Puppy “Humongous” Initrd

Saat membuat image Puppy Linux menggunakan puppy-unleashed, ada option untuk tipe initrd (initial ramdisk): apakah humongous atau standar, sehingga ada istilah humongous initrd dan standard initrd. Apa itu humongous initrd ini?

Humongous sendiri diartikan ‘of an extremely large size‘. Sehingga, humongous initrd bisa diartikan initrd yang sangat gemuk. Di initrd standar, hanya modul kernel dan aplikasi yang diperlukan untuk inisialisasi Linux saja yang diinstall (misalnya modprobe, mount, dll), sehingga ukurannya hanya sekitar 1-2 MB (setelah dikompress dengan gz). Setelah initrd dijalankan, sistem akan diswitch ke root filesystem yang sebenarnya (yang mungkin ada di persistent storage, mis. harddisk, compact flash, atau usb).

Di Puppy Linux, humongous initrd dibuat dengan memasukkan root filesystem (pup_*.sfs) dan image modul kernel (zdrv*.sfs) jika modul kernel tidak diinstall ke pup_*.sfs. Itulah mengapa initrd ini ukurannya menjadi sangat besar. Bisa saja besarnya 80 MB. Ini tidak masalah selama RAM komputer kita mencukupi, paling tidak 2 kali ukuran initrd.

Humongous initrd ini diperlukan dalam kasus misalnya menjalankan Puppy Linux lewat ethernet (network booting), dari komputer client ke server. Apa untungnya? Untuk warnet, lab komputer dan kantor, deployment komputer client bisa lebih murah, karena tidak lagi membutuhkan harddisk (atau storage lain) untuk menyimpan program/sistem. Sistem melakukan booting dan menjalankan image OS langsung dari jaringan . Selain itu, tidak perlu ribet lagi untuk menginstall software untuk tiap client, instalasi paket-paket software hanya dilakukan di server.

Berikut sekilas tentang sistem yang menggunakan booting lewat jaringan ini.

Di server, hanya terdapat image kernel vmlinux dan humongous initrd. Client menggunakan PXE client untuk booting lewat jaringan. Protokol PXE itu sendiri menggunakan server DHCP dan TFTP, sehingga daemon ini harus dijalankan di server (dnsmasq bisa berfungsi baik sebagai server DHCP maupun TFTP).

Komputer client meload vmlinux dan initrd ini lewat ethernet. Ia akan mencari (DHCP_DISCOVER) server DHCP dan mendapatkan reply DHCP_OFFER dari server. Begitu client menerima offer tersebut, client akan mendapatkan alamat IP dinamik. Kemudian akan mencari PXE image di server (file pxelinux.0) yang telah ditentukan oleh konfigurasi DHCP. Konfigurasi pxe di server diarahkan untuk meload kernel vmlinux dan initrd. Lewat tftp, client akan mendownload file-file ini dan menjalankan initrd.

3 Komentar to “Puppy “Humongous” Initrd”

  1. Ooo begitu toh … *pura2 ngerti😛 … Tapi itu dari server bisa diinstal os apa saja (bukan hanya puppy) kan mas (ke compi klien)? Atau gimana (baru ngaku enggak ngerti, hehe😀 )

  2. Oiya mas, saya punya temen penggila puppy linux juga, di http://riadyawan.wordpress.com . baru2 ini dia ngajarin bikin puppy tampilannya jadi seperti mac os

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: