Online…

Kemarin RT/RW-net telah terpasang di perumahan kami. Bandwidth maksimal 1 Mbps dishare dengan 9 tetangga lainnya. Kabel ethernet cat5 ditarik dari switch ke tiap rumah. Hasilnya, akses internet yang lumayan cepat telah tersedia. Harga? mungkin tiap rumah iuran 100rb-an. Cukup fair, lah.

Bagi saya sih biasa saja, karena sebelumnya saya menggunakan akses CDMA 2000 1x (belum dapat EVDO) dari Smart Telecom dengan biaya yang terbilang murah Rp.3rb/hari unlimited.

Tapi, bagi bune dan Azizah ini luar biasa. Saat saya pulang dari lab, dengan antusias Azizah bilang kalau internetnya sudah dipasang. Dia menunjukkan kabel ethernet yang menjulur dari plafon di kamarnya. Bune menimpali, teknisinya tadi sempat mau mencoba dengan komputer rumah dan memberi saya kejutan (hahaha, dengan menulis komenter di blog ini). Hanya saja, dia kebingungan bagaimana cara menset konfigurasi jaringannya. Hehehe, maklum PC di rumah menggunakan Linux dan teknisi tersebut mungkin hanya mengerti Windows saja. Batal deh acara kejutannya.

Azizah merajuk ingin bermain internet malam itu juga. Hah? emangnya mau mencari apa. Dia mau lihat peta. Hahaha, saya tunjukkan saja http://wikimapia.org, melihat peta cimahi, rumah Azizah, dan sekolah Azizah TK Attaqwa.

Saya ingin menunjukkan video tentang robot favoritnya (hehehe, sekalian cek bandwidth). Dan video dari google dan youtube bisa diputar, walaupun patah-patah. Saat Azizah melihat video robot Honda Asimo yang berlari dan robot Sony yang menari, ia langsung ‘klik’. Kemudian, dia memutar robot Vortex VRAM yang bisa merayap di dinding. Mobil dari Lego juga tidak luput ia putar. Dan robot tangan untuk keperluan industri dan UAV juga mengundang keingintahuan Azizah. Wuih, hebat yah, gumamnya.

Rupanya Azizah keasyikan melihat-lihat video robot lewat internet, mulai dari robot Asimo, robot mobil, robot tangan (yang dipakai di industri). Entah apa yang ada di benaknya. Jam 12 malam telah lewat. Ia masih asyik, dan terpaksa harus saya hentikan. Besok ia harus bangun pagi dan sekolah.

Akhirnya sesi bermain internet hari itu selesai. Azizah sempat mengambek juga. Duh.

Sekarang akses internet ke situs mana saja dimungkinkan, yang seringkali berdampak buruk, terutama bagi perkembangan anak. Saya ingin memproteksinya. Bagaimana yah?

5 Komentar to “Online…”

  1. Huhuy… asiknya… saya mah belom ada tuh acara saweran ky gini…. Orang2 di komplek masih pada gaptek dan jadul… Ngemeng2 linux di komputer keluarga distro apa kang? Pake puppy juga?

  2. Oiya kl gak salah ada add ons khusus kok untuk ffox dimana bisa ngeblok situs dewasa. Trus kl gak salah ada browser khusus anak2 juga… Cuman saya lupa…. Google ajah… Hehehe

  3. Itu kl 1mb di bagi 9 orang, kebagian berapa kang (diukur dlm speedtest.net).

  4. Cuman dapat 0.62 Mbps untuk download dan 0.20 untuk upload

Tinggalkan Balasan

