Archive for ‘Keluarga bahagia’

Juni 6, 2010

Empal Gentong

Empal Gentong (detik)

Empal Gentong (detik)

Sungguh, ini tidak ada hubungannya dengan Linux 🙂

Tumben nih topiknya tentang masakan: empal gentong asli Cirebon. Ini bentuk apresiasi saya untuk Bune yang telah menghidangkan masakan yang lezat. Baru pertama kali saya makan hidangan empal gentong beneran, biasanya sih cuman makan I*domie rasa empal gentong saja. Dan yang ini, beda, yammi kata Azizah.

Sebenarnya hidangan empal gentong ini untuk ibu-ibu arisan sabtu kemarin saat kami ketempatan.

Ide membuat empal gentong, katanya sih terinspirasi saat resepsi pernikahan di tempat saudara. Ada stand yang menyediakan empal gentong yang eunak.

Nah, dari situ, mulailah Bune mengumpulkan resepnya. Browsing di internet beberapa resep membuat empal gentong diperolehnya, di antaranya dapur bunda, resepmasakanmu.com, inilah.com dll.

Setelah dirasa cukup ilmunya, bahan-bahan dan bumbu mulai disiapkan. Lontong ukuran besar mulai dipesan. Dan di hari Sabtu itu, masakan empal gentong dihidangkan. Hmmm, yammi :D. Terima kasih, bune.

Iklan
Agustus 22, 2009

Ayo Berpuasa Romadhon

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. (QS.Al-Baqarah 2:183)

Berpuasa di bulan romadhon bagi orang-orang yang beriman bertujuan untuk mencapai derajat Taqwa, yaitu imannya senantiasa aktif membentuk dirinya, sehingga dia tetap istiqamah (konsisten) dalam beribadat, berakhlaq mulia dan terjauh dari segenap dosa dan maksiat. Senantiasa berpegang kepada AlQuran dan Assunah dalam kehidupannya. Di bulan ini, Al Quran diturunkan kepada Rosululloh SAW, sebagai petunjuk bagi segenap manusia.

Puasa ini wajib. Keringanan diberikan kepada orang yang sakit atau dalam perjalanan, dengan menggantinya berpuasa di bulan lain. Orang-orang yang tidak mampu berpuasa, dianjurkan untuk membayar fidyah, memberi makan orang miskin.

Hari ini, kami sekeluarga, alhamdulillah, telah berpuasa. Azizah (5,5th) tidak mau ketinggalan. Saat sahur, Azizah ikut bangun dan makan sahur jam 3.30 WIB. Kemudian berpuasa, tidak makan tidak minum, sampai adzan Dzuhur untuk berbuka. Dan dilanjutkan lagi berpuasa sampai adzan Maghrib tiba. Selepas berbuka puasa bersama, ikut sholat maghrib berjamaah. Azizah sangat antusias menjalankannya.

Ayo, kita menjaga shaum kita untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita.

Agustus 3, 2009

Kring…

Kring… Tersambung sudah, telepon kabel di rumah.

Sejak hari Jum’at lalu telepon kabel rumah telah tersambung. Setelah hampir setahun menunggu, akhirnya sambungan telepon dapat terlaksana. Ini berkat usaha para warga kompleks perumahan graha alamanda cibeber cimahi, terutama pak ertenya :).

read more »

Juli 30, 2009

Seputar Flu Babi

Penyebaran flu babi (swine influenza) oleh virus H1N1 yang demikian cepat, cukup mengkhawatirkan juga. Penyebaran dari manusia ke manusia lewat media udara menyebabkan flu ini harus diwaspadai. Ditambah lagi
kondisi cuaca yang tidak menentu (panas, dengan angin kering) menjadikan kondisi tubuh bisa drop. Batuk, flu, dan demam kerap menerpa.

Waspada saja. Kenali gejala/tanda flu ini.

Juli 16, 2009

Hari Pertama Sekolah

Kamis ini, hari pertama Azizah sekolah di kelas besar TK Attaqwa Cimahi setelah libur selama 2 minggu. Masuk sekolah jam 7.30 pagi, dan dimulai dengan apel pagi :). Di kelas ini berkumpul teman-temannya waktu di kelas kecil (A1) dan kelas A2.

Sebenarnya siswa baru TK Attaqwa tahun ajaran 2009/2010 mulai masuk sejak hari senin lalu. Masa orientasi dilakoninya. Azizah siswa lama, jadi tidak perlu ikutan.

Selamat menuntut ilmu yah, Nak. Semoga Alloh memberikan ilmu yang bermanfaat dan memberikan pemahaman kepadamu

Juli 15, 2009

Lari Pagi Keliling Kompleks

Pagi ini mulai membiasakan diri untuk lari pagi keliling kompleks perumahan, Graha Alamanda Cibeber-Cimahi. Sudah lama tidak berolahraga pagi. Walaupun setiap senin bermain futsal bareng teman-teman dalam liga futsal DSP-CDM, lari kali ini cukup membuat kaki sedikit kram. Baru 3 kali keliling, paha mulai ‘keju’. Napas sih masih oke. Akhirnya, acara lari pagi disudahi 4 keliling saja.

Moga berlanjut besoknya, menjadi kegiatan rutin. Azizah mau turut serta dengan naik sepedanya.

Tag:
Juli 15, 2009

Pasang Telepon Rumah Kabel Baru (Telkom)

Tiang Telepon Terpasang (c)2009 Azizah Khoirunnisa

Tiang Telepon Terpasang (c)2009 Azizah Khoirunnisa

Jalur kabel telepon dari Telkom mulai masuk ke perumahan kami, Graha Alamanda Cibeber-Cimahi. Walaupun menggunakan teknologi lama, warga perumahan menyambutnya dengan gembira. Tiang untuk kabel sudah dipancangkan. Tinggal menunggu menarik kabel sampai ke rumah warga.

Semula keluarga kami tidak antusias untuk pasang telepon ini. Ketidakjelasan biaya bagi sambungan baru (seperti yang kerap dikeluhkan), mulai dari biaya pemasangan baru, biaya abonemen, tarif percakapan lokal sampai SLJJ dengan zona-zonanya, membuat tawaran layanan ini tidaklah menarik lagi. Tidak ada situs resmi yang menjelaskan tentang tarif ini, mungkin karena memang hanya telkom satu-satunya yang menyediakan telepon kabel ini. Baru setelah mulai beroperasi, pelanggan bisa melihat daftar tagihan beserta rinciannya: abonemen, biaya panggilan. Sekarang abonemen berapa yah? tarif telepon lokal permenit berapa? interlokal permenit?

Walaupun demikian, saat tiang dipancangkan di seberang rumah, terprovokasi juga, hahaha. Jadilah, pesan satu nomor baru. Pertimbangannya hanya satu: rumah dengan telepon kabel nilainya bisa lebih tinggi. Benar tidak yah?

Telepon kabel ini nanti dimanfaatkan buat apa yah, selain menelepon? Sebanding tidak yah nilainya dengan biaya yang nanti harus dikeluarkan untuk telepon yang satu ini.

Juni 19, 2009

Bune Pengen Buah Mangga

Sejak kemarin, Bune selalu tanya, “Mas, di jalan sudah ada yang jualan mangga nggak?”. Sepanjang jalan, terutama di Cimindi dan Leuwigajah memang berjejer para penjual buah. Dan sekarang mungkin mulai masuk musim mangga, sehingga biasanya buah mangga akan menggunung di kios atau lapak penjual buah, mulai mangga dremayu, arum manis, dll.

Semalam waktu pulang dari lab, mencoba melirik ke pinggir jalan untuk melihat apa ada yang jual mangga. Nggak ada, tuh. Laporan aja ke Bune, belum ada yang jual, hehehehe. Rupanya tadi pagi, ada yang keliling kompleks menjajakan buah mangga. Kontan saya, Bune beranjak memanggil penjual buah, “Mang, berapaan?”. “Sekilo tuju ribu, bu”. Masih mahal yah. Akhirnya beli 2 kilo. “Ini maunya dhedhe, je..”, kata Bune bercanda sambil mengelus perutnya. Hehehe, ada-ada saja.

Emang sudah musim mangga yah?

Juni 5, 2009

Ketika Azizah Menangis

Azizah menangis. Tadi siang saat belajar naik sepeda roda dua, dia terjatuh dan kakinya sedikit lecet (sebenarnya hanya kulit luarnya / ari? yang agak mengelupas). Malamnya, saat hendak mengantar Bune periksa ke dokter, dia cuci kaki dan tanpa sengaja air yang diguyur mengenai lukanya. Dia menangis menghampiri saya.

Bune berujar, “Azizah nggak pernah nangis kalau bapak sedang di kantor”. “Saya terlalu memanjakan Azizah, sehingga Azizah lekas cengeng”, lanjutnya. Azizah sebenarnya anak yang tegar, tahan sakit. Asal dimotivasi, dia tidak takut disuntik untuk diambil sampel darahnya, diberi obat merah saat kulitnya luka. Bahkan, pernah saat demam tinggi dia tak menangis, hanya berujar pengen minum obat turun panas, duh.

Sehingga saya pikir nangisnya kali ini, mungkin ada sebab lain atau bahkan latah ikut-ikutan temannya. “Azizah kenapa?”, tanya saya menyelidik. “Perih”, jawabnya sambil terus menangis. “Coba sini Bapak lihat”. Dia menangis tambah keras, “Tidak mau”. Dengan sedikit bujukan, akhirnya saya bisa melihat kulit di bawah betisnya agak mengelupas dan basah seperti kena air. Ooo, ini dia sebabnya. Setelah dilap dengan tisu, dia pun akhirnya berhenti menangis. “Azizah nggak boleh menangis lagi yah, kalau sakit bilang sakitnya dimana. Kalau hanya nangis saja, sakitnya nggak bakal hilang.” Nangis nggak nangis rasa sakitnya sama, yang penting harus segera diatasi.

Tag:
Juni 3, 2009

Super Azizah… :)

Rasanya bahagia sekali, saat bisa menjalani hidup penuh warna bersama sang buah hati, Azizah. Ikut menjadi bagian dalam tumbuh kembangnya merupakan satu anugrah yang sangat besar bagi kami.

Azizah telah menjalani Munatsaqoh semester akhir di sekolahnya, TK At-Taqwa, salah satu TK yang cukup besar di Cimahi, dengan 2 kelas playgroup, 2 kelas TK kecil dan 4 kelas TK besar. Azizah saat ini duduk di TK kecil. Munatsaqoh yang diadakan selama minggu mengujikan materi kognitif (calistung), kreativitas, hapalan dan bahasa Inggris. Hahaha, tidak seperti saat kita TK dulu yah…

Semalam, dengan muka berbinar, Azizah seperti tidak sabar memperlihatkan hasil ujiannya yang telah dibagikan saat saya sampai di rumah. Dibukanya lembar demi lembar kertas ujiannya lengkap dengan nilainya. 100, 100, A, A very good. “Wow, Azizah pinter uey. Ini hebat, mbak. Alhamdulillah.”, saya memujinya. Azizah terlihat senang sekali. Dia berbisik sambil merajuk,”Azizah dikasih hadiah yah….”. Hahaha, “InsyaAlloh. Azizah yang milih hadiahnya, yah”. Ok. Super Azizah… 🙂