Mendeley Research Network

Saat jalan-jalan ke forum Puppy, saya menemukan pet file untuk Mendeley Desktop, sebuah program desktop jejaring sosial untuk riset😀. A-must-have program untuk diinstall nih…

Jejaring ini bisa diakses langsung lewat web browser maupun dari program MendeleyDesktop. Anda perlu signup login untuk bisa bergabung ke komunitas jejaring riset ini. Program MendelayDesktop ini juga bisa digunakan untuk mengorganisasikan paper/jurnal yang mungkin kita gunakan sebagai referensi dan citation di riset kita.

Untuk instalasi MendeleyDesktop di Puppy Linux, ikuti thread berikut.

2 Komentar to “Mendeley Research Network”

  1. salam, saya subhan, tinggal di jogja, bekerja sebagai pustakawan.

    saya tahu info ttg software ini di situs berita kompas

    http://edukasi.kompas.com/read/2010/04/08/14564338/Klik.di.Sini..Software.Gratis.Menulis.Research.Paper

    selain membaca keterangan di situs mendeley.com, saya googling untuk memperoleh info lebih lanjut, dan bertemulah saya dengan blog ini.

    sepertinya software ini sangat penting dan bermanfaat bagi pustakawan. saya masih berusaha memahami fungsi dan cara kerja software ini, karena berita di kompas tersebut belum cukup membuat saya paham.

    contohnya:

    (kompas) “sebuah software pendidikan yang bisa menempatkan dan mengolah semua dokumen riset Anda yang sudah diformat berbentuk PDF ke dalam daftar pustaka digital pribadi Anda.”

    apakah yang dimaksud dengan dokumen riset itu adalah dokumen-dokumen berupa artikel jurnal dan e-book yang kita miliki?

    apakah artikel berita dan makalah yg di-pdf-kan juga bisa dideteksi oleh software ini? mengingat berita-berita di media massa dan makalah juga sering dijadikan rujukan.

    lantas, apakah semua dokumen tersebut secara otomatis akan didata dan diurutkan oleh software ini menjadi sebuah daftar pustaka/bibliografi?

    bagaimana cara mengoperasikannya

    ***

    (kompas) “Software ini akan menghimpun semua file format PDF Anda untuk membuat Anda tidak perlu bersusah payah mencari, mengolah, serta mengutipnya saat diperlukan.”

    kemudahan seperti apa yg ditawarkan oleh software ini dalam hal menghimpun dokumen-dokumen rujukan berformat pdf tersebut, dibandingkan dengan misalnya saya yang mengumpulkan semua dokumen yang saya jadikan rujukan untuk satu kajian ke dalam satu folder khusus?

    ***
    mohon masukan dari mas eko

    salam

    subhan

    • Ada program mendeley desktop yang bisa dijalankan dari komputer kita, mas. Kita bisa membuat koleksi pustaka pribadi dan kemudian menambahkan sembarang file-file pdf baik paper, jurnal, e-book atau file pdf buatan sendiri ke dalam suatu pustaka. Mendeley akan menscan secara otomatis dan menyimpan (mengorganisasikan) file-file tersebut di lokasi direktori/folder lokal yang telah kita tentukan berdasarkan tahun keluar, pengarang, judul, jenis artikel. Kita juga bisa mengedit file-file pdf tersebut, baik menambahkan note, maupun highlight kalimat yang penting. Status read/unread juga bisa diset…

      Kalau kita punya account di mendeley, apa yang kita edit di lokal akan disinkronkan dengan pustaka kita di server mendeley, yang bisa dilihat lewat browser di komputer manapun.

      Satu lagi, kita bisa membuat file daftar pustaka bib dari koleksi yang kita punya dan dapat menyisipkannya di dokumen kita kalau diperlukan sebagai rujukan.

      Demikian mas Subhan.
      Salam dari Bandung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: