Menggunakan Bibliografi di Lyx

Menyisipkan citation di artikel/paper menggunakan daftar/database bibliografi yang telah kita susun? Hmmm. Sudah seharusnya bila kita menulis artikel/paper dan mengacu ke suatu referensi yang telah dipublikasikan, kita wajib menuliskan citation yang tertuju ke referensi acuan di artikel kita. Kalau kita rajin membaca paper/jurnal (hehehe, saya lagi mencoba belajar), kita akan punya sekumpulan daftar pustaka yang mungkin akan kita acu di tulisan kita. Bagaimana memanaje daftar pustaka ini? Dan bagaimana cara kita menggunakan beberapa pustaka tersebut sebagai acuan?

Di internet, banyak sekali pilihan program GUI editor bibliografi untuk memanaje daftar pustaka ini. Beragam tipe pustaka disediakan oleh program-program ini mulai dari tipe buku, conference proceedings, journal paper, encyclopedia article, serta halaman web. Dan saya lebih memilih Mendeley beserta program desktopnya yang terinstall di Puppy Linux saya. Dengan program Mendeley desktop ini, selain saya bisa memanaje daftar pustaka pribadi, saya juga bisa sharing kumpulan pustaka dengan orang lain yang mungkin mempunyai fokus riset sama. Lihat http://www.mendeley.com/how-it-works/. Untuk membuat tulisan, saya bisa mengekspor koleksi pustaka ini ke dalam format bibtex untuk kemudian digunakan di program editor teks.

Untuk program editor teks, saya menggunakan Lyx, Latex GUI editor. Saat citation perlu disisipkan, file bibtex hasil eksport Mendeley akan digunakan. Di Lyx (versi 1.6), sisipkan daftar pustaka di akhir dokumen dengan klik menu Insert -> Lists / TOC -> BibTex Bibliography. Klik tombol Add untuk menambah BibTex database dan masukkan file bibtex kita. Untuk menyisipkan citation, klik menu Insert -> citation, dan pilih Citation yang tersedia. Lyx (latex) akan menangani citation ini, mulai dari penomoran dan daftar pustakanya. Mudah, yah?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: