Seamonkey versus Firefox

Browser internet Seamonkey dan Firefox keduanya dari keluarga Mozilla. Tapi manakah yang lebih baik (terutama untuk Puppy Linux)? Hehe, provokatif yah…

Selama ini saya bertanya-tanya kenapa official release dari Puppy Linux selalu menggunakan browser Mozilla Seamonkey (plus Mail and News, dan htmleditor). Padahal kesan saya, tampilan Mozilla default beserta manajemen fungsinya tampak jadul (kesan saya saja loh, saya belum eksplore untuk mengganti theme atau yang lain, original saja). Ada apa yah?

Bahkan selama ini saya selalu mengganti Seamonkey dengan Firefox sebagai defaultbrowser di Puppy Linux yang jalan di Laptop 2.4GHz saya. Firefox terbaru beserta plugins-nya (hanya ada flash player, gxine, svg yang digunakan juga oleh Seamonkey) terinstall dan berjalan sangat smooth. Begitu juga Seamonkey . Namun, saya lebih senang menggunakan Firefox.

Perbedaan mencolok keduanya terlihat saat mereka dijalankan di CPU dengan spesifikasi rendah, misalnya di komputer jadul saya yang 800MHz dan memori 256MB. Browsing dengan Firefox membuat program lain terasa lebih lambat daripada saat menggunakan Seamonkey.

Wah, ada apa nih? Saya coba ingin melihat memory dan CPU yang digunakan oleh keduanya dengan utility top. Keduanya menjalankan plugins yang sama (dari direktori shared). Addons terinstall di Firefox hanya Adsblock. Dan benar saja, Firefox menggunakan memori dan CPU lebih banyak. Pantas saja.

Mem: 241212K used, 9076K free, 0K shrd, 4752K buff, 77856K cached
CPU:  71% usr  28% sys   0% nic   0% idle   0% io   0% irq   0% sirq
Load average: 3.22 3.04 2.41 5/96 32763
PID  PPID USER     STAT   VSZ %MEM CPU %CPU COMMAND
23771 23761 root     R     236m  96%   0  23% /opt/mozilla.org/lib/firefox-3.5.2
18414 18401 root     R     110m  45%   0  19% /usr/lib/seamonkey-1.1.18/seamonke

Seamonkey jarang menggunakan memori lebih dari 50% dan CPU lebih dari 25%, sedangkan Firefox bisa sampai 96% memori dan 20-40% CPU saat merefresh satu halaman secara bersamaan.

Jadi ingin kembali ke Seamonkey lagi nih. Apalagi Seamonkey-2.0 manajemen fungsinya menggunakan platform internal seperti Firefox-3.5.4. Mudah-mudahan tidak mengubah kebutuhan resourcenya. Dengan performasi memory and CPU usage yang lebih kecil, saya pasti akan memilih Seamonkey walaupun Firefox diklaim sebagai browser tercepat.

8 Komentar to “Seamonkey versus Firefox”

  1. Untuk ‘tercepat’ sepertinya sudah dikalahkan sama Chrome mas. FF ringan kalau tidak pake Flash, kalau nendang Flash langsung membengkak itu pemakaian memorinya. Well, tapi itu di WindBlows se😀

    Ah, jd penasaran mau nyobain Seamonkey. Apakah Seamonkey ini lebih ringan daripada Chameleon?

    • Pernah juga mencoba wxChrome (Chrome terbungkus wine) di Puppy Linux. Jalan sih. Hanya saja kalau koneksi error, langsung exit sendiri. Mungkin installnya yang tidak benar, sehingga kalau ada connection exception langsung segfault. Nggak tau lah…

  2. Waduh, sampe 90 persenan tuh memokri 256MB di babat! Ckckck… habislah memorikyu di kompi jadul p3 jika dipakai surfing…😦 pantesan warnet2 masih pake versi 3.0 yah… Enggak pernah ngeliatin mesmori semenjak saya upgrade laptop saya jadi 2GB:mrgreen: *sombong mode on*

  3. udah nyoba swiftfox belom mas…

    • Belum nyoba. tapi nggak ah…. kira2 apa yah kelebihannya dari firefox official release?
      Kalau selintas sih, swiftfox bisa lebih gede ukurannya (space maupun memory requirement) dari firefox, karena optimasi saat kompile dengan –finline-functions.
      Gitu, mas…
      udah nyoba?

  4. Udah mas, tapi kl pake swiftfox kl komen di blog yg ada useragent viewernya, ubuntu jadi dibaca gnu/linux sama ketika saya pake chrome …😦 makanya saya pindah lagi ke firefox asli, khan saya mau gaya:mrgreen: maklum, masih nyubi… Jadi masih suka pamer, wekekek …:mrgreen:

  5. Ada lagi swiftweasel, firefox (fx) yang dioptimasi untuk linux.
    Swiftfox kan dibangun dari kode sumber fx tanpa branding dari OS. Memang generik jadinya. Sekalian untuk menghindari polemik lisensi nama dan branding fx resmi. Masalah hak branding itu juga yang membuat Debian GNU/Linux merilis IceWeasel yang dibangun dari kode sumber fx.🙂

    Chrome beta sudah ada di linux.

  6. lagi seneng pakai puppy nih. tapi gimana cara pasang printerku yang ip1980 canon. tolong mas diberikan prosedurnya yang detail. maklum baru aja pakai.

Tinggalkan Balasan

