PBX PCI adapter runs Linux, Asterisk

V-114 AnalogKira-kira ide apa yang dibawa oleh produk PBX PCI adapter dengan seri V-114 dari Positron Telecom (perusahaan start-up?) ini, yah? Yup, produk ini memang unik.

Membaca brosur produknya, tersurat ide dasarnya adalah membuat card PCI dengan sistem IP-PBX/Gateway berbasis Asterisk yang bisa beroperasi stand-alone, tanpa intervensi dan ketergantungan terhadap sistem operasi host (Linux), sehingga dapat diinstalasi di distro apa saja tanpa kebutuhan driver khusus. Hal ini akan memberikan kemudahan ke pengguna untuk melakukan instalasi. Stand-alone berarti ada CPU dan flash program di board tersebut. Interface yang disediakan 1 buah ethernet untuk VoIP call, 4 buah FXO, 1 buah FXS untuk fax atau telepon analog, plus hardware echo canceller. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana yah interfacing (aplikasi dan device)nya ke sistem host yang berbasis SIP? Masih nggak ngerti. Ditambah lagi dapat berkomunikasi dengan aplikasi SIP lain seperti Microsoft Office Communications Server dan Microsoft Exchange Server 2007.

Kalau dilihat dari fitur berupa kemudahan instalasi, segmen yang disasar adalah SOHO dan perumahan. Satu buah card tersedia dengan harga $630. Lumayan yah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: