Archive for ‘Gendhu rasa’

Juni 23, 2010

Seberapa Cepatkah Internetmu?

Penasaran dengan leletnya internet dalam mengakses situs authorstream untuk melihat file-file presentasi, saya coba test koneksi dengan speedtest.net dari Bandung ke server Singapura. Hasilnya: ping 492ms, download 0.32Mbps, dan upload 0.15Mbps. Koneksi dengan RTRW-net dengan speedy paket 700rb (1 Mbps?). Wajar nggak sih?

speedtest result

speedtest result

Juni 13, 2010

Tagihan Telepon Rumah Membengkak

Penasaran juga bagaimana PT. T*lkom sebagai satu-satunya operator telepon kabel di Indonesia menghitung tagihan telepon rumah dan melayani pelanggannya.

Tagihan telepon rumah bulan April lalu melonjak. Kalau sebelumnya hanya sekitar 70rb-an (64,8rb) sekarang lebih dari 100rb. Tidak pernah sejak pasang telepon 2009 silam, tagihan lebih dari 70rb. Duh, biayanya buat apa saja sih? Sepertinya pemakaian juga jarang, tidak ada yang berlebihan, karena memang males nelpon dengan telepon kabel ini, nggak bisa ngecek berapa sih yang tarifnya. Kalau dilihat, tagihan ini hampir sama dengan tagihan listrik yang ‘hanya’ 110rb perbulan dengan pemakaian 24-jam full non-stop (kecuali aliran mati), yang selalu diprotes kalau ada rumor tentang kenaikan TDL. Ini T*lkom ‘luar biasa’ yah, bisa meraup laba yang WOW, tanpa perlu berhadapan langsung dengan publik.

Sebenarnya ada satu yang istimewa bulan lalu. T*lkom mengadakan program yang akan membebaskan biaya abonemen. Heh, masih ada abonemen yah? Ya iya lah, 32.5rb perbulan harus dikeluarkan pelanggan untuk biaya abonemen. Program ini membebaskan pelanggan dari biaya abonemen. Masa sih? simak dulu yah.

read more »

Juni 3, 2010

Deadlock!

Seperti biasa, jam 17.30 saya mulai beranjak untuk pulang. Dari lab Desain ITB ke Cimahi, seringkali ditempuh selama 45 menit menggunakan motor, sehingga diperkirakan akan sampai rumah jam 18.15. Tapi perhitungan saya meleset.

Saat menuruni tangga dari lab desain di lantai 4, listrik di PAU mendadak padam sewaktu saya baru sampai di lantai 2 (Hiiii, serem). Bukan itu! Tidak ada yang istimewa, kok. Biasa, ada pemadaman listrik. Aliran listrik di ITB mati, pun demikian dengan aliran di daerah sekitarnya sperti biasanya. Termasuk tamansari.

Dan benar juga, sepanjang jalan Tamansari, lampu di toko, fotokopi, warung kaki lima, padam. Lebih parah lagi, lampu lalu lintas pun ikut mati. Nah, ini yang seru.

Bisa dibayangkan jam segitu dapat dikatakan jam sibuk pulang kerja, baik dari arah barat (Pasteur dan Cihampelas), dari utara (ITB, Cisitu, Siliwangi), dari timur (Dago), maupun dari arah selatan (unisba, diponegoro). Semua menyatu di satu titik di perempatan bawah jembatan layang, baik yang bersepeda motor, pakai mobil maupun angkotan. Parahnya lampu lalu lintas yang mengatur giliran lewat, mati! Duh.

Lalu lintas deadlock. Tidak ada yang bisa bergerak. Di tengah jalan mobil-mobil saling berhadapan tidak ada yang mau mengalah untuk memberi jalan. Sepeda motor pun yang biasanya dengan sigap mencari celah, tidak bisa berkutik. Deadlock!. Klakson saling bersahutan. Sesekali sepeda motor mencoba mencari celah, walaupun harus kena omelan pengemudi mobil. “Dilarang beli premium, baru tahu rasa lu!”, mungkin itu yang terucap (su’udzon aja nih, nggak ding, itu hiperbolik aja).

read more »

November 21, 2009

Buat para perokok, nih….

Sudah nggak ngerti lagi nih bagaimana bilangnya.

Kini, semakin banyak pecandu rokok yang sudah tidak punya toleransi lagi. Mereka merokok seenaknya di tempat umum, di halaman masjid, lingkungan kampus, tempat makan, terminal, stasiun, bahkan di halaman sekolah taman kanak-kanak dan ruang tunggu rumah sakit, duh. Ancaman dalam peraturan daerah bahkan fatma haram merokok tidak mempan bagi pecandu tersebut.

Uniknya, semua perokok pasti tahu resiko bahaya merokok, dan mereka mengambil resiko tersebut. Dan mereka pun pasti tahu, bahwa perokok pasif mempunyai resiko yang sama bahkan lebih bahaya dari perokok itu sendiri. Dan itu tidak mampu melemahkan nafsu mereka untuk tetap merokok. Jadi, harus gimana lagi nih?

Barangkali satu hal yang harus disadari oleh perokok di sembarang tempat adalah bahwa anak-anak, istri, teman dan orang lain, para perokok pasif di sekeliling Anda, telah terdholimi (teraniaya). Dan, doa orang-orang terdholimi tersebut akan dikabulkan oleh Tuhan. Doanya bisa baik dan bisa juga buruk. Kira-kira apa yah doa yang mereka panjatkan untuk Anda perokok yang dengan sengaja mendholimi mereka (dan tanpa rasa bersalah)?

Saya yakin Anda perokok adalah orang yang beriman tentang hari akhir. Jadi, pertimbangkan kembali kalau Anda akan merokok di muka umum karena bisa jadi perokok pasif di sekeliling Anda mendoakan keburukan bagi Anda. Segala pahala kebaikan Anda dilimpahkan kepada mereka, dan segala dosa kejelekan mereka ditimpakan kepada Anda. Apalagi yang tersisa. Siap untuk menanggungnya?

November 6, 2009

Tidak Bisa Tidur…

Duh, sampai larut malam ini, masih tidak bisa tidur.

Sedang apa, sih? sedang mengikuti rapat komisi III DPR dengan Polri šŸ˜‰

September 17, 2009

SK Depag untuk Kanwil Jateng Telah Turun

Setelah penantian panjang menunggu SK sekitar hampir 10 bulan sejak dinyatakan lulus dalam tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Depag periode lowongan tahun 2008, kini mereka para CPNS mulai tersenyum lega. Surat Keputusan pengangkatan mereka menjadi PNS dari Departemen Agama mulai turun untuk beberapa Kanwil. Di Kanwil Depag Jawa Tengah, SK telah diserahkan ke yang bersangkutan, yang diambil di kantor Kanwil melalui undangan. Beberapa daerah juga sepertinya sudah turun, seperti di Riau yang pertama kali, Jawa Barat, dan mudah-mudahan daerah lain juga akan turun segera.

SK tersebut merupakan kado terindah menjelang lebaran ‘Idul Fitri tahun 1430H ini bagi Adik saya, yang mendaftar sebagai CPNS Depag di formasi guru bahasa daerah. SK untuk mengajar di MTs Negeri di Tegal telah diterimanya. Dan itu sangat berharga baginya. Alhamdulillah. Terima kasih. Selamat mengajar yah.

Selamat juga bagi yang lain yang telah menerima SK pengangkatannya menjadi PNS di lingkungan Depag. Selamat mengabdikan diri dan ilmu Anda untuk mendapatkan ridho Alloh dengan mewujudkan kemaslahatan umat.

:: salam dari Cimahi ::

Tag: ,
Agustus 29, 2009

Lima Tahun SK Depag Belum Keluar?

Sungguh ikut merasa trenyuh, melihat harapan yang mengambang dari para CPNS Departemen Agama (Depag) ini yang telah dinyatakan diterima dalam tes penerimaan pegawai negeri sipil sejak tahun 2005, namun SK pengangkatan belum juga keluar. Ditengah kegamangan terbitnya SK tersebut, mereka harus menghidupi keluarga dan anak-anaknya.

Dan mereka masih berharap. Siapa yang bisa mendengar harapan hidup mereka?

Beda lagi dengan calon CPNS yang dinyatakan lulus dalam tes lowongan tahun 2008. Akankah mereka juga harus mengalami hal tersebut, menunggu hingga waktu 5 tahun atau selamanya? Di provinsi Riau, SK sudah terbit untuk 200 CPNS 2008. Di daerah lain, belum. Dan tidak ada sinyalemen resmi kapan akan keluar. Forum di website ropeg (biro kepegawaian) Depag pusat dan kanwil tentang hal ini ramai, tapi tidak ada tanggapan sama sekali (atau berarti websitenya tidak efektif/manfaat yah?). Kalau Riau sudah terima SK, berarti sekarang bolanya ada di Kanwil Depag masing-masing. Ayo dong ropeg Kanwil, jangan gantung harapan mereka. Beri mereka kejelasan (red: salah satunya adik saya di Jawa Tengah)

Tag: , ,
Juli 19, 2009

English yang Katro

Jangankan ngomong Inggris, menulis pun berlepotan. Katro. Tapi jika pendengar bisa mengerti maksud yang diucapkan, beres (sambil berharap lawan bicara toleran, hahaha). Dan jika pembaca bisa mengerti apa yang dituliskan, habis perkara… hehehe. Paling dimesemin. Jadi, maju terus sambil terus memperbaiki.

read more »

Tag:
Juli 11, 2009

Kondisi Jalan di Jalur Pantura

Kira-kira bagaimana yah kajian ketahanan jalan raya di Pantura? Kok belum setahun diperbaiki, sudah banyak bergelombang.

Berkunjung dari Cimahi ke rumah orang tua di Tegal minggu lalu, memberikan banyak pengalaman. Berkendara sendiri menggunakan mobil Civic’76 bersama Bune dan Azizah, memberikan keasyikan sendiri (dan juga ketegangan!). Lewat jalan tol ke Cileunyi, Jatinangor, Sumedang dan Majalengka dilewati dengan nyaman. Jalanan berkelok dan menurun tajam saat mulai masuk ke Tanjung sari, cadas pangeran, Tomo. Tapi, nyaman, jalan halus.

Begitu, keluar dari kota cirebon, masuk ke kab. cirebon. Ketidaknyamanan mulai kami rasakan. Berkendara sedan, dengan suspensi seadanya, kondisi jalan bergelombang sangat terasa. Jalan pantura di kab. Cirebon, Brebes dan Tegal penuh dengan lubang, belum lagi jalan ambles sehingga bergelombang. Lengkap sudah, dah.

Waktu lewat, jalanan ini sedang dalam perbaikan, mungkin untuk persiapan jalur mudik Lebaran 2009. Kayaknya hampir setiap tahun, ada proyek pengerjaan jalan Pantura. Jalan yang tadinya mulus tidak tahan lama. Kita pun tahu berbagai jenis kendaraan melintas di jalur Pantura ini, mulai dari kendaraan ringan sampai kendaraan berat (mis. truk trailer). Tapi cukup pula menimbulkan pertanyaan, ada nggak sih desain jalan utama yang bisa bertahan lama dan tahan terhadap kendaraan berat?

Juli 8, 2009

Masih Banyak yang Resah, Kapan yah SK Depag Turun?

Banyak cerita saat pulang berlibur minggu kemarin bertemu orang tua ke Pangkah, Tegal. Di antaranya adalah tentang belum turunnya SK pengangkatan CPNS Depag tahun 2008. Kiranya hanya adik dan rekan-rekan lainnya yang dinyatakan telah lulus dalam lowongan formasi guru di lingkungan Depag Kab Tegal saja yang belum turun SKnya. Ternyata, memang dari Depag Pusatnya belum turun.

Apa yang membuat mereka resah?

read more »