Akses Internet CDMA2000 1x

Iklan televisi gembar-gembor bilang akses internet dengan tarif murah Rp. 1/kbit, baik operator GPRS (GSM) maupun CDMA. Tapi selama ini (pengalaman saya loh), tarif akses internet dari Smart lah yang paling jagoan. Dengan paket 3000 rupiah perhari, kita bisa bermain internet sepuasnya, tanpa khawatir overquota. Tarif volumenya juga murah, Rp. 0.275/kb. Jadi, kapan dibutuhkan tinggal klik konek saja.

Sampai saat ini saya masih menggunakan internet dari Smart Telecom. Perangkat yang digunakan untuk akses adalah dengan HP CDMA Nokia lewat bluetooth. Sayang, modem CDMA 2000 1x yang saya punya tidak bisa support smart dengan frekuensi 1800 MHz, sehingga HP lah yang saya gunakan (modem 3.5G EVDO? belum punya). Di laptop Puppy Linux, saya menggunakan wvdialer front-end untuk melakukan dialup ke jaringan CDMA 1x Smart. Dan berikut statistiknya.

Bandwidth yang didapat dengan konfigurasi perangkat tersebut lumayan untuk daerah cimahi pinggiran, berkisar 8-12 kbps untuk download dan upload (walaupun maksimal yang ditawarkan 153kbps). Bahkan pernah dibawa ke Senayan, bisa dapat sampai 25 kbps. Dengan speedtest.net untuk hari ini, didapatkan rate rata-rata 0.13 Mbps (download) dan 0.06 Mbps (upload). Kecil yah…😀, tapi lumayan. Bisa upload foto dan download datasheet. Hari ini, data dengan total lebih 40 Mbps (untuk download dan upload) telah lewat. Hitung dengan Rp.1/kb, harusnya habis 40ribu. Tapi dengan smart, pulsa hanya berkurang 3ribu rupiah, hemat kan😀

Jadi, kalau ada iklan yang gembar-gembor tarif internet murah, coba bandingkan dulu dengan smart.

4 Komentar to “Akses Internet CDMA2000 1x”

  1. Huhuy. Dapet pertamax! Hehe.. Mas, kayaknya cinta mati nich sama smart. Sayapun punya rencana membeli hp smart untuk internetan, tp berhubung rumah saya di bekesong ini engak dapet sinyal saya pake indosat dech. saya juga masih pake hp 3G, Lumayan kok, saya dapet max 120kbps donlot dan 60kbps uplot kl menurut speedtest (tp donlot file max 15kbps) tp indosat enggak enaknya gitu…. Sinyak bagus kl pagi aja. Siamg di tag sama “bos” kl…. hehe kita pengguna im3 gocengan yah cuman bisa pasrah…. goceng (5500 harga pulsanya) bisa 4jam ngenet dan max 200mb saya bisa abisin tuh benwith kl saya biasa lg jd “lecher” hehe :p

  2. Hehe.. Mas, kayaknya cinta mati nich sama smart. Sayapun punya rencana membeli hp smart untuk internetan, tp berhubung rumah saya di bekesong ini engak dapet sinyal saya pake indosat dech. saya juga masih pake hp 3G, Lumayan kok, saya dapet max 120kbps donlot dan 60kbps uplot kl menurut speedtest (tp donlot file max 15kbps) tp indosat enggak enaknya gitu…. Sinyak bagus kl pagi aja. Siamg di tag sama “bos” kl…. hehe kita pengguna im3 gocengan yah cuman bisa pasrah…. goceng (5500 harga pulsanya) bisa 4jam ngenet dan max 200mb saya bisa abisin tuh benwith kl saya biasa lg jd “lecher” hehe :p

  3. aku juga tertarik dengan internetan dari Smart, kendalanya hanya satu aku harus beli modemnya lagi padahal aku udah punya modem GSM…ya gagal deh mau beli Smart…tapi nanti mungkin beli bila duitnya cukup..he..

  4. Asslmlkum Mas, salam kenal. saya punya masalah dengan puppy nih, kenapa setaip kali saya colokan modem gsm kok setiap kali juga puppy jadi hang ya? ni puppy saya install di kompi jadul. Mohon solunya yahh….trim sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

