Distro Linux dengan Banyak Turunan

Saat ini, distro Linux apa yang mempunyai banyak turunan (derivative)?

Puppy Linux OS adalah salah satu distro dengan turunan yang banyak, lebih dari 50 distro turunan dikembangkan dari Puppy Linux ini. Puplet, sebutan distro turunan dari Puppy, antara lain GrafPup, MacPup, Icepup dll membawa ciri khasnya masing-masing.

Mengapa distro ini demikian populer?

Yang pertama, Puppy Linux datang dengan script untuk membangun distro sendiri, mulai dari remastering, puppy-unleashed, dan t2. Dengan remastering, seseorang bisa menginstall Puppy standar kemudian menambah aplikasi yang dibutuhkan dan melakukan kustomisasi konfigurasi, dan selanjutnya membuat file image iso yang baru dari sistem Linux yang telah dimodifikasi tersebut. Dengan puppy-unleashed, seseorang dapat membangun distro sendiri dengan memilih aplikasi-aplikasi yang diperlukan. Aplikasi ini telah tersedia sebagai paket biner puppy (*.pet). Dengan t2 (t2-dingo), seseorang dapat membangun distro dari scratch, mulai dari konfigurasi, kompilasi dan instalasi paket-paket aplikasi dari kode sumbernya. Pembuat distro turunan Puppy tinggal memilih cara mana yang akan digunakan untuk membangun distronya.

Yang kedua, dalam membuat distro, seseorang dituntut untuk mempertahankan ciri khas Puppy Linux sebagai distro mini dengan footprint kecil (di bawah 200 MB). Hal ini membuat pencipta distro harus memilih secara selektif aplikasi-aplikasi apa yang harus ada di distronya, diantaranya browser yang digunakan (Opera, Mozilla, Firefox), window manager (xfce, jwm, enlightenment, icewm, dll), theme (Mac) maupun aplikasi spesifik lainnya. Karena preferensi tiap orang berbeda, tumbuhlah beragam variasi Puplet. Perbedaan-perbedaan inilah yang menjadi ciri khas dalam tiap distro turunan Puppy Linux ini.

Bagaimana memilih Puplet yang sesuai?

Ini tergantung dari preferensi sebagai pengguna. Cari distro turunan yang mempunyai aplikasi yang dibutuhkan. Ini menjadi langkah awal, meskipun Puppy Linux juga menawarkan paket-paket aplikasi *pet yang dapat diinstall. Dengan menentukan base sistem Linux yang sesuai, akan cukup menghemat resource komputing yang diperlukan (ruang harddisk, memori).

7 Komentar to “Distro Linux dengan Banyak Turunan”

  1. Keren nich distro… Kalow pc jadul saya yg pentium 3 128inchi itu bisa engga yah diinstall pake puppy yg versi biasa bukan yg retro.

  2. puppy linux memang top banget! saya juga pake!
    salam kenal ^_^

  3. boleh tau engga turunan puppy yang sesuai dengan spek pc saya?
    spek Pentium3 RAM 128, HD40GB…

  4. Trims atas tanggapannya mas. Saya akan coba. Maaf nich, saya mau nanya, masalah ntfs, fat32 apa sudah termount otomats tidak mas? Trus bisa dualboot belom? Karena mungkin harus menyesuaikan diri dulu….

    • NTFS, FAT32 tidak ada masalah di Puppy. Puppy mouter sudah makin cerdas. Di desktop juga akan tampil partisi storage yang kita punyai, tinggal klik aja keluar explorer.

      Keistimewaan puppy, ia bisa diinstall di partisi yang sudah ada OSnya (tidak memerlukan partisi khusus). Tinggal boot loader (grub atau lilo)nya diarahin ke direktori tempat puppy imagenya ada. Jadi, dual-boot tidak masalah.

  5. jadi pengen nyoba hehe pdhl cdnya sudah ada dan udah lama hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: