Tenaga-Berketrampilan Melimpah di Desa

Tenaga muda dengan penuh ketrampilan berlimpah di desa. Mereka adalah para lulusan STM/SMK dengan keahliannya di bidang elektro, mesin otomotif, bangunan, pertanian. Demikian kesan saya saat pulang ke desa Grobog Wetan, Pangkah, Tegal.

Dapat menghasilkan uang (rizki) untuk menghidupi dirinya sendiri (dan mungkin adik-adik dan keluarganya) merupakan salah satu cita-cita yang mereka perjuangkan. Namun tidak banyak dari mereka yang beruntung, bekerja sesuai dengan ketrampilannya. Mendapatkan hasil sesuai dengan kapasitasnya.

Lapangan kerja terbatas. Di pangkah sendiri hanya ada pabrik gula yang tidak begitu produktif, sehingga mereka banyak yang urbanisasi ke Jakarta. Untuk membuka usaha sendiri, mereka mentok di modal.

Saya berasal dari desa. Besar dan tumbuh di desa. Sudah hampir 15 tahun merantau di Bandung, kuliah, kerja. Kota yang berkembang pesat demikian terasa. Sedangkan di desa Grobog Wetan, dan desa-desa di Indonesia lainnya? Membuat saya merenung. Apa yang kita lakukan di kota tidaklah akan banyak berarti, ibaratnya memperkaya yang sudah kaya. Darmabakti kita di desa akan sangat berarti. Bagi diri kita, masyarakat, bangsa dan agama.

::Menggali Potensi Desaku::

Iklan

One Comment to “Tenaga-Berketrampilan Melimpah di Desa”

  1. Grobog wetannya mana mas?aku juga wong grobog.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: