mail dan Sylpheed, program email client kecil berbasis gtk. Saya lebih menyukai sylpheed, karena kecil dan fiturnya cukup banyak, addressbook, filter, removing duplikat email, spam assasin. Di Puppy Linux 3.01, salah account email saya masukkan untuk dipop. Secara default, direktori yang digunakan oleh sylpheed ini adalah direktori ~/.sylpheed untuk menyimpan setting email, account, address book, folder list, filter, dll dan direktori ~/Mail untuk menyimpan pop email yang masuk, yang keluar dan draft.

Puppy Linux yang saya gunakan adalah frugal, sehingga setiap perubahan di root filesystem akan tersimpan dalam file pup_save.2fs. Setiap upgrade versi Linux, biasanya kita perlu mensetup dan mengkonfigurasi file pup_save.2fs (atau pup_save.3fs) yang baru sebagai tempat untuk menyimpan perubahan root filesystem. Nah, file-file yang ada di direktori ~/ tentunya akan baru juga, sehingga setting dan arsip email sylpheed kita yang lalu tidak akan terbawa di versi Puppy yang baru. Triknya, saya membuat softlink untuk kedua direktori tersebut (~/.sylpheed dan ~/Mail) ke direktori di partisi storage yang resident (dalam hal ini /dev/sda1). Jadi, setelah email client sylpheed terinstall di Puppy Linux terbaru, yang perlu dilakukan hanyalah membuat softlink ~/.sylpheed dan ~/Mail ke direktori yang diset untuk menyimpan email secara tetap. Dan email-email yang terdahulu, bisa kita baca kembali….

One Comment to “Menggunakan Email Client di Puppy Linux”

  1. wah penjelassannya kurang begitu mengena, bisa tolong diperjelas pabila berkenan dilengkapi dengan gambar biar lebih jelas. woke

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: