Program xdvi untuk Puppy Linux

Sekali lagi tentang Puppy Linux nih….😀, dengan sistem yang didesain seminimal mungkin.

Kita tahu, bahwa di Linux, tersedia banyak pilihan paket software (terutama program front-end dengan GUI) untuk melakukan tugas yang sama, mulai yang berukuran besar sampai kecil. Misalnya, untuk program viewer pdf, kita kenal di Linux ada Adobe acroread, Xpdf, ocular, evince dan epdfview (evince tanpa gnome, yang digunakan di Puppy Linux). Kemudian untuk viewer postscript (ps) ada front-endnya sendiri, seperti gv, gsview, kghostview, dll. Kadang program front-end tersebut menggunakan shared back-end, seperti ghostscript untuk postscript viewer/converter. Seringkali bahkan program front-end tersebut menggunakan back-end sendiri. Sehingga terkadang, dalam sistem Linux kita banyak terdapat aplikasi, baik front-end dan back-end yang tidak ‘optimal’, yang memakan resource komputing kita. Di Puppy Linux, ini menjadi issue. Bagaimana Puppy Linux menghandle-nya?

Di Puppy Linux, aplikasi GUI yang terinstall adalah epdfview, program pdf viewer (besarnya hanya 157KB). Dan program tersebut sudah cukup untuk membuka file pdf, baik dengan indexing maupun tidak. Kemudian, bagaimana dengan viewer untuk dokumen postscript (.ps) dan dvi? Puppy Linux lebih banyak memanfaatkan program backend dan epdfview, daripada menginstall program GUI tersendiri untuk viewer tersebut.

Untuk viewer file postscript, dibuatlah wrapper gv, gsview (softlink dari gv), sebagai berikut:

#!/bin/sh
# /usr/bin/gv
# postscript viewer
 [ ! $1 ] && exit
 exec ps2pdf "$@" - | epdfview -

Simple yah. Skrip tersebut akan mengkonvert file ps menjadi file pdf, kemudian epdfview menampilkan file pdf yang dihasilkan. Program ps2pdf diperoleh dari paket ghostscript.

Yang lumayan repot adalah dvi viewer. Backend yang tersedia adalah dvipdf (atau dvips) untuk mengkonversi file dvi menjadi file pdf, bawaan dari paket texlive. Saya menggunakannya bersama Lyx untuk menampilkan output dvi dari file .lyx (.tex). Hanya, saja konversi dokumen lyx yang berisi gambar tidak serta merta dapat dilakukan. Perintah konversi dvipdf harus dijalankan dari direktori tempat file .dvi tersebut ada. Berikut skrip yang saya buat untuk xdvi:

#!/bin/sh
#/usr/bin/xdvi
FILENAME=`echo $* | tr ' ' '\n' | grep -ie ".dvi"`
[ "$FILENAME" ] || exit
DIRNAME=`dirname $FILENAME`
if [ -f $FILENAME ]; then
        cd $DIRNAME
        dvipdf `basename $FILENAME` - | epdfview -
fi

Dari Lyx, dvi output (hehehe, yang sudah dikonversi sih) dapat dilihat.

3 Komentar to “Program xdvi untuk Puppy Linux”

  1. mau tanya mas,
    saya pemula linux, di puppy itu bagaimanakah cara merubah single clik mouse menjadi double clik saat mengakses atau membuka program?

  2. bolehkah saya tahu alamat emailnya, kalau tidak keberatan saya ingin tanya lebih jauh tentang puppy ini. terima kasih. adhi.plp@gmail.com

  3. Boleh mas… ke e_d_w1a@at@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: