Bermasalah dengan Yahoo! Messenger

Sudah hampir 4 hari, program YM client tidak bisa terkoneksi ke server Yahoo, baik menggunakan Ayttm maupun Pidgin. Padahal sebelumnya chatting tidak ada masalah. Terpaksa saya login dengan menggunakan Meebo dari browser Firefox. Kadang juga dari http://id.webmessenger.yahoo.com/. Hanya saja, terasa kurang nyaman, yah. Tadinya saya menduga servicenya tidak bisa nembus proxy di kampus, tapi login dari rumah pun tidak bisa. Jadi, kemungkinannya adalah server Yahoo-nya sedang ‘bermasalah’, sehingga solusinya cari ‘mirror’ server lain yang bisa digunakan.

Di Puppy Linux 4.31, program client default untuk chat adalah Ayttm (versi 0.6.0-9). Server Yahoo dapat diset dari menu Edit->Preferences. Di tree Services->Yahoo, terdapat textEdit Pager Server. Field ini yang perlu diedit. Setting default di Puppy Linux, Yahoo service menggunakan scs.msg.yahoo.com sebagai pager servernya. Edit server ini menjadi cn.scs.msg.yahoo.com. Client bisa login dan YM pun bisa digunakan. Untuk program client lainnya, solusi ini pun saya pikir bisa digunakan: edit pager servernya.

Hehehe, rupanya Yahoo! belum meng-unified sistem messengernya yah? Seperti satu single entry system yang kemudian mendistribusikan request ke server-server mirrornya.

Iklan

One Comment to “Bermasalah dengan Yahoo! Messenger”

  1. memang kita (linuxer) harus sabar ngdepin si-nyahoo!!! yang suka plin plan pake server.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: