Cacar Air

Azizah terkena cacar air.

Sejak hari Kamis, terlihat ruam kemerahan di perut Azizah, kemudian malamnya menjadi lenting berisi cairan dengan dinding tipis. Hari Jum’at masih sempat sekolah dan kegiatan hari itu adalah senam. Pulang sekolah, Bune menelpon lentingnya bertambah di tangan dan leher. Persis seperti cacar air atau varicella.

Memang hari-hari sebelumnya Azizah agak demam, pilek dan sempat mengeluh pegal-pegal di sendi kakinya. Benar saja, saat Sabtu pagi diperiksa ke poliklinik bagian kulit di RSU Cibabat, Azizah dinyatakan terkena cacar air. Suasana santai saja, bu dokter mengajak dialog Azizah sambil memeriksa. Untuk pengobatan, kami diberi resep 3 obat: anti-virus Valvir (Valaciclovir 500mg, 15 butir), antibiotik Amoxan 250 (Amoxicillin 250mg) dan bedak Salicyl untuk mengurangi gatal-gatal. Tablet Valvir mahal tuh, 15 biji Rp225rb. Ada obat generiknya, Asiklovir, tapi saya tidak tahu berapa harganya.

Azizah dianjurkan tetap mandi untuk membersihkan kuman yang mungkin bisa menyebabkan infeksi bakterik sekunder, yaitu infeksi pada kulit yang sudah sakit atau rusak. Setelah itu, dihanduk pelan-pelan.

Yang perlu diperhatikan adalah jangan menggaruk lenting cacar air, sehingga pecah, karena akan meninggalkan bekas yang sukar hilang. Memang gatal, dan untuk mengurangi rasa gata diberikan bedak. Biarkan lenting tersebut mengering membentuk keropeng (krusta) yang akan terlepas dan meninggalkan bercak di kulit yang lama kelamaan akan pudar dan tak berbekas lagi.

Untungnya Azizah nafsu makannya bagus. Selain itu gemar makan sayur dan minum jus buah. Hehehe, kemarin saja mampir ke Venus untuk menghabiskan pizza dan segelas jus jeruk. Minum obat juga tidak ‘rewel’. Mudah-mudahan saja cepat sembuh.

O iya, Varicella ini merupakan penyakit virus yang menular, baik lewat kontak langsung, maupun tidak langsung (selimut, baju). Saya dan Bune sudah pernah kena, Azzam? Sementara Azizah tidak main dulu dengan Azzam. Perlu perhatian ekstra ke mereka berdua, nih..

One Comment to “Cacar Air”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: