Mengaktifkan VPN Client di LinuxMint

Saya ingin mengakses jaringan privat Undip menggunakan komputer LinuxMint Maya (menggunakan basis Ubuntu Precise). Server yang melayani VPN di jaringan privat tersebut menggunakan OpenVPN. Seperti halnya distro ‘turunan’ Ubuntu lainnya, paket software openvpn ini belum terinstall secara default. Berikut langkah-langkah untuk menginstall paket software openvpn di LinuxMint Maya, sehingga kita dapat menggunakannya untuk mengakses suatu jaringan privat yang menggunakan program openvpn.

Paket yang perlu diinstall adalah network-manager-openvpn, sebagai klien vpn. Paket ini tersedia di repositori ubuntu precise (Anda bisa menggunakan daftar repositori dari http://jaran.undip.ac.id/ubuntu).
Continue reading “Mengaktifkan VPN Client di LinuxMint”

Instalasi VirtualBox dan Ekstensionnya di LinuxMint Maya

Anda mungkin ingin menjalankan suatu sistem operasi (OS) di atas OS yang sedang berjalan, misalnya menjalankan OS Windows di atas Linux Ubuntu (dan turunannya) atau sebaliknya. Anda akan butuh program virtualisasi (driver, hypervisor dan perangkat programnya). Linux Ubuntu (atau LinuxMint atau yang lainnya) sebagai OS host, sedangkan Windows sebagai OS guest. OS guest dijalankan di atas mesin virtual (VM, virtual machine) yang dibangkitkan oleh hypervisor di OS host.

Salah satu tujuan menggunakan virtualisasi bagi kita adalah untuk mencoba (baca: belajar) tentang OS lain agar lebih familiar namun belum ingin menginstallnya ke komputer, atau mungkin untuk portabiliti program-program agar berjalan secara native. Program VirtualBox akan menyediakan solusi untuk hal tersebut.

VirtualBox menyediakan solusi virtualisasi untuk mesin x86, yang artinya hanya bisa berjalan di komputer dengan prosesor berarsitektur x86, seperti prosesor AMD dan Intel x86. Berikut cara instalasi VirtualBox dan paket lainnya yang diperlukan di LinuxMint (Maya).
Continue reading “Instalasi VirtualBox dan Ekstensionnya di LinuxMint Maya”

Masalah yang Mungkin Timbul Saat Membakar Data ke CD/DVD

Mungkin Anda pernah mencoba untuk melakukan backup data ke CD/DVD dan menemui masalah saat membakarnya ke media tersebut. Program pembakar CD/DVD (burner) menyimpan file dan direktori data tersebut ke dalam CD menggunakan format image ISO (isofs). Beberapa masalah timbul, misalnya saat nama file terlalu panjang (lebih dari 64 karakter) yang akan menjadi masalah di kompatibilitas Windows. Masalah lainnya adalah saat nama file data mengandung ‘kata’ %20, yang merupakan kode ascii dari spasi (‘ ‘). Program pembakar akan memunculkan error. Bagaimana mengatasinya? Berikut solusinya.

Saya menggunakan Linux Ubuntu 12.10 dan Brasero sebagai program pembakar CD/DVD. Dua masalah tersebut muncul. Yang pertama terkait nama file yang terlalu panjang dan adanya file yang namanya mengandung ‘kata’ %20.
Continue reading “Masalah yang Mungkin Timbul Saat Membakar Data ke CD/DVD”

Sosialisasi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) 2013

Program Mahahasiswa Wirausaha (PMW) ini memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk merintis wirausaha sejak dini. Bagi mahasiswa Undip (khususnya prodi Siskom), semoga ini bisa dimanfaatkan.

PMW sendiri ini merupakan program Dikti sejak tahun 2009. Program ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap atau jiwa wirausaha (entrepreneurship) berbasis Iptek kepada para mahasiswa agar dapat mengubah pola pikir (mindset) dari pencari kerja (job seeker) menjadi pencipta lapangan pekerjaan (job creator) serta menjadi pengusaha yang tangguh dan sukses menghadapi persaingan global.

Untuk mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan PMW ini, Undip akan mengundang mahasiswa untuk mengikuti sosialisasi mahasiswa wirausaha (PMW) 2013. Kegiatan akan diselenggarakan hari Selasa, 9 April 2013 mulai jam 08.30 di gedung Prof. Soedarto Kampus Undip Tembalang. Kegiatan ini ditujukan bagi mahasiswa minimal semester 3 dan berminat untuk berwirausaha. Khusus mahasiswa Fakultas Teknik, pendaftaran menjadi peserta sosialisasi dapat dilakukan lewat BEM FT Undip sebelum tanggal 3 April 2013.

Jadi, bagi para mahasiswa, manfaatkan yah program ini..

Pedoman PMW 2013 dapat didownload di sini.

Konfigurasi Jaringan di Centos

Saya ingin berbagi sedikit tentang cara mengkonfigurasi jaringan di Linux Centos (dan distro turunan Redhat lainnya). Konfigurasi jaringan tersebut meliputi:

  • nama host (hostname)
  • server DNS
  • alamat IP, netmask, gateway untuk satu interface Ethernet

Utilitas yang dibutuhkan adalah program editor teks untuk mengedit file-file konfigurasi jaringan di konsole, misalnya dengan program vi. File yang perlu diedit adalah:

  • /etc/sysconfig/network: untuk memberi nama ke host, misalnya jaran.undip.ac.id
  • /etc/resolv.conf: untuk mengeset server DNS (sebagai domain name resolver)
  • /etc/sysconfig/network-scripts/ifcfg-eth: untuk mengeset alamat IP, netmask, gateway untuk ethX, misalnya eth0

Continue reading “Konfigurasi Jaringan di Centos”

Kuliah TKC242 Pengolahan Paralel TA-2012/2013

Kredit : 2 SKS Kuliah, 0 SKS Praktikum
Dosen : Eko Didik Widianto (Lab Embedded, Siskom Undip)
email: didik@at@undip(dot)ac(dot)id
Metode pembelajaran : tatap muka (2 x 50 menit), presentasi materi, diskusi, tugas, diskusi kelompok
Durasi : ±14 Minggu

Jadwal (lihat jadwal lengkap)

  • tiap hari Kamis jam 7.50 – 09.30, ruang E202

Pengumuman

  • (03/03/13) Kuliah perdana akan dilakukan hari Kamis, 7 Maret 2013, jam 07.50-09.30 di E202

Deskripsi Kuliah
Mata kuliah TKC242 merupakan mata kuliah pilihan di Program Studi Sistem Komputer. Dalam kuliah TKC242  ini, mahasiswa akan belajar teknik-teknik pemrosesan paralel, meliputi konsep sistem komputer paralel, arsitektur, model dan pemrograman paralel untuk aplikasi komputasional. Pemrograman paralel untuk memecahkan problem matematis dilakukan untuk dijalankan di atas mesin paralel dengan arsitektur memori bersama (shared memory) dan arsitektur memori terdistribusi. Model pemrograman thread digunakan untuk mesin dengan arsitektur memori bersama, yaitu komputer multiprosesor simetrik (SMP,symmetric multiprocessor). Model pemrograman message passing (MP) digunakan di mesin dengan arsitektur memori terdistribusi.

Materi pembelajaran meliputi: Continue reading “Kuliah TKC242 Pengolahan Paralel TA-2012/2013”

Kuliah TKC-205 Sistem Digital (2012)

Kredit : 2 SKS Kuliah, 1 SKS Praktikum (TKC-309)
Dosen : Eko Didik Widianto (Lab Embedded, Siskom Undip)
email: didik@at@undip(dot)ac(dot)id
Metode pembelajaran : tatap muka (2 x 50 menit), presentasi materi, diskusi, tugas, diskusi kelompok
Durasi : ±14 Minggu

Jadwal (lihat jadwal lengkap, 20130228) )

  • Kelas A, Hari Senin, jam 11.10 – 12.50, Ruang D304
  • Kelas B, Hari Selasa, jam 07.50 – 09.30, Ruang D205

Pengumuman

  • (2/3/13) Kuliah perdana Sistem Digital TKC-205 akan dimulai hari Senin 4 Maret 2013 (Kelas A) dan hari Selasa 5 Maret 2013 (Kelas B). Peserta mata kuliah diharapkan mempersiapkan materi yang akan dibahas.

Deskripsi Kuliah

Kuliah ini merupakan kuliah wajib di jurusan Sistem Komputer, yang mempelajari dasar-dasar sistem digital mulai dari konsep, aljabar Boolean, gerbang logika, analisis dan sintesis rangkaian logika, perancangan rangkaian logika minimal, teknologi implementasi dengan CMOS dan PLD, representasi bilangan dan operasi aritmetika, blok rangkaian kombinasional, rangkaian sekuensial: latch, flip-flop, register dan counter. Teknologi implementasi diarahkan menggunakan chip standar (IC) TTL dan CMOS (complementary metal oxide semiconductor).

Dasar-dasar sistem digital yang dipelajari meliputi 7 bagian berikut: Continue reading “Kuliah TKC-205 Sistem Digital (2012)”