Mencoba Google Chrome di Puppy Linux

Google chrome menawarkan browser yang lebih cepat dari Firefox. Saya ingin mencobanya di Puppy Linux 4.20 ini, namun masih belum berhasil.

Sebenarnya yang diinstall adalah CrossOver Chromium (atau cxchromium), yaitu hasil porting Chromium untuk Mac dan Linux yang dapat didownload dari CodeWeavers secara gratis. Untuk menjalankan biner Chromium (yang ditujukan untuk Windows OS), digunakan wine yang sudah terembedd di paket cxchromium tersebut, baik library maupun program winenya. Versi terakhirnya adalah 0.9.0.

Saat ini paket cxchromium hanya tersedia untuk distro uBuntu dan Debian 32-bit (.deb), uBuntu dan Debian 64-bit (.deb) dan Redhat, Mandriva, SuSE (.rpm). Untuk distro lain, tersedia skrip untuk menginstallnya. Dan saya mencoba yang terakhir, menggunakan script shell untuk menginstallnya ke Puppy Linux.

Setelah mendownload, skrip langsung dijalankan dari konsole. Direktori tujuan dipilih /opt/cxchromium/, sehingga file-file akan terinstall di direktori tersebut. Library dependensi untuk cxchromium dan wine akan terimpan di /opt/cxchromium/lib, yang tentunya secara default belum diset oleh loader pustaka dinamik (ldloader), sehingga kalau dijalankan ldd /opt/cxchromium/wine/ saja, akan muncul error dependensi. Untuk mengatasinya, file link /opt/cxchromium/bin/chromium (softlink ke /opt/cxchromium/support/chromium/desktopdata/cxmenu/Shortcuts/cxchromium-801-c107-1221149423.chromium), sehingga isinya sebagai berikut:

#!/bin/sh
CHROMIUM_LIB=/opt/cxchromium/lib:/opt/cxchromium/lib/wine:/opt/cxchromium/lib/tcl
export LD_LIBRARY_PATH=${CHROMIUM_LIB}:${LD_LIBRARY_PATH+":$LD_LIBRARY_PATH"}
export PATH=/opt/cxchromium/bin:$PATH
exec /opt/cxchromium/bin/wine c:/chromium/chrome.exe --no-sandbox --in-process-plugins "$@"

Paket Puppy Linux (pet) untuk cxchromium telah selesai dibuat. cxchromium dapat dijalankan. Sejauh ini yang belum bisa adalah:

  • Setting proxy server. Jendela setting tidak keluar saat tombol Proxy ditekan. Koneksi ke dalam ITB (tanpa proxy) bisa dilakukan. Namun konek ke luar (dari ITB yang harus melalui proxy) jelas tidak bisa dan parahnya Xwindow langsung keluar (keluar dari X). Belum tahu kenapa.

Mencoba alternatif lain? Lihat LinuxBuildInstructions. Belum coba sih.

Google Chrome run on Puppy Linux

Google Chrome run on Puppy Linux

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: