Procurement Komponen Elektronik

Lumayan memakan waktu juga nih, dalam menyiapkan bahan/komponen untuk produk elektronik kami. Item komponen dalam satu modul jumlahnya banyak, sekitar 38 item. Sebagian besar komponen tidak bisa didapatkan dari pasar lokal (JP, misalnya) karena rating dan footprint tidak sesuai. Otomatis, untuk mendapatkannya dilakukan order dari luar: Mouser, Digikey, Arrow, Newark, dan distributor lainnya. Dan terakhir saya coba minta quotation dari China. Ada juga distributor lokal di Jakarta untuk Farnell, tapi di farnell sendiri harganya sudah relatif lebih tinggi, ditambah lagi faktor pengali 1.4 saat lewat distributor.

Procurement ditujukan untuk mendapatkan komponen dengan biaya (BOM) yang paling rendah (ada faktor lain sih, tapi sementara faktor biaya ini yang utama). Daftar komponen beserta jumlahnya telah disusun. Dalam hal ini, saya menggunakan Mouser dan relasi di China. Pertama coba mengecek ke Mouser, berapa harga komponen untuk kuantiti yang dibutuhkan. Kemudian mengirimkan daftar BOM ke China untuk mendapatkan penawaran.

Dibandingkan setelah mendapatkan penawaran, ada beberapa item yang lebih murah (bahkan jauh lebih murah, seperti IC, transistor, kapasitor SMD dengan rating 250V lebih, resistor SMD 1/2W ), ada yang lebih mahal (misalnya resistor dan kapasitor 0603, yang karena kuantiti yang dibutuhkan banyak > 1000, tentunya akan menaikkan BOM secara signifikan). Karena akan membuat modul dengan jumlah lumayan banyak, saya pun perlu menyusun ulang komponen mana yang akan dibeli dari Mouser dan mana yang dari China. Dan dilakukan secara manual dengan spreadsheet (Openoffice Scalc). Lumayan cukup lama, sehingga saya berpikir kenapa tidak menggunakan software ERP saja yang otomatis tinggal memasukkan entry dan menjalankan rutin procurement.

Tapi, sekarang hanya berharap mudah2an ini bisa berguna.

4 Komentar to “Procurement Komponen Elektronik”

  1. Pak..sy jg mngalami kndala mncri kmponen dan di Indonesia tdk ad jd hrs import. Mngknkah bpk pny relasi yg bs bntu sy mmesan kmponen import yg dbtuhkan? Sy mhon bntuanny krna bwt skripsi. Terima ksh.

    • Mas bisa kontak PT Graha Sumber Prima Elektronika (distributor farnell di Indonesia)
      Intercon Plaza Block D11
      Meruya Ilir
      Jakarta Barat 11620
      Indonesia
      Tel: +62-21-5868519-22

  2. SEKARANG KALO PESAN DARI MOUSER ONGKIRNYA BRP ? SY LIAT DIMOUSER KOK 70$ KE INDO BUKAN 40$ SEPERTI DITULISAN BPK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: