Komunitas Puppy Linux Indonesia

Senang sekali mendengar lahirnya komunitas Puppy Linux di sini. Komunitas tersebut diberi nama kinjeng linux yang diprakarsai oleh mas Andi ‘kinjeng’. Linux kinjeng merupakan distro turunan dari Linux dengan sasaran operasional di spesifikasi hardware yang minimum. Hardware yang minimum tersebut mungkin tercermin dari filosofi nama ‘kinjeng’ itu sendiri. Semoga hidup dan sukses yah, mas.

Jadi bersemangat dengan Puppy Linux, nih.
::mode exciting::

74 Responses to “Komunitas Puppy Linux Indonesia”

  1. Bhinneka Tunggal Linux !!!
    Beda distro tapi tetap satu Linux !!!

  2. mohonm bantunya doog ? lagi bingung nih cara shering data pada puppy linux 4.2.1.agar file bisa dibu di komputer jaringan

  3. salam kenal para senior

    Saya Ari kusumaawam banget tentang linux,saya mau buka warnet,tempat,modal n kursi meja dah siap.rencana mo pake laptop untuk user n pc spec server untk admin,billing dll..saya pengen warnet saya full linux sesuai saran beberapa orang ketika saya survey dan meguru sebelum memutuskan buka warnet.mohon bantuan pertimbangan distro apa yang cocok untuk warnet saya dan saya juga harus pilih printer merk apa yang sesuai dengan LINUX plus juga scannernya,banyak yang nyaranin PUPPY…saya butuh bantuan secepatnya karena dalam tempo seminggu harus sudah siap kalau tida yang punya modal bakal marah marah hehe… oya warnetnya di denpasar bali pake laptop acer 4732z all new.mohon bimbingannya bisa di sms atau telepon atau email di LUKE.LIKE6@GMAIL.COM – 085 755 28 78 28 – 0354 7626688.terima kasih sebelumya

  4. Yah, mungkin terlambat ikutan tetapi saya baru tahu kalau ada komunitas Puppy di sekitar kita, saya menggunakan Puppy sejak versi 3 tetapi lebih senang menggunakannya hanya untuk bersenang-senang.
    Untuk kebutuhan internet Puppy cukup tangguh, tapi saya tidak pernah melakukan instalasi ke harddisk, sebagian besar dijalankan dari CD, puppy linux menggunakan Monkey Web Aplication, tetapi kadang Monkey menjadi sangat lambat, jadi untuk mengatasinya saya mengklik icon gembok yang ada di sudut kanan bawah, baru lancar dan mengklik nya lagi untuk kembali connect.
    Untuk kebutuhan kantor Puppy Linux cukup tangguh, terutama versi 4.1.2, belum versi 4.2 Deep Tough, karena ada chmsee nya untuk membuka format chm (windows help), dan cepat.
    Untuk pemrograma mungkin versi 3 cukup bagus karena sudah terintegrasi tcl/tk untuk membuat aplikasi berbasis gui dengan cepat, tapi bila yg dibutuhkan pemrograma dan keindahan mungkin versi 4.2 ke atas layak digunakan.
    Btw, untuk mengetik dan spreadsheet bukan masalah, Abiword untuk mengetik dan Gnumeric untuk mengetik sudah cukup lengkap sebagai software produktivitas, saya juga suka mengedit dengan gambar mtpaint dan untuk gambar vektor inklite sama sekali tidak mengecewakan.

  5. HIDUP PUPPY LINUX,….
    saya sudah mencoba puppy linux, dan hasilnya LUMAYAN.. untuk browser saya ganti dengan mozilla 3.0.1 biar untuk facebook menu obrolan di pojok kanan bawah bisa muncul dan bisa chat. untuk chat dengan yahoo messenger saya gunakan meebo. Hasilnya MANTAP…. tapi sayang saya belum menemukan cara untuk membuka file windows yang katanya menggunakan WINE. saya sudah berkali-kali install wine tapi kok selalu gagal. Kemudian untuk sharing ke komputer jaringan window juga masih kesulitan.. Mungkin rekan-rekan ada yang berkenan bantu..?? karena saya termasuk orang yang baru mengenal puppy linux. trims. untuk bantuannya mungkin bisa di email kan ke must_wwn@yahoo.com

  6. Salam, saya menggunakan Puppy Linux 4.31, saya coba install Gyache v1.2.2 di dalamnya.Instalasi berjalan sukses, walaupun ikon gyache tdk bisa masuk ke kategori menu internet, melainkan masuk ke kategori menu network (walaupun dalam informasi instalasi dikatakan bahwa program tersebut masukke dalam kategori menu internet. Program dapat dibuka, namun tidak bisa connect ke Yahoo, dengan alasan username /password incorrect. Padahal saya sudah coba berulang2 dan saya yakin semuanya benar. Saya juga sudah crosscheck dengan pidgin dan ayttm, semuanya bisa masuk dengan baik. Mungkin ada yang tahu triknya agar gyache v1.2.2 bisa connect ke yahoo? Saya sangat mengharapkan serta berterimakasih atasSegala masukan serta bantuan teman-teman…

    Salam🙂

  7. Kalo alasannya username /password incorrect…berarti username atau password nya ada yang salah.

  8. kangtatang datang berkunjung🙂 mo belajar Linux disini boleh kan?😀
    hi.. hi…

    salam
    kangtatang

  9. Puppy linux 5 keren bangetz…..

  10. aku dah coba puppy linux versi 5 dan menggunakan browser seamonkey hasilnya lumayan bagus

  11. Saya telah bereksperiment dengan berbagai pupplet. Mulai dari versi 4.21 hingga sekarang lupu501.
    Yang pernah saya remaster : puppy431 dengan openoffice3.2, wine, lampp, inkscape. Pernah pula yang XP-like kerjaannya orang hungaria. Pake printer canonip1980 sukses. Pernah pake kinjeng. Tapi faVorit saya puppy431. Saya juga gunakan puppy untuk lab komputer berinternet (jaringan). Pernah install non frugal di hardisk, booting kurang dari 5 detik!! perlu diketahui, saya sangat awam command line linux! jadi hampir semua percobaan saya menggunakan GUI ! dan tentu belajar dari forum.

  12. puppy linux emang luar biasa kang, sukses buat komunitasnya. Kalau saya sendiri sih lumayan icip-icip MacPup, PuppyLinux rasa Mac OS

  13. Kalo saya coba2 pupy di VM untuk linux ubuntu lumayan lelet sih namanya juga virtual tapi seneng bisa nyobain macam-macam puplet puppy🙂 go… puppy go…

  14. hi sobat linuxer, salam kenal. Puppy emang ok. Sekarang aku pakai lupu 5.1.1. Cepat gesit dengan penampilan yang menawan. Terutama dengan mode IceWM-nya, membuatku tega meninggalkan xp hehehe. Tapi ada masalah sedikit nich. Battrey laptopku kok cepat habis ya? Apa memang si Lupu ini diperuntukkan unutuk dekstop saja ya??? Mohon bantuan teman-teman menemukan puppy yang untuk laptop, biar battrey tidak cepat drop. Makasih…… Hidup puppy… maju terus….

  15. Puppy linux bagus nich,ringan dan sudah lebih mudah dipahami dari pada linux yang dulu aku pake………………..

  16. Saya pakai lupo 511 dikantor untuk merdeka dari jajahan microsoft, handal untuk cpu tua P3 dengan ram 128. Mohon tutorialnya jika ada ahlinya yang bisa mengubah isi menunya sesuai dengan kebutuhan, misal abiword dihilangkan dari menu diganti write openoffice, trims banget

  17. pertama nyobain puppy pake VM untuk ubuntu alamak… lelet banget gak puas, kemudian ketemu unetbootin yg untuk ubuntu iseng deh nyobain nginstal ke flash disk (Macpupgampang bangeeet… trus langsung deh coba dibooting dengan sedikit was-was eh ternyata langsung berlari tuh puppy Wus.. Wusss… kuenceng banget.

  18. Mas dulu aku pernah bisa Modem CDMA EVDO “smart” lancar di Puppy. Sekarang Aku pake puppy 5.2 kok susah ya?
    Seingat saya Caranya gini:
    1. Klik Hardinfo cari usbserial vendor 0x…. product 0x…
    2. Masuk prompt (rvt) ketik …modprobe usbserial vendor 0x…. product 0x… (sesuaikan dengan yang kebaca di HardInfo)
    3. Jalankan Connect (di desktop puppy) …. search modem detected usb …. (modem sudah berhasil kedetek mas)

    dial *777#
    user smart
    pass smart
    APN smart
    stupid mode yes

    tapi Mas diconnect … error script!!!! kenapa ya?
    Kalau pake Win sih lancar langsung konek.
    Tapi ya itu virusnya….

    Tolong ya Mas apa yang kurang ya? Maklum pelupa banget, dulu ga dicatat sih.
    Terima kasih.

    • kalo menurut pengalaman ane sih make puppy 5.2 gak usah dimodprobe serial vendor ama id usbnya
      ente langsung klik aja icon connect didekstop trus isikan di kotak

      dial atau phone number = #777
      user = smart
      password = smart
      APN (DIKOSONGKAN SAJA GAK USAH DI ISI APA – APA)
      STUPID MODE NO
      AUTO RECONNECT YES

      lalu klik conect

      # jika belum bisa connect coba di probe dulu dijendela wvdialnya lalu connekan lagi
      # jika masih gagal coba klik disconnect or stop trying lau conneckan lagi
      (langkah point ini coba diulang lakukan tiga kali )

      sebagai bahan koreksi ane melihat ente mengisi dial upnya (*777#) ini keliru coba ganti dengan (#777)

      semoga membantu

  19. sy juga bru nyoba puppy ni di usb life untuk internetan. lumayan kencang . bravo 4 linux puppy

  20. saya telah membuat lucid puppy 5.2 booting dari ethernet.

  21. Mas Marwoto, kalau lupa setting, cari file /etc/wvdial.conf yang dulu dah pernah dipake. Copy ke folder /etc. Trus jalankan pupdial, langsung klik connect. Kalau dah jalan, simpan baik-baik file wvdial.conf tersebut.

  22. saya adalah pemula linux
    saya mau instal puppy linux dgn modem ponsel nokia 6015
    bagaimana cara instal puppy dan modemnya?
    puppy versi berapa yg cocok dgn nokia 6015?
    di mana link download untuk puppy?

  23. halo para master?…
    saya baru nyoba nich puppy…emang oke … ringan..
    kalao mau di pke warnet bilingnya pake apa ya??? mohon bantuany para master…
    trims….

  24. Ane mau pake puppy linux nih,
    tapi gak bsa intall nya,
    uda tanya mbah google juga hasilnya masih sama,
    soalnya jawabannya pada muter-muter gak jelas nih,
    tolong kasih tau donk gmn cara install-nya…

    terima kasih sebelumnya…

  25. linux is the best..
    forza klyx and mandrake…………..
    hehehe salam satu linux

  26. hidup puppy

  27. ikut gabung yaaa,,, saya baru pake puppy,, keren abis

  28. mohon bantuanya untuk diajarkan cara instal mozila di puppy mas,,, saya masih blm paham di linuk

  29. Kang ane juga pake Linux, dulu pernah nyoba Linux Puppy dan sangat cocok untuk PC djadoel ane. Tapi sekarang setelah ane punya vanbook ganti pake Linux Mint Isadora.

    Goooo Linuxers

    Satu lagi kang, link klub linux Bandungnya ko di suspend? ‘This Account Has Been Suspended’ padahal ane asalnya dari kota kembang juga loh…

  30. Saya dah kira2 pake puppy linux 3 bulan terakhir ini… Manfaatnya banyak terutama untuk saving data dari Windows yang Korup… PLus… PUPPY LINUX mudah di install di FLASH DISK…

    Terima kasih buat mas “Kinjeng” yang sudah sediakan web buat komunitas PUPPY ini… Meski Banyak Distro tapi menurut saya mah… PUPPY LINUX paling ideal dipake.. (meski perlu banyak selancar ntuk tau info seputar applikasinya).

    Salut buat ini admin… And NEVER GIVE UP TO LIVE IN LINUX…

  31. salam kenal semuanya, mau nanya cara install software (openoffice, gimp dll) gimana ya? udah coba masuk ke repository-nya tpi bingung… kok banyak pilihannya ya (ada yg .pet, pup, tz dll) trus donlot yg mana tuch?? klo install program windows pke wine siy udah berhasil, cuma kurang puas aja coz pngen migrasi ke linux niy….. mohon bantuannya… thaxz…

  32. U openoffice ane sih saranin cari yg .sfs aja biar lengkap. BTW saudara syawal frugal ato full instal ? ntar cari file sfs yg sesuai dengan versi puppy nya. Trus setting boot up dan selamat menikmati.
    Klo mo instal Mozilla ato yg lainnya tinggal ambil / cari dulu file .pet di repository – nya . stetlah unduh klik satu kali aja ( prinsip install di Puppy ya klik satu kali pada file .pet ( .exe nya ) puppy. Bisa install juga pkae file.deb.
    Aplikasi bawaan itu bisa dibuang, tp saya lp link nya😉
    Forumnya dimana nih ?????
    apa disini aja kali ye…….🙂

  33. Oh ya buat para pemula, termasuk saya. ni sekedar tips, Jika mencari aplikasi tambahan buat Puppy nya akan lebih mudah bagi yg lain untuk membantu bila disebutkan versi puppy nya. Misalnya pke LUPU 525, Wary 512 dll mo cari Koffice / Open office.
    CMIIW

  34. @ p3m4la5
    salam kenal N haturnuhun pisan kang buat info-nya… ane pake lupu-525 dan full install..
    kalo install gimp mah udah berhasil euy… manttaaapp pisan… kbtln dirumah blom konek internet, jd hrus bolak-balik warnet dulu buat donlot openoffice dkk… sangat terbantu euy dg adanya forum ini… hidup puppy pokoknamah… hehehe…

  35. Bwt yg punya blog sory nih numpang lagi, Ni info aja.
    Nah buat pecinta pemrograman ( yg blom tau tentunya ) diwajibkan untuk menginstall devxxx.sfs nya. Pengisntalan ini akan menyediakan lingkungan saat kompilasi, baik itu untuk aliran QT, GAMBAS, VALA, GENIE dll ato sekedar ingin meng’compile’ ,pet sendiri. Jangan lupa selalu sesuaikan devxxx.sfs dengan versi Puppynya. ( biasanya pada repository selalu berada pada direktori yg sama dg iso utamanya )
    C U

  36. mau bagi info buat pemula puppy linux (termasuk saya hehe…)
    kalo mau nyari aplikasi seperti openoffice, gimp, firefox, audacious dll bisa masuk ke link http://distro.ibiblio.org/pub/linux/distributions/puppylinux/
    tinggal pilih versi puppy yg kita gunakan….
    disana terdapat software yang bisa kita donlot sepuasnya…
    hidup puppy linux….

  37. wah….ini nih yg aku cari2……indonesian puppy
    bisa ikutan gabung nih…ama master2 linuxer indonesia…

    aku baru kesengsem(jatuh-cinta) ama linux setelah kenal lucid puppy 5.20 & rencananya mau ninggalin yg berbau bajakan (microsoft) soalnya puppy lebih ringan,inovatif,lengkap,stabil & mantap

    aku dulu pernah nyoba linux yg laen….tapi kesulitan ama yg namanya “terminal”. tapi setelah kenal puppy, malah pengen belajar terminal, soalnya di puppy kita dimanjakan desktop yg super gampang.

    kalo boleh minta….tulung share terminal command di puppy dung…….maklum…newbie..heheheee

  38. mo nanya neh…
    ane barusan nyoba puppy linux.. kurang tau seh versi berapa.. (maklum kelamaan nyongkrong di jendela.. )
    trus ane mau instal mdem prolink cdma pake starone..
    trus pas ane mau instal (kyak di windows) ane klik tp ndak bisa..
    bs ngasih tutor nya ndak..??
    thanx b4

  39. bikiin stress.. bg orang awam seperti saya…. mau install moDEM SMART gak bisa

  40. saya baru install puppy 5.2.8 frugal instal. tapi booting kok lama ya, katanya gak sampe 20 detik? trus ada masalah saat instalasi printer epson t20. Printer terdeteksi dan sudah idle, tapi gak mau nge print tapi di print job statusnya completed. ada yang bisa bantu?

    probo

  41. @amatz
    Bos pro link itu modem usb y ? kedetek nggak pas dicolokin ? klo kedetek ostosmastis…. langkah selanjutnya klik micon connect di desktop > pilih gprs… dst… klo huawei nano ( flash ) mah… lancar.

    @probo
    pke puppy versi laen… sama lelet juga ?

  42. gimana cara setting n instal modem smartfren c710 di lupu 528 ya ?

  43. ijin gabung mastah nubie mohon bimbingannya
    makasih

  44. bisa kah puppy dijejali efect seperti revamd

  45. internetan pake modem smart ce682 di puppylinux 528 kok gambarnya patah2 ya?
    saya pake amd sempron tm, ram 512mb, vga via k8m800 64mb onboard…
    mohon pencerahan… thanks…

  46. please bantu aq
    aq pake puppylinux 5.3.3
    bingung setting internet pake modem venus VT-18 evdo
    dan flexi unlimited
    thanx!

  47. salam semua…
    aq sejak dulu dah kenal dengan si puppy ini tapi, baru sekarang da niat untuk menjadikan sebagai os di laptopku, apabila da kesulitan mohon dibantu ya….

    matur nuwun…..

  48. please tlg sy..teman”

    sy mau install di laktop saya yg dah jadul, tlg saya cara permulaan bgmn cara booting format biar os ubuntu ver12.04 agar masuk ke laktop menggantikan windows, tlg teman” bantu sy step by step yg sdg belajar, please teman”…

  49. gan g mana caranya kita instal pupy linux untuk simpan di flasdisck

  50. kalo install puppy linux di ponsel .. gimana ya ??? ada yang pernah coba belumy

    • to fritz karwayu… mau install di fd.. mah gampang banget… siapin iso-nya… siapin flashdisk yang dah dikosongin datanya… pilih install di desktop…. pilih Bootflash USB Installer…. ikuti petunjuknya…. jadi deh…. tapi namanya juga hidup di FD… ada batasan terhadap aplikasi yang mau diinstall… OK… si barry kauler tuh pinter juga lho… biar umur FD kita nggak cepet habis… nih FD hanya dibaca pada saat booting awal… dan pas butuh data yang nggak terupload di RAM kita pada saat booting…itu hebatnya si Barry Kauler jempol deh.

  51. mas,,, numpang nanya saya orang awam linux, yang dimaksud iso puppy linux apa?

    • mudahya begini file iso puppy linux itu adalah file yg bisa di burning ke cd/dvd nah setelah diburning cdnya bisa buat booting puppy linux tinggal masukin aja cdnya ke cdroom trus atur boot bios cdroom sebagai 1st , maka ente udah bisa ngejalani puppy linux live cd

      namun filo iso puppy linux juga bisa diinsyal di fd dengan bantuan software seperti unetbootin atau yg lainya

      kalo ente bingung sama istilah yg ane gunain coba googling sabar pelan pelan ane juga dulu super awam dilinux puppy

      semoga membantu

  52. Salam Kenal Buat Semua Para Linuxer : ada yang pny problem ini nggak ya? setelah koneksi intrnet dengan WVDIAL dan juga dibuatkan file smart.sh di desktop Puppy 5.2.28 (krn sy koneksi intrnet pake modem usb smartfren), lancar jaya kurang lebih 4 harian…setelah itu koneksi selalu drop, klau lihat sepintas intinya tidak ada sambungan ke server :No Carrier, :Error pppd, dan tidak lagi keluar ip address (main/secondary) seperti biasanya, dan akhirnya No Connection..trims mohon pencerahan..

    • to mas robby, ane juga ngalami kendala pada penggunaan modem… tapi setelah search cari info… ternyata smart kabel nya yang dibawah laut kena jangkar tuh jadi ada masalah… but sekarang dah lancar kembali kok… lebih lancar karena ada bonus kuota pengganti gangguan kemarin. sip.

  53. Puppy Linux kecil, ringan dan mudah digunakan
    Blogku

  54. terima kasih saya yang sebesar-besarnya buat para pengembang puppy linux… puppy 1.0 for intel atom, racy, wary, lupu, slacko, prestice, sampe slack yang 5.5… karena barang mati kayak laptop/netbook dan pc ku bisa hidup gara-gara nih OS…. Mantap-ringan-userfriendly …. bagi yang pengen belajar linux jangan coba nyentuh puppy… tak akan bisa berpindah ke lain distro… sekali lagi mantap deh…. aku dah tinggalkan 100% namanya windows… dah 1 tahun dan tak ada masalah dengan penggunaan puppy linux. “KASIH SEMANGAT KEPADA MEREKA YANG RAGU MAU MENGGUNAKAN PUPPY”

  55. saya habis nyoba puppy linux.. saya coba instal menggunakan usb flash menggunakan unetbootin.. awalnya saya coba menggunakan laptop lenovo udah berhasil dan cukup memuaskan, kemudian saya mencoba untuk laptop saya yang satunya asus juga berhasil…. saya iseng-iseng instalnya pake rufus setelah saya coba ke lenovo gak bisa masuk ada tulisan panic dll kemudian saya coba instal kembali menggunakan unetbootin dan saya coba booting kembali menggunakan lenovo dan hasilnya malah gk bisa sama ada tulisan panic not syncing dll. kemudian yang pake rufus tadi saya coba pake asus gak bisa juga, terus saya coba juga pake yang unetbootin ehh ternyata malah jd gak bisa juga….. kesimpulannya setelah dicoba booting yang menggunakan rufus terus gak bisa. mohon pencerahanya terimakasih😀

    • coba pake x-boot buat ngistal puppynya ke usb flash
      cara menggunakan x-boot coba cari digoogle aja y caranya mudah kok

      semoga membantu

  56. saya pakai puppy linux 5.2
    bila pertama kali pc booting langsung masuk ke OS puppy linux maka
    modem tak bisa connect ke internet,di hard info ada keterangan vendor=0x05c6 product=0x1000
    tapi bila masuk dulu ke OS windows lalu ke OS puppy linux bisa connect ke internet,di hard infonya ada keterangan vendor=0x05c6 product=0x6500

    ada perbedaan angka id product,dari 0x05c6 menjadi 0x6500
    modem baru bisa connect ke internet bila angka id product menjadi 0x6500.
    masalahnya adalah harus masuk dulu ke OS windows baru id product bisa menjadi 0x6500.
    apakah ada cara agar bisa mendapat id product 0x6500 tanpa harus masuk ke OS windows dulu?
    mohon solusinya,terima kasih

    • mungkin belum diketik perintah: eject /dev/sr1
      mungkin yang 0x05c6 itu modem masih sebagai cdroom virtual/usbmassstorage
      saya sudah tidak pake dual boot lagi… Puppy linux menjadi sistem operasi tunggal saya sekarang…

      • permisi gan ane dulu dulu juga pertama kali pake linux puppy 5.2 dual boot windows xp
        menurut ane ente gak perlu masuk ke windows dulu.
        begini :
        setelah boot puppy 5.2 ente akan masuk ke tampilan dekstop tunggu aja sebentar sekitar 1-2 menit
        disitu system lagi memproses modem anda untuk dikonfigurasi
        itu pengalaman yg ane dapetin dulu di puppy 5.2
        lalu connect seperti biasa lewat jendela wvdial

        kalo masih gak bisa juga atau bingung ?
        # saran ane coba ente upgrade pake puppy versi 5.6 atau 5.7 atau sekarang puppy 6 pun
        sudah ada karena modem ente akan langsung otomatis siap digunakan tinggal isi dial up username
        passwordnya di jendela wvdial. maka wuuss ente terbang ke internet dengan nyaman

        SEMOGA MEMBANTU

  57. Saya juga pake Puppy Linux 5.7.1 lebih mudah dari 5.2.8, sekarang saya sudah pake hasil remaster puppy sendiri dokumentasi selama pemakaian saya tulis di blog saya lebahlinux.blogspot.com

  58. saya baru pakai linux puppy, mantafff bgd,,, kecil kecil cabe rawit, , kemarin pake buat download file gede idm di windows bahkan kalah cepat….. sukses selalu

  59. info yg bagus , ijin nyimak

  60. Mengapa nic ethernet Realtek RTL8168 freeze tidak bisa terdeteksi dhcp di linux? saya menginstal dual OS ganda dengan linux puppy lxpup frugalmode. saya mencoba menghubungkan server dhcp pada windowz perlahan tapi bekerja dengan baik. Kemudian saya menghubungkan dhcp dengan linux lagi. Cara ini baru bisa dhcp-nya di Linux. Mengapa Pak?

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

