Order Komponen ke Digikey

Hari ini, saya berhasil melakukan transaksi pembelian komponen dari digikey. Beberapa catatan yang saya lakukan adalah:

  1. Menyusun List of Material (BOM, Bill-of-material) dari komponen, bisa dilakukan secara online dengan memasukkan manufactur partnumber dari komponen atau hasil searching di tool pencari komponen yang disediakan. Tambahkan saja ke “Add to Order”. Perhatikan kuantitinya.
    Tips: digikey memberlakukan harga tertentu untuk masing-masing price break quantity (10, 100, 500, 1000, 2000, 4000, 5000, dst), sehingga bisa jadi membeli 500 buah lebih murah daripada 400 buah.
    Digikey akan memberikan akses berupa WebID (8 angka) dan AccessID (5 angka) yang dapat digunakan untuk resume order, check order status dll. Saat menyusun BOM secara online, kita menggunakan port http tanpa security.
    Setelah finish order, kita akan masuk ke mode secure (https). Nah, di sini transaksi bisa dimulai.
  2. Pertama akan ditanya tentang shipping: alamat dan metode
    Beberapa pilihan shipping ditawarkan, saya memilih Federal Express International Priority (Fedex). Wow, biayanya sekarang US$90.81, di luar pajak dan bea masuk.
  3. Kemudian tentang pembayaran (billing)
    Beberapa pilihan billing ditawarkan, apakah melalui TT (Telegraphic/Wire transfer) atau Credit card.

    Saya ingin coba pakai Mastercard bank Niaga dan untungnya limit creditnya masih 8 jutaan. Pertama kontak ke call center Niaga Access 14041, diterima oleh IVR, bla-bla, saya pilih credit officer. Saya minta dibuka velocity? untuk pembayaran dari pembelian online minggu ini. Beres. Tinggal memasukkan nomor kartu kredit (16 digit) dan nomor Security/SSVD# (3 digit, untuk mastercard). Digikey akan mengecek langsung. Jika tidak ada masalah, order kita akan diproses, dan akan dikirimkan email confirmation.

    Untuk TT, perlu tahu account bank yang dituju dan informasi lainnya seperti alamat, dll, tanyakan ke Digikey. Biaya komisi US$20, pengiriman Rp. 30rb, dan korespondensi bank dibebankan ke rekening kita (belum ngecek berapa)

  4. Dan sekarang, tinggal tunggu barang…

selamat bersourcing…

6 thoughts on “Order Komponen ke Digikey

  1. Hmm, menarik mas, sy baru2 ini jg mendatangkan parts dari luar dan cuman kena ongkir $4 saja…
    Krn minta dikirim via standard mail, barang sampai sekitar 1 minggu lebih dikit (lmyn cepet), tapi klo emg buru2 sih Fedex emg cepet… 🙂

    Like

  2. pak, kalau pesan komponen di luar negeri itu bea cukainya kena berapa ya ? repot gak sih kalau pesan komponen dari luar gitu ? memang toko yg di luar negeri lebih lengkap, tapi mau beli masih belum pengalaman order barang dari luar

    Like

Leave a comment