Install SIPp Web Front-end

Dua tahunan yang lalu, saya menggunakan SIPp langsung dari console (dengan menggunakan libncurses). Tampilannya sudah cukup memadai. Dengan SIPp tersebut, saya bisa menguji (stress test) kemampuan call-handling Asterisk IP-PBX dengan membangkitkan SIP call dari UAC ke UAS untuk mengetahui berapa concurrent call yang bisa ditangani, berapa call yang success/failed, apakah RTP bisa dilewatkan dengan kualitas yang masih bisa diterima dll.

Sekarang proyek SIPp sudah menyertakan front-endnya yang berbasis web sejak SIPp versi 3.1 (Dec 2008), bernama sipp_webfrontend_v1.2.tgz . Dokumentasinya bisa diikuti di sini. Front-end tersebut menggunakan php untuk web scriptingnya dan mysql untuk databasenya.

Di Linux uBuntu, yang diperlukan adalah web server, php5 dan mysql. Saya menginstall apache2 beserta modul apache-php5 (libapache2-mod-php5), php5 beserta modul php5-mysql (php5-mysql) dan mysql. Petunjuk instalasi ada di direktori source dari sipp_webfrontend.

SIPp front-end telah terinstall. Setelah login, tampilan berikut akan muncul. ‘New scenario’ dan ‘New test’ dapat dibuat. Apa yah yang bisa dilakukan oleh SIPp web ini dan bagaimana menggunakannnya?

Di bawah adalah tampilan SIPp di console.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: