Verification dan Validation

Seringkali saya menjumpai istilah verification/verifikasi dan validation/validasi, baik dalam konteks desain produk maupun metodologi penelitian. Dalam konteks tersebut, validasi dapat diekspresikan dengan pertanyaan “Apakah Anda membangun sesuatu yang benar?” yang mengacu ke kebutuhan user, sedangkan verifikasi biasanya diekspresikan dengan “Apakah Anda membangun dengan benar?” untuk menguji bahwa spesifikasi secara benar diimplementasikan dalam sistem.

Dalam desain produk, verifikasi merupakan proses Quality control yang digunakan untuk mengevaluasi apakah produk, services atau sistem memenuhi/sesuai dengan regulasi, spesifikasi atau kondisi kerja yang diinginkan saat mulai fase pengembangan/produksi. Proses ini merupakan proses internal.

Sedangkan validasi merupakan proses penjaminan kualitas untuk mengumpulkan data-data yang menyediakan tingkat jaminan yang tinggi bahwa produk, layanan, atau sistem memenuhi semua requirement yang diprasyaratkan. Proses ini biasanya membutuhkan acceptance kelayakan dari end-user atau stakeholder lain. Jadi, validasi dilakukan setelah verifikasi yah?

Di metodologi penelitian, verifikasi dan validasi juga digunakan, misalnya saat evaluasi dan analisa data baik yang menggunakan teknik pengukuran, simulasi maupun analisis pemodelan. Verifikasi diekspresikan dengan pertanyaan “Apakah model dibangun secara benar?”, “Apakah matematik benar?” (model analisis) atau “Apakah model dikodekan dengan tepat?” (simulasi). Sedangkan validasi diekspresikan dengan pertanyaan “Apakah model secara akurat merepresentasikan kelakuan sistem yg menjadi perhatian?”, “Apakah modelnya benar?” (model analisis) atau “apakah ini simulasi yg akurat utk pertanyaan yg menjadi perhatian?” (simulasi).

Sumber:

  1. Wikipedia: Verification and validation
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: