Menjernihkan Air Sumur Bor dengan Tawas

Sudah umum di perumahan sekitar Cibeber-Cimahi, air tanahnya agak kuning. Ada yang berbau, ada yang tidak. Demikian juga dengan air tanah di rumah saya sekarang (perumahan graha alamanda cibeber-cimahi). Airnya agak kuning, walaupun tidak berbau karat. Dengan sumur bor sedalam 20 meter ( hehehe, saya tahu karena pernah ikutan mbantu narik pipa 4-meteran sebanyak 5 buah), mestinya air yang di dapat akan jernih. Saya tidak tahu persis, bagaimana lapisan geologis tanah di sini.

Banyak tetangga kami menggunakan penyaring air yang dijual di pasaran untuk menjernihkan air. Hasilnya bagus. Tetangga depan, pak Adam, mencoba membuat sendiri penyaring air dengan menggunakan pipa pralon dan lengkap dengan backwashnya (hehe.. pernah ada rencana untuk mencobanya juga…murah sih), dan hasilnya jernih. Nah, di rumah saya, saya mencoba menggunakan tawas (Aluminium Sulfat) yang ditaburkan di selubung pipa sumur bor. Hasilnya, air memuaskan, hehehe. Sudah hampir 3-bulan, air di rumah jernih, tidak kuning lagi.

Asal mula menggunakan tawas ini adalah atas saran dari tukang sumur, saat menguras sumur bor di rumah kami. Katup pipa di bawah, tersumbat oleh endapan partikel kuning, sehingga air selalu turun saat mesin pompa mati. Jadinya, dipancing pun air tidak bakalan naik lagi. Akhirnya pipa diangkat (ada 5 pipa 4-meteran) dan dibersihkan. Sudah ok, tukang sumur menyarankan untuk menaburkan tawas ke dalam sumur. Katanya, biasanya tawas digunakan untuk menguras sumur saat pertama kali digali.

Tawas (atau towas, Aluminium Sulfat) mungkin tidak asing. Di deodoran penghilang bau badan kita, ada tawasnya. Saya mendapatkan tawas ini di toko besi terdekat, seharga 5rb rupiah / plastik setengah kilo-an. Cari-cari info tentang tawas ketemu juga zeolit yang juga digunakan untuk penjernih air. Zeolit sintetik juga bisa dibuat dari tawas yang harganya murah. Saya tidak tahu apakah yang saya gunakan itu zeolit sintetik atau tawas. Yang pasti, air di rumah sekarang mengalir jernih, Alhamdulillah.

Mungkin Anda bisa mencobanya.

About these ads

176 Komentar to “Menjernihkan Air Sumur Bor dengan Tawas”

  1. Emm.. jernih memang, tapi AlSO4-nya pada kabur kemana coba? :-)

    • Hehehe.. lari kemana mas?
      Mudah2an bereaksi dengan partikel yang larut di air sehingga menjadi endapan yang tawar dan tidak berbahaya. Bagaimana reaksi kimianya yah….? jadi pengin tahu…

  2. sekali tabur berapa banyak & bertahan berapa lama tuh mas?aku jg baru gali sumur yg ternyata agak kuning & berbau.

    • Pertama kali, sekitar 3 bulan lalu saya taburkan 1 kantong 1/2-kiloan di sore hari. Paginya saya kuras dulu sampai 1/2-jam.
      Asal air jadi agak keruh (biasanya kalau habis turun hujan), saya taburkan 1 sendok makan tawas. Tapi, selama ini baru 2 kali saya lakukan ini. Dan airnya tetap jernih.

      • Teman-teman,
        pada dasarnya air tanah mengandung larutan mineral yang ber-macam-macam. Yang paling menonjol biasanya mineral Fe (zat Besi). cara yang saya pakai dirumah saat ini adalah dengan memakai sistim “SARINGAN PASIR LAMBAT”. Saya memakai dua drum plastik BESAR warna biru (bekas wadah import obat pewangi pakaian ‘Molto’) yang banyak dijual di pinggir jalan di Cibubur Jakarta timur.
        Drum pertama diisi dengan batu kerikil split didasarnya setebal kl. 10cm. dilanjutkan dengan dengan isian pasir yang sudah diayak untuk menghilangkan kerikil-krikilnya. tebalnya kl. sampai setengah tinggi drum. Drum kedua dihubungkan dengan kran air ke drum pertama dibagian bawah sehingga membentuk ‘bejana berhubungan’. Air Tanah dipompa ke Drum Pertama dengan sistim otomatis ‘RADAR pelampung’. Untuk pertama kali, kran air ditutup untuk selama kl. 10jam. Ini memberi kesempatan larutan Fe dalam air tahan yang ketika mengalir kedalam drum terkena udara (oksigen) dan menggumpal mulai mengendap keatas pasir. Selanjutnya air meresap kedalam pasir dan kemudian ketika kran air dibuka, mengalir LAMBAT ke Drum Kedua. Proses ini berjalan 24 jam karena drum pertama selalu terisi kembali secara otomatis. Aliran air hasil saringan harus dijaga tetap LAMBAT karena proses penggumpalan larutan Fe juga lambat (beberapa jam setelah terkena udara). Kalau keperluan air bersihnya banyak maka Drum saringan pasirnya diperbanyak (di paralel). Secara periodik, dua bulan sekali, endapan kuning Fe diatas pasir dibersihkan dengan cara aiar dipenuhkan kemudian diaduk-aduk memakai tangan lalu air adukan dibuang keselokan dengan selang air.

  3. Benar Mas, tawas mengikat partikel dan kotoran menjadi gumpalan-gumpalan yang dapat mengendap. Kalau airnya mau diminum juga bisa, tetapi perlu disaring dahulu.

    Untuk membunuh kuman, PDAM menambahkan juga kaporit.
    (http://gedehace.blogspot.com/2006/03/kaporit-pembasmi-bakteri.html)

  4. tolong mas kemana saya nyari bahan tawas untuk penjernih airrrrr ok,. Thank,s

  5. @didit: coba cari di toko besi terdekat, mas. Biasanya sudah diplastik 5ribuan.

  6. Mas Eko, ada cara lain gak untuk menaburkan tawas ke selubung pipa sumur bor itu, soale sumur bor aku udah di tutup rapih dengan ubin, cuma pipa yang terhubung ke mesin pompa saja yang kelihatan. O iya, aku menggunakan tangki penampung air, lumutnya banyak sekali, sudah saya sikat tiap mengurasnya tapi muncul terus. mungkin mas eko punya solusinya juga…thanks.

  7. Gimana yah, mas Muratno.. yang penting tawas bisa masuk ke lubang sumur aja. Saya dulu juga banyak lumut, sekarang jadi jarang nguras penampung, soalnya bersih.

  8. Maaf mas, apa udah coba di cek ke lab, bisa nggak airnya kita konsumsi, soalnya saya juga baru nyoba pakai tawas untuk sumur bor di rumah saya

  9. wah jadi pengen tahu lebih banyak, soalnya air sumur saya awal keluar sih bersih, tapi lama-lama kuning dan berminyak dipermukaannya bau lagi. udah dikasih kaporit tapi tawas belum. ta coba dulu ya mas

  10. Siap, mbak. mudah2an jadi jernih lagi. Alhamdulillah, sampai sekarang air di rumah, jernih.
    @widodo: belum pernah ngecek lab

  11. Saya punya masalah yang sama tapi sumur gali bukan sumur bor.pernah saya kasih tawas tapi kok gak ngaruh, kenapa ya? mohon saran ya…makasih

  12. ini saya ada fomula yang baik untuk penjernih air
    saya sudah coba pakai WODER MAGIC ENZYME
    BISA LIHAT DI

    http://www.kaskus.us

    CARI YANG JUAL WONDER

  13. saya baru gali sumur bor juga ,, udah pake tawas kemaren tp masih kotor juga, apa harus di biarin dulu, atas di kuras dulu terus menerus? air nya keruh dan bau lumpur

    • Wajar, sumur baru airnya masih bercampur lumpur. Sumur bor baru biasanya perlu dikuras dulu. Untuk menguras, seringkali diberi tawas dan diendapkan dulu semalam.

      Mudah2an nanti airnya bisa jernih, pak. Semoga membantu.

  14. MAS MAU TANYA RUMAH SY DIMAMPANG AIR NYA SESUDAH DIENDAP WARNA KUNING, ADA YG BILANG PAKAR INJUK MATA BORNYA APA BISA GITU MAS TRIMS

  15. MAS MAU TANYA RUMAH SY DIMAMPANG AIR NYA SESUDAH DIENDAP WARNA KUNING, ADA YG BILANG PAKAI INJUK DI MATA BORNYA APA BISA GITU MAS TRIMS

    • Saya juga pernah di rumah lama, airnya kuning kalau diendapkan. Satu kompleks dengan sumur bor sama kualitas airnya, rata-rata kedalaman 16 m. Ada tetangga bikin sumur gali dg kedalaman 8-10m, airnya jernih.
      Kedalaman sumur juga akan berpengaruh terhadap kualitas air, di kedalaman tertentu air bisa jernih, ada yang kuning. Saya tidak tahu bagaimana lapisan tanah di sana, coba tanya tetangga yang airnya jernih, berapa kedalaman sumurnya.

      • Saya dah tanya sama tetangga sebelah katanya bagus airnya, skg sy sudah kasih tawas di sumber air pagi pagi dan tidak saya pakai airnya seharian, besoknya pagipagi sy buang airnya 1/2 jam lalu airnya sy simpan di botol akua ternyata bersih , tp sy mau simpan sampai 2 hari apa airnya berubah mudah2an bagus ya pa tdk kuning lagi , tapi sy kasih tawas yg kedua kali ti sumebr air……
        Mau tanya lagi ni pa apa dgn dikasih tawas berkali kalai bisa menyumbat mata bor atau bisa rusak ga Pa ??????
        Trims

        • Mudah-mudahan bisa bagus airnya mas Dewa.

          Tawas kalau dimasukkan ke dalam air akan larut mas, jadi tidak akan ada sumbatan. Justru kotoran lumpur, kuning itulah yang seringkali menyumbat klep pipa di bawah. Sebelumnya pernah tersumbat oleh kotoran kuning sehingga air turun terus tidak bisa naik (tidak bisa dipancing) dan akhirnya pipanya perlu ditarik untuk dibersihkan klepnya.

          Sekarang saya belum pernah ngasih lagi tawas ke dalam sumur sejak 3 bulanan lalu, airnya sudah jernih kok. Jadi gunakan seperlunya saja.

  16. tawasnya ngga boleh dituang ke penampung (torrent) yah?

  17. oh, terima kasih infonya pak
    di toko kimia atau toko besi pasti ada ya itu sachet nya :)

  18. Om,… Sumur dirumah saya airnya kuning, permukaan berminyak dan bau karat. gmana solusinya dung….? tenks yah…

  19. Saya mo tanya nie…, air sumur berwarna kuning dan bau, saya sudah mencoba untuk memasukan tawas kedalam sumur, ternyata hari ke 2 sudah berwarna kuning kembali…., padahal saya jg memakai water treatment, ada yg bisa bantu?

  20. wah saya tertarik tuh sama bahan yg yg bisa dimasukin ke torent soalnya sumur saya juga rapet banget ditutupnya yg kelihatan cuma pipanya doang,kira2 yg bahannya sachet-an tahannya berapa lama yah??apa setiap ngisi torent harus dikaih lagi??mohon infonya..thanks

  21. tawasnya yang berbentuk bubuk ataukah yang masih berupa gumpalan batu2 kecil mas…saya juga barusan ngeborin sumur dan air yang didapat pada hari pertama belum jernih,masih banyak mengandung kadar pasir/lumpur yang sangat lembut yg mejadikan air keruh…saya pingin cepet jernih kira2 berapa lama jernihnya ya,,,,…gak sabaran pingin cepet mandi….kalo tawas ditaburin ke dalam pipa chasing sumur gak papa kan,,,,?? thanks…

  22. Boleh juga neh mas infonya. langsung meluncur ke tkp eh..toko besi deng.. :)

  23. saya baru gali sumur tapi airnya keruh,kuning banyak zat besinya gimana ya cara mengatasinya

  24. Saya juga punya masalah sama tentang air sumur. Bau besi, di tempat yang kerannya bocor muncul jejak karat di tembok. Tapi bau besi ini lama2 hilang (mungkin tepatnya jauh berkurang) setelah 2 minggu air di pakai.

    Mungkin ini menarik juga ya.

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1057963

    tentang teknologi menjernihkan air di rumah tangga.

  25. Tapi kalo yang ini… ga tau deh sapa yang mau coba duluan :P

    http://yulian.firdaus.or.id/2005/09/05/arang-batok-penjernih-air/

    njernihin air pake arang batok kelapa … SAAT LAGI DIMASAK!

  26. Aha… ini dari ‘thinktank’ nya langsung..

    http://www.iptek.net.id/ind/warintek/?mnu=6&ttg=5

    moga2 bermanfaat buat kita semua.. pencinta air minum segar bebas kemasan :)

  27. Wah, ini banyak banget mampaatnya,..
    Buat nyang suka piara ikan,..
    juga nyang banyak pake aer,…
    Terima kasih ye,..

  28. klo tawas bsa d pake bwt bak air kamar mandi ga’???

  29. Wah, saya jg punya masalah dgn sumur di rumah. Kedalamannya 30m. Sampai setahun ini setelah digali, airnya selalu bau, keruh, berbusa dan kotor, walaupun sudah diberi tawas.
    Akhirnya kami selalu beli air untuk kebutuhan sehari-hari.
    Kami disarankan untuk menggali lg di tempat lain. Mohon bantuannya, apakah ada solusi selain menggali yang baru?
    Terima kasih sebelumnya.

  30. hmm … thx infonya, akan saya coba juga di rumah.

  31. Saya pake sumur gali. Selama ini selalu jernih tak ada masalah. tapi sudah 3 thn terakhir ini air nya kadang berubah keruh dan berbusa, kadang ada bau sabun segala. Dan setiap musim hujan, airny jadi kuning dan banyak endapan. Apa bisa pakai tawas???

  32. Dear All,

    Tawas ada efek negatip untuk kulit kita tau tidak? saya kwatir nie,
    Terima kasih atas saran dan jawabanya,

    Oh iyah, sebelumnya saya informasikan, Saya baru akan mencoba tips dari saudara ; untuk menjernihkan air dengan tawas.
    Saya mempunyai masalah dengan air PDAM yang ada di komplek perum kami, Air yang di dapat kadang agak kecoklatan ( tdk sejernih air bersih ),kalaupun mengalir warna putih, itu adalah kaporit yang didapet. putih seperti air tajin ( sisa air pembersih beras ), setelah beberapa detik diendapkan akan jernih sih,..

    Untuk warna putih kaporit kami tdk begitu bermasalah, karena bs diendapkan terlebih dahulu, tapi bagaiman jika akan kita pake ‘wudhu’? ih…ga tega rasanya,

    Yang sangat bermasalah jika warna air kecoklatan, kami akan coba mengatasi dengan menaburi TAWAS ke dalam kolam tandon air.

    Demikian, sekiranya ada informasi efek negatipnya buat kita?
    Terima kasih atas perhatian dan kerjasamnya,

    Hormat Kami,

    titik
    Semarang

  33. memang airnya jernih kalu pakai tawas tapi baunya masih ada dan kalau airnya ditampung diember atau dibak kurang lebih 1 jam air berubah kuning apa ya solusinya sob???????????

  34. sob adea cara atu bahan lain ngak selain tawas???????????????????

  35. Saya juga menggunakan sumur bor dan airnya juga kuning,Pada saat saya coba di satu drum plastik kira2 200 liter saya beri tawas 2 sendok makan airnya kok kurang jernih
    keesokan harinya saya coba dengan ukuan yang sama dan untuk tawasnya saya beri 3 sendok memang agak jernih tapi kalau digunakan untuk mandi kenapa sabunnya kurang berbusa dan rasanya seperti kalat ( lengket )yang pengen saya tanyakan ukuran yang sesuai untuk 200 liter berapa gram dan bagus mana Tawa sama kaporit?dan apakah Kaporit dijual bebas? oiya adajuga yang mengatakan menjernihkan air menggunakan kapur juga bisa apa iya?terakhir kalau untuk di konsumsi yang paling bagus di jernihkan dengan apa?

  36. Tolong mas.. Sumur saya kena pembuangan got tetangga pake tawas ato PAC mempan gk??

  37. THANKS BGT NI INFO-INFO NYA SGT BERMANFAAT. SAYA JUGA ADA MASALAH NI, SEBELUMNYA SAYA PAKE BOR PIPA UNTUK NGMBIL AIR DALEM NYA 7 MTR. AIRNYA JERNIH SETELAH PAKE LARUTAN AGAK KENTAL BERWARNA PUTIH (GA TAU MANANYA). SETELAH SAYA RUBAH MENJADI SUMUR TRADISIONAL DIAMETER 80CM, SAMPE SKRG AIR NYA BAU BESI DAN AGAK KEKUNINGAN. KENAPA YA?? MUNGKIN KLO PAKE OBAT ITU LAGI MUNGKIN BISA JERNIH LAGI. ADA YANG TAU GA YA NAMA OBAT ITU APA??

  38. Sumur saya dulu-dulu oke saja, bersih tak berbau. Tetapi musim hujan ini
    kok tiba-tiba jadi keruh. Tadi saya taburkan setengah kantong (lima ribuan jadi dua).
    Masalahnya, sumur saya suntikan: bis beton (9 m) bagian atas ditambah bor 1 pipa.
    Kira-kira kurang tidak dosisnya? Kalau bak penampung atau bak mandi dikasih tawas oke saja kan? Apa pernah ada orang keracunan tawas?
    Terima kasih. Maaf stupid question, yha.

  39. walah la kadmium n mangan ne py ku?????????????????????

  40. walah la kadmium n mangan ne py ku?????????????????????

  41. mas sumur di rumahku airnya jernih tapi kalau dibuat nyuci baju, dibaju terdapat bintik-bintik kuning dan dinding bak kamar mandinya berubah menjadi hitam. saya sudah mencoba memakai kaporit tapi kaporitnya saya pakai ditandon air tapi warna airnya tidak menjadi jernih melainkan menjadi merah kehitaman, dan endapannya berupa serbuk besi tua. solusinya gimana ya mas agar airnya jadi jernih.

  42. kalau boleh kasih komentar, iya emang bila ambil air kedalaman kurang dari 100m, permasalahan yg didapat salah satunya air berwarna & juga ber-bau

  43. Tawas memang sangat manjur tuk menjernihkan air, tapi dampaknya air menjadi sedikit lengket dikulit

  44. mas saya mo tanya bagaimana cara mengatasi sumur bor yang bau karat dan berminyak????

  45. maz mau tanya,, sumur sy udah sy kasih tawas trus hasilnya airnya jadi kebiru-biruan gt dan kalo buat mandi agak lengket.. mhon penjelasan mas,, mkasih

  46. Efek tawas memang lengket mas. Biasanya dikuras dulu sebelum digunakan.

  47. mas saya mau tanya, saya tinggal di palembang, sumur bor dirmh saya warnanya kuning dan berminyak, saya buat bak penampung di bagi tiga tingginya 1,5M lebar 0,5M dua bh dan 1M, bak pertama berisi batu koral besar dan ijuk, tp hslnya tetap kuning dan berminyak, saya pernah baca utk mengurangi Fe hrs diberi kerikil, pasir, ijuk dan arang, brp takarannya utk hasil yg maksimum.

    terima kasih atas perhatiannya dan tlg jawabannya dikirim ke email saya.

  48. naya mas,kalo buat (PAH) penampungan air hujan …….dosis amanya,brp ?thaks

  49. Mas Eko rumah saya menggunakan air pompa jetpump, ada dua kran yang airnya bau sedangkan 8 kran lain tdk bau (maaf seperti bau air got) tapi setelah dipakai beberapa saat hilang baunya. saya telah kuras Tangki air dan dibersihkan tapi masih bau juga . kalu boleh saran apa yang menyebabkan bau tsb . solusinya apa. apakah bisa menggunakan tawas untuk menghilangkan bau tsb.

  50. mas eko, saya baru pindah rumha nich…..dirumah baru itu pake jetpump dan air yang disedot itu sebenarnya jernih tapi bau karat dan kalau lama2 ditampungnya airnya berubah jadi seperti endapan diatas berwarna kuning…ada solusi ga mas???

  51. Utk megatasi air yg tersumbat/mampet akibat lumut kyknya dari torn

  52. Mas Eko, sumur saya jg sekarang Bau Banget + rada kotor…
    gimana yah cara paling ampuh… Tawas – PAC – Kaporit – Citroen – Apa kudu pake smuanya + tolong Takarannya…

    Thx Banget.,. Ditunggu reply-nya…

  53. Mas Eko…

    sumur di rumah saya dalemnya sekitar 5 meter , tapi air kuning & bau.. saya pernah kasih tawas tapi masih kuning juga
    apa karena kurang dalem ya sumurnya ?
    atau tawas nya yang kurang banyak ?
    berapa seh mas takaran yag tepat untuk kedaleman sumur & tawas yang akan kita gunakan ?

    thanks before mas,..di tunggu yah sharing nya
    have nice day :p

  54. Salam Kenal Pak…,
    Saya punya sumur gali dengan kedalaman kurang lebih 5 meter dengan jarak pompa ke bibir sumur kurang lebih 2 meter, air saya alirkan ke tandon dengan jarak kurang lebih 25 meter mendatar (horisontal) dan 9 meter naik (vertikal). sebelumnya saya pakai pompa lakoni dengan rpm 2900 air lumayan cukup besar setelah beberapa tahun mesin pompa Lakoni rusak dan saya ganti dengan merk Sanyo tipe pw H236 akan tetapi hasil air yang keluar di tandon cenderung kecil.
    Mungkin bapak bisa beri solusi untuk merk lain atau ganti design dengan pakai booster pump atau solusi lain.

    Atas perhatian dan bantuannya kami ucapkan banyak terima kasih.

    Salam

  55. salam kenal pak…
    saya mau nanya ne pak,, gimna ya caranya kira-kira untuk menjernihkan dan menghilangkan bau air sumur saya soalnya air sumur tuh besar banget, dan didasarnya itu kotorannya banyak, jika saya mau pake air dan kita pake pompa selalu ikut kotorannya itu di sedot pompa juga????? mohon bantuannya!!!

  56. sy di cibaduyut, air nya bau dan kuning, gmana caraa menghilangkanya selain pemakaian tawas mas….
    air nya sy tampung di torent apakah harus disumurnya atau di torent jg bisa?
    kalau di sumurnya permakian nya 1 bgks tawas untuk berapa lama ?

  57. kami pakai smumur bor +/- 30 mtr sebelumnya airnya berminyak (berkarat) saya masukkan 0.5 kg tawas airnya bagus tak bau karat . . .ya tapi di saring dulu belum saya cek ke lab apakah layak minum. namun efek tawas mantaf nih
    jangan lupa di kuras dulu sebelum dipakai yo

    Brgds

  58. ember penyaringan dari jet pump kami di kamar mandi menggunakan pasir, kerikil, dan ijuk, apakah bisa ditambah dengan tawas? bagaimana urutan lapisannya?
    apakah ada efek negatif tawas jika air tersebut digunakan untuk mandi?
    terimakasih.

  59. Di rumah saya air sih jernih, cuman bau nya ini yang nggak enak di pakai / alias bau karat.
    bisa ngga dihilangkan baunya dengan menggunakan tawas tersebut?

  60. air sumur bor saya pertama kali keluar juga jernih,tp kelamaan keruh kekuning-kuningan. and saya sudah pernah coba pakai tawas,kaporit dll tapi masih juga bandel airnya kaga mau jernih…..jadi bete dech gue :-(

  61. mas, klo air sumur yang udah dikasih tawas, trus di masukan airnya ke kolam ikan, aman ga mas ke ikannya?
    terima kasih mohon pencerahanya…

  62. lam kenal ya mas,
    Aku juga mo nanya nich.. kalo tawas dipakai penjernih air sumur bor untuk masak gimana ya… bahaya apa tidak ya…??

  63. mas..takaran pemberian tawas berapa ya??? air bor saya kalau baru di buka jernih tapin selang 10 menit kabawa tuh lumpurnya..airnya jadi berwarna kuning bau amis…sumur bor saya kadalamannya kira2 14 m..tolong bantu ya mas!!!!

  64. Mas, saya sudah coba beri tawas pada sumur bor, tetapi hanya sifatnya sementara, karena selang beberapa air sumur bor saya kembali membawa kadar zat besi yang tinggi. Apakah adat cara lain/zat yang dapat menetralisiri kadar karatnya.

    Terima kasih mohon penjelasannya

  65. tolong bapak bagai mana cara mengatasi air sumur bor saya. air pertama keluar dari sumur jerni diendapkan semalam air menjadi kuning dan kuningnya nempel di gentong profil

  66. saya punya sumur diameter 1 ,2 mtr dalam lk 10 mtr di cisarua puncak dkt twmatahari, airnya banyak dari mata air yg mancar.., tapi kok pas ditampung jadi kekuningan ya??.. udh beberapa kali dikuras.. masih kuning juga
    saya mau coba pake tawas 10 kg cukup??… terus airnya disedot pompa air biasa ke torrent.., mudah2an jernih ya..
    sumur tetangga mah bagus tuh jernih bgt
    trims infonya

  67. MAS SAYA MAU TANYA NI PERMASALAHAN SAYA SAMA SEPERTI AGAN suwarno eluar dari sumur jerni diendapkan semalam air menjadi kuning dan kuningnya nempel di gentong . SAYA PAKE SUMUR BOR KEDALAMAN LEBIH KURANG 30 METER . KEMARIN SEMPET SAYA KASI GARAM DAPUR SEBANYAK 2KG . HASILNYA JERNIH TAPI BAUNYA BELUM MAU HILANG ….. DAN EFEK GARAM TER SEBUT GAK TAU SAMPAI BERAPA LAMA JERNIH AIRNYA BISA BERTAHAN … TOLONG PAK PENCERAHANNYA……..

  68. mas…saya di Sidoarjo juga kuning. Saya tertarik pake yang mas bilang drum biru tadi, tapi belum bisa mbayangin. Klo bisa ditampilin gambarnya, kayaknya lebih bagus…

    thank’s,

    Andik

  69. saya di katapang, soreang Bandung…..
    airnya selain kuning, mengandung zat besi juga kadang2 hitam kira2 gmn yach cara supaya jernih n bisa dikonsumsi gito

  70. Pak Didik Punya FB ga …FB saya ariespresley@ymail.com add yah saya tanya disana aja yah

  71. pengalaman saya ngebor air, air kuning bisa karena sumur kurang dalam atau sumur terlalu dalam, bila ngebor air sesuaikan dengan kedalaman relatif di tempat anda air bersih di kisaran berapa meter, jangan terlalu nafsu ngebor terlalu dalam bila tidak tahu akan dapat air bersih di kedalaman berapa, bisa2 malah jadi kuning. Trus kalau pakai tawas biasanya kalau dosis tidak tepat akan membuat air makin keruh dan lengket. PAC juga hampir sama. Air memang rejeki dari tuhan, bersyukurlah yang dapat air bersih dan jernih

  72. Pak Eddy, sumur gali diperumahan saya dalam 3 meter…..dan didalam sumur tersebut ada beberapa lubang yg apabila hujan maka lubang itu akan mengeluarkan air dan akan memenuhi sumur gali rumah saya. nah ketika diberi tawas keesokan harinya air keluar bening tp setelah didiamkan dalam ember semalam maka berubah menjadi kuning kembali. dan ada kotoran halusnya…

    Bagaimana ya solusinya??, haruskah membuat sumur baru atau diberi tawas lg. dan ini bukan sumur bor yah…tp sumur gali yg dimasukan pipa kedalamnya. saya tggu solusinya pak…..trims

  73. Kenapa yah, pada saat air bor ditempat kami disedot airnya jernih..
    Tapi klo udah nginep, airnya berubah jadi merah kecoklatan yah..???

    Bagaimana cara penjernihannya, apakah cukup pakai tawas juga..???
    Mohon pencerahannya

  74. Mas, saya pake sumur bor kedalaman kira2 10 meter.

    Air nya agak keruh dan berbau, dan akan menguning dan berminyak bila dibiarkan 1 jam.

    Tapi airnya tidak menjadi hitam bila diberi teh.

    Sementara tetangga saya, sumur bor nya hanya 5 meter, airnya jernih dan bagus.
    Tapi warnanya menghitam bila dicelup teh.

    Apakah Tawas bisa jadi solusi?
    Thx.

  75. saya baru saja bor sumur dan airnya ada berbau karat ..tetapi tetanga kanan kiri saya airnya bagus dengan kedalaman yang sama 5 batang pipa 20 m …berapa lama kira sumur saya akan normal seperti tetangga tanpa harus dikasih tawas soalnya agak ribet bila anggkat pipa dari sumur…tolong saranya bagi yang punya pengalaman seperti saya…?

  76. kasus di rumahku sama kaya’ di rumah mb Nisa..
    ntar mo coba kasi tawas ah…
    ada maksimum pemakaian tawasnya ndak?
    trus tawas nya tinggal di cemplungin ke sumur nya aja y?

  77. met siang mas, sy adjie dari papua mohon informasinya…saya menggunakan sumur bor dgn kedalaman 9 mtr, danair yang keluar memang bersih tapi beberapa saat kemudian berubah kecoklatan dan berbau karat sekali, apakah bisa dengan menggunakan tawas saja air tersebut bisa jernih, lalu proses dan takaran yang harus digunakan bagaimana.

  78. kalo pake sumur galian gimana ya??

    ada masukan ga???

    trims

  79. Salam kenal kang.
    Saya sekarang mengalami hal yang serupa, dengan sumur bor jet pump 22 m yang baru dibuat. Debit airnya tinggi namun masih keruh (butek). Saya akan mencoba dengan teknik tabur tawas yang dibahas akang ini, tapi berapa bungkus atau gram tawas yang harus saya taburkan kang…? lebih efektif mana tabur langsung atau diaduk dulu dengan air tawasnya?

  80. cincin sumur sangat mempengaruhi kwalitas air.

  81. Numpang tanya tawas itu bentuknya yang seperti gula batu ya mas, apa tawas tersebut harus digerus dulu menjadi tepung apa bisa glondongan di masukkan kedalam sumur, bagaimana yang lebih efektif ?

  82. Maaf mas mau nanyak?kami habis biken rumah,tapi ngak lansung mau di pakai nunggu sekitar 3 bulanan lagi,kebetulan kita pakai jet pam,dan juga air panas yang undah berjalan sekitar 2 bulanan.

    kalo kita kasih tawas di penapungan air dan di biarkan sekitar 3 bulanan boleh ngak?nanti ahirnya beracun ngak airnya setelah tigah bulan pipa nya kita isi air tawas?

    minta tolong mas di jawab,terimakasih

  83. Selamat siang,,
    Saya mempunyai masalah besar dengan air sumur bor saya,,masalahnya pada saat air dinyalakan dari keran dan mesin air hidup air sangat bening tetapi jarak 2 jam air berubah jadi keruh dan bau air tidak hilang bau besi dan berminyak,kedalaman sumur saya 16 meter dengan pipa kebawah 1/2 ” 3 pipa,pipa 1 1/4 nya 1 dan saya tidak pakai penampung air karena tidak akan bermanfaat karena air yang di hasilkan kurang bagus..mohon di berikan saran supaya air nya bagus.trima kasih.

  84. Nimbrung kang
    Sudah hampir tiga bulan sumur jetpump saya masih belum jernih, padahal sudah berkali-kali ane kasih tawas, namun sepertinya nggak pengaruh. Jadi ada solusi lain kang?

  85. kalau ingin lebih bersih, gunakan aja gamping… airnya menjadi lebih bersih daripada dengan tawas, cuma harus nunggu mengendap sekitar seminggu dulu baru airnya bisa digunakan.

  86. Saya ud cari tawas ke toko bangunan ma toko besi, kok gak ada yang jual ya… kira kira kemana lagi saya harus carinya??????????????

  87. solusi air kuning karena bau besi dan lainnya bisa dengan filter system 2 Tabung , dengan komposisi ferrolite , manganese , karbon dan pasir silika serta dengan Kaporit ,, atau dengan melakukan pengeboran hingga melewati sumber air yang mengandung besi biasanya di kedalaman 40 m – 60 meter air di jakarta sudah cukup layak sebagai air bersih,,dan juga sistem cassing dan konstruksi harus benar benar terstruktur dan tukang yang mampu mengenali kondisi sumber air , bisa hubungi sy untuk konsultasi gratis dan rincian biaya untuk mengatasi hal ini bisa hubungi http://www.sumurbor.com atau http://www.filter-airminum.blogspot.com

  88. mas, numpang tanya nih, saya pake sumur bor pompa, kedalaman bor 15m, dan pipa buat dinding yg besarnya 1 1/2″ simasukin sedalam 7 1/2 meter dan pipa isap yg dipake 3/4″ sedalam 5 meter, hasil yg saya peroleh airnya jernih, tapi setelah diendapkan 2-3 jam airnya jadi kuning dan berminyak, saya sudah coba masukin tawas ada 4 kali sebanyak 1 kilo, tapi hasilnya tetap sama, airnya berbau dan kuning berminyak. gimana cara buat mengatasinya yah mas, apa ada yg salah dalam pemasangan pipa?, tolong dibantu mas, Thanks

  89. hallo masss…..
    saya jdi jijik lihat air sumur bor di rumah saya……… bening si bening tp bau dan berminyak terus warnanya jadi kuning kalau di endapin… berapa banyak tawas yang mesti di beli.. dengan kedalaman sumur saya katanya kira2 16 meter. tolong kasig jawaban ya mas…. thanks.

  90. Askum.wr.wb
    cra ngatasi air yg berubah warna kuning or merah or hitam dan berbau serta berminyak gampang kok. Kalian bsa hub sy di hp 081333334642 sy tggu bgi kalian yg ingin tau. Wass.wr.wb

  91. Halo mas
    Saya pernah pake tawas setengah kilo semua dimasukan, tapi hasilnya air malah menjadi putih

  92. salam,…
    trima kasih info sebelumnya untuk info di atas,. klu boleh share,.. di rmah sy air sumurnya sangat kuning, bahkan apabila ditampung pada bak mandi ataupun ember tanah/seperti karatan itu akan menempel,… sy telah mencoba dengan mengurasnya setiap hari dan memberi tawas,.. hasilnya lumayan bagus,… namun selang beberapa jam air yang sudah ditampung itu maupun air di sumur kembali berubah warna menjadi kuning. . mohon saran dan masukannya untuk mengatasi hal tersebut. Terima Kasih :)
    salam,…

  93. asslmkm. saya jadi bingung dgn air di rrumah saya, air sumur bornya jernih tapi bau kalo ditampung lama2 jadi kuning dan ada endapan keruh disekeling tong kuning2 dipermukaan berminyak.sudah disaring pake SPL cuma bertahan seminggu SPL jadi mampet. gimana ya mas solusinya?!

  94. Salam,
    Malah serupa juga kami hadapi, air sumur di rumah dalam waktu kurang dari 12 jam berubah warna menjadi karat ( coklat seperti warna besiyang sudah berkarat ). Pagi diisi sore sudah berubah, ini lagi cari solusi, akan kami coba dengan sistem saringan. kalau pakai Tawas kawatir juga karena mau tidak mau ada unsur sinteticnya takut berdampat pada kesehatan di kemudian hari.

    Terims atikelnya dan komentarnya

  95. Kalo pengen air jernih dan sehat, gampang.
    Di filter pake filter aquarium. Aku jamin sehat dan gk ada efek samping.
    Selamat mencoba…!

  96. Untk pac itu polimer di toko kimia ada sama dgn tawas untk tkr pac 0.25 gr untk 1lt air fungsinya untk mengikat partikel

  97. beneran a??

  98. Cari-cari info tentang tawas ketemu juga zeolit yang juga digunakan untuk penjernih air. Zeolit sintetik juga bisa dibuat dari tawas yang harganya murah. Saya tidak tahu apakah yang saya gunakan itu zeolit sintetik atau tawas.

    yang pasti mas .. mana dipakai tawas atau zeolit sintetik ?
    mohon jawaban yang pasti. terima kasih.

  99. saya baru bikin sumur gali, di tempat saya hanya 5 meter saja air sudah sangat banyak, tapi airnya tidak bagus alias kuning berminyak dan berbau, kalau didiamkan akan ada bekas karat di bak mandi, saya mencoba membuat filter menggunakan pipa 8 inchi dibawahnya di kasih coakan di bagian pipa paling bawah agar air bisa masuk, lalu 10 cm diatasnya saya pasang kawat kassa aluminium, saya kasih batu kali 15cm, batu kerikil 15cm, ijuk 10cm, pasir halus 10cm, ijuk lagi 10cm, pasir halus lagi 10cm, karbon atif 15cm, batu kerikil 15cm dan terakhir batu kali 15cm. Lalu saya masukan pipa yg sudah saya pasang lapisan filter itu ke dalam sumur sampai dasar, air dalam pralon yg dipasang filter itu akan naik mengikuti permukaan air diluar pralon, lalu saya coba hisap dengan pompa, 30 menit pertama akan keluar air berwarna coklat, itu adalah kotoran2 sisa dari lapisan batu, ijuk dan pasir yg saya pasang, tapi setelah 1 jam air mulai bagus…….masalah terakhir adalah lapisan lumpur dari dasar sumur yg ikut terhisap…..lalu saya masukan tawas ke dalam pralon yang ada lapisan filternya dan saya masukan pac sachet ke tempat penampungan air atau torn, saya diamkan 3 jam….lalu saya coba hisap lagi airnya…..dan walaaaahhh………sseeeeerrrrrr……air yang jernih keluar dari kran dan masuk ke bak mandi……sampai sekarang walau air di sumur keliahatan keruh….tapi setelah masuk ke pralon filter saya dan keluar ke bak mandi tetap jernih…….itu pengalaman saya selamat mencoba……..email saya arief_creat07@yahoo.com……

  100. Mas, saya baru buat sumur bor , airnya sangat bersih. tapi permasalahanya setelah di tampung sekitar 2-3 jam airnya berubah warna dan berbau, apa solusinya mas , terima kasih….

  101. Wah, thanks banget infonya pak, air dirumah sy juga keruh setelah hujan. Tapi pemakaian tawasnya berapa banyak y pak?

  102. mas biar hasil nya bagus apa nya yg harus di kuras sumur nya atoe bak nya yg harus di kuras

  103. mengapa tawas bisa menjernihkan air???

  104. kalo ditempat saya tawas itu kegunaannya yang paling utama adalah untuk membekukan getah karet, harga perkilonya Rp 4.000,-

  105. sumur ditempatku pake sumur bor kedalaman 25m, air yg keluar sangat anyir, bau besi dan berwarna kuning setelah mengendap, kemudian aku masukkan tawas 1 plastik dan batu gamping yg dihaluskan kira2 1kg, didiamkan 24 jam, kemudian dikuras 1/5 jam dan hasilnya air jadi jernih dan tidak berbau.

  106. Dirumah saya juga sumur bor nya begitu, pertama keluar jernih lalu setelah satu malam berybah jadi coklat, saya coba pake citrit acid, hasil lumayan…air tidak berubah warna…tapi itu hanya saja coba masukkan ke dalam bak penampung…belum dicoba dimasukkan kedalam pipa sumur bor..

  107. mas kalau dimasukan ke torent gpp gt mas? coz soalnya ni kontrakan sumurnya 1 cm dibagi bagi dikasih saran pake tawas ga mau tkut da efek sampingnya, jd tolong kasih tau klw tawas dimasukin ke torent gpp? soalnya parah bngt airnya dah kuning + bau n berminyak lg?

  108. saya dirumah pake sumur bor kira2 dalamnya 16 M setelah 5 bln air yg dulu putih bersih jd berubah warna kuning dan berbau, saya minta tolong gimana solusi yg terbaik agar bisa jernih lg dan tidak bau, trmks.

  109. Mas, saya dirumah pake sumur bor, air sudah jernih dan tidak berbau, tapi kalau mandi sabun tidak berbusa, minta tolong penjelasannya, sdh pakai tawas dan zeolit tapi tetap tdk berbusa. thanks

  110. Bang Eddy, masalah saya juga seperti itu aku punya sumur galian airnya kayak licin n klu hujan warnanya kuning(keruh) gmn solusinya agar bisa sehat bang,Thanks infonya,,,,

  111. kita mengebor sumur dengan kedalaman 15 meter. begitu kita pompa pertama jernih…tetapi setelah di endapkan beberapa jam berwarna kuning kecoklatan…terus saya mau tanya solusiny…
    terimakasih sebelumnnya

  112. Pak, sumur bor di rumah saya berwarna kuning. setelah cari info, ternyata dikasih sitrun bisa menghilangkan warna. Alhamdulillah berhasil, tetapi akhir – akhir ini airnya baunya banger. minta tolong penyebab dan solusinya ya pak. saya sampai stress mikirnya.

  113. begini: air memiliki yg namanya ph nah ph air yg netral adalah 7.nah kalo airnya bau berarti phnya rendah,cara menaikkan phnya dengan menaburkan kaporit pada air sampai pada ph 8 atau lebih dikit sampe 9 juga tidak apa apa .nah setelah itu baru deh berikan tawas tapi jangan terlalu banyak sekitar 3 sendok makan untuk 1000 liter karna tawas bersifat menurunkan ph air.jgn lupa supaya kaporit dan tawas bekerja maksimal aduk dulu sampai rata baru kemudian diamkan sekitar 2 jam…nah setelah kotorannya mengendap baru deh pisahkan air bersih dan kotorannya dengan cara di saring pake catrid.kalo mau lebih maksimal lagi masukkan gelembung udara seperti di akuarium pada saat pencampuran kaporit dan tawas lamanya sekitar 5 menit

  114. Terima kasih atas ulasan ini, sungguh bermanfaat dan dapat menjadi source buat pembaca anda

  115. For all yang pingin sumurnya jadi bening yang tadinya kuning dan bau caranya sangat mudah…diluar gorong2 sumur digali kembali sekitar 50 cm hingg dasar gorong2….taburi pasir putih atau pasir sungai dicampur kerikir fungsinya sebagai penyaring…pada dasarnya yang membuat air menjadi kuning karna resapan dari samping

    kurang mengerti silakan hubngi saya 0567541304

  116. Mas mau nanya nih.. rumah saya sumur nya berbau besi dan kuning akhirnya saya gunakan filter air sebelum masuk ke tandon. AKhir-akhir ini diketahui ada kemacetan pada pipa kran air yang terpendam di dalam tembok rumah. Karena instalasi dalam tembok saya kesulitan untuk membersihkannya. Saya sudah coba dorong pipa saluran yang macet tersebut pakai pompa air, tapi tidak ada hasil. Bagaimana soliusinya..

  117. Sumur saya pake jetpump saya sudah coba pakai tawas dua kali tapi masih kuning , gimana yah takaran pemberian tawasnya , kalo di pake sitrun 1 ember bisa tapi jernih, tolong balasannya

  118. slam kenal mas, sya pake sumur gali sedalam 8 meter, airnya sih bening bagus tp di atas bak penampungan air sya banyak banget debu seperti debu semen yang mengapung…imbasnya waktu dipake mandi hampir semua kulit tubuh saya mengelupas dan otomatis airnya tidak berani untuk saya pake masak dan minum….mohon solusi nya ya mas sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak matur nuwun…..oiya tlong blas k imel saya jengis_hangex@yahoo.co.id trims

  119. saya tinggal di kaki gunung merapi…
    tiap hari selalu pake air hujan…
    mau musim hujan atau musim kemarau tetep setia sama air hujan….

    soalnya disini sumurnya dalm2…
    dan banyak yang kering….
    jadi solusinya pada bikin bak penampungan air hujan…
    yang ukuran rata2nya p.l.t => 6.5.4 ada juga yang bikin ukuran kl 10.10.10
    dan cukup untuk keperluan selama musim kemarau…

    mungkin orang2 yang tinggal di kota kususnya jakarta perlu mencontoh kehidupan di tempat ini dengan memanfaatkan air yang jatuh dari langit dengan menampungnya di bak penampungan air agar air yang mengucur dari atap tidak terjun ke got dan berakhir di sungai yang menyebabkan sungai penuh dan banjir…
    selain itu gak perlu susah2 nyari air bersih saat musim kemarau…

  120. kalau airnya di campur tawas,,bhya tdk kalau diminum?

  121. saya sudah coba pakai tawas utk sumur saya yg air nya berwarna kuning hasil nya air tidak bersih, kl mandi bisa bikin rambut keras dan kulit badan kita kesat…tawas tdk menjamin air menjadi bersih…saran saya jgn mengunakan tawas…

  122. Sebanyak apa tawas yang harus dimasukan kedalam sumur mas

  123. wah bagus nih… :)

  124. mau tanya dong mas,
    saya baru gali sumur bor, awalnya sih (setelah dikuras tanpa tawas) air jernih dan tidak berbau. Tapi keesokan hari air jadi berbau besi dan lumpur (air tetap jernih). Di tes dengan teh warna air tetap berwarna teh.
    Apa bisa terselesaikan dengan pemberian tawas?Mohon pencerahan. Terima kasih.

  125. oke.. good info, sumur sy juga baru, tp masih coklat airnya,, sy cobanya yyyy

  126. kok masalahnya sama semua… air sumur berwana, bau, seperti karat.. cobadeh ntar ku coba ilmu-ilmu yang telah di share. thanks ya semua…ttccarito@gmail.com

  127. Terima kasih sarannya…

  128. pa,
    sumur bor saya sudah 40 meter di daerah tangerang.
    saya juga sudah pake penampung.
    tapi ko air itu masih kuning lebih kearah coklat, berminyak dan berbau n sisa di selang meninggalkan lumut.
    bisa teratasi juga yah dengan tawas?
    naruhnya di sumur bornya apa di penampungnya.
    matur suwun nggih,….

  129. sudah hampir 2 tahun lebih pa itu sumurnya dipake

  130. ingin share aja untuk warga perumahan jika mau membuat sumur pantek di usahakan cari tukang pantek di daerah sekitar jangan cari dari luar atau bawa tukang pantek dari luar meskipun harganya murah, karena pengalaman tetangga ngebor sampe kedalaman 30 meter hasilnya nihil padahal klo pake tukang pantek lokal kedalaman 8 – 11 meter saja kemarau panjang pun gak kehabisan air , o ya untuk yang punya masalah air di jamin menggunakan tawas aman Tawas adalah garam sulfat rangkap terhidrat dengan formula M+M3+ (SO4)2.12H2O. M+ merupakan kation univalen, umumnya Na+, Fe+, Cr+, Ti3+ atau Co3+, tawas biasa dikenal dalam kehidupan sehari-hari adalah amonium sulfat dodekahidrat. Tawas banyak digunakan oleh PDAM untuk memproses air sungai menjadi ari bersih (oleh karena itu disebut juga dengan nama populer Alum)

  131. ide cukup bgus jga tu bsa mnguntung kn bnyk msyarkt pa lge prubahn air na cpt bnget breaksi
    good job!!

  132. smoga orng2 bsa dngn ikhlas mmbuat situs kya gne dn tntu na yg sbnar na y kn? kn tu bsa sngt brmanfaat bgi orng2

  133. Indonesia kaya akan air namun ditempat2 ternetu seperti kota Jakarta sudah sangat langka bisa mendapatkan air bersih nan jernih
    tips yang sangat mermanfaat untuk kita2..

  134. Menurut pengalaman nih, jd utk tawas, kaporit, arang, citrun, semua sdh sy coba, hasilnya di awal sy sangat kecewa dgn postingan2 yg ada di mbah google tentang penjernihan air menggunakan bahan2 di atas, sy sampai putus asa hampir membuat sumur baru lagi. tp di tengah keputus asaan sy itu tiba2 di pagi yg cerah smw mslh tentang air kuning dan bau karat tiba2 hilang lenyap ga tau kmn… jd gini ( dah cukup ceritanya nih…) utk bahan2 spt tawas, kaporit, citrun, arang batok kelapa, itu emg berfungsi baik, tergantung takaran pd tiap2 sumur, klw sy, smw bahan tsb udh sy masukkan,jd intinya ada komentar dr mas Edwidianto di atas, yaitu di kuras dl krg lbh 1/2 jam atw lebih.. jd gini prosesnya,pengalaman sy, malam masukkan tawas 1/2kg dan 50gr kaporit dan sekarung arang batok kelapa yg udh di cuci, trs tinggal aja tidur, pagi hari nyalakan pompanya selama 1/2 jam atw lebih, gunanya utk menguras, krn apa? stlh kita masukkan bahan2 di atas, mlm itu jg mrk akn bekerja utk menggarap air sumur kita, nah stlh di garap maka akn di pisahkan dgn cr di endapkan bahan2 yg membuat air jd kuning dan bau, makanya setelah pemberian obat kita perlu menguras dl, maksudnya utk membuang bahan2 yg sdh di endapkan olh pasukan pembasmi bau dan kuning itu… demikian kiranya, semoga pengalaman sy ini bs membantu rekan2 smw, dan maaf bahasanya bertele2, (maklum habis nemenin anak nonton film robot,..) eeiittt… catatan… air hasilnya tdk utk di konsumsi… hny sekedar utk MCK sj… klw mau di konsumsi, tny dl ke pakar air/LAB, biar lbh pasti…

  135. halo mas. kbetulan nama kita sama.. oya. kbetulan sy tetangga d dkat graha. sy baru tau d graha airnya kuning. padahal sy d situ sudah 25thn. mungkin itu akibat pelapukan akar kayu. dulu tempat itu memang hutan. bkn graha. tp sluruh cibeber.

  136. halo mas. kbetulan nama kita sama.. oya. kbetulan sy tetangga d dkat graha. sy baru tau d graha airnya kuning. padahal sy d situ sudah 25thn. mungkin itu akibat pelapukan akar kayu. dulu tempat itu memang hutan. bkn graha. tp sluruh cibeber. dirumah sy air sumur bening dan segar.

  137. halo mas, mau tanya nih…sumur rumah saya berminyak dan berbau…apa bisa hilang dgn tawas aja…

  138. Mas air sumur saya kasi tawas tapi kok jadi lengket ya dan rambut menjadi keras ?

  139. maaf mau tanya…tawas atau kaforit langsung ditabur ke air sumur atau di bungkus dulu pake kain baru di letak dala air sumur? mana yang bagus?

  140. ingin share aja, kebetulan air sumur di rumah juga berwarna kuning tapi tidak berbau, sempat menyoba sistem filterisasi tapi tetap tidak bisa menjernihkan air.
    Ingin mencoba menaburkan tawas ke galian sumur, tapi sayangnya lubang sumur sudah terpendam feloran 2 lapis. akhirnya pipa air masuk dari jet pump ke dalam toren cuma saya taruh 7 tablet kaporit (utk 1 minggu) alhasil air jadi jernih. untuk menghilangkan residu kaporit dan butiran halus, filterisasi yg saya sempat beli dulu akhirnya terpasang di keluaran toren (model tabung filter 20inchi 1 pcs dan 10 inchi 2 pcs). tinggal diisi filter (model spoon 5 micron) dan carbon aktif. alhasil kebutuhan air untuk mandi dan mencuci terpenuhi. semoga bermanfaat

    • Warna kuning pd aer stlh di endapkan, biasanya krn kandunan zat besinya tinggi,
      Biasa diatasi dgn cara filter.
      -Pasir aktif untuk menghilangkan warna pd aer.
      -zeolit untuk menghilangkn atau mengurangi kadar amoniak.
      -Carbon aktif untuk menghilangkn bau.
      Susunan tadi dpt di sesuaikan jumlah media filternya, jk penggunaan sehari ” bnyk air, sebaiknya medianya jmlh bnyk.
      Jk aer jelek lg, media dpt di backwash.
      Ganti media jk sdh tidak bisa di backwash lg

  141. Sampai sekarang air sumur saya masih karat adan bau da saya coba pakai citri acid namun kok makin bau gimana ya rasanya saya ampir putus asa mau buat sumur baru dah ngak ada tempat ya allah mudah mudahan besok airnya baik,,da saya beri tawas

    • Air yg berbau karat, berwarna kuning dan seperti berminyak menunjukan kadar Fe dan Mn yang tinggi. Solusinya adalah dengan aerasi, menambahkan oksigen ke dalam air baru kemudian diberi tawas untuk mengendapkannya.

  142. Kalo buat bak mandi berbahaya gak ya?

  143. MINTA TOLONG INFONYA DIMANA YA SAYA BISA BELI IJUK DI DAERAH PRABUMULIH ATAU PALEMBANG, SAYA NANYA KE TOKO TOKO BANGUNAN PADA GAK ADA YANG NGERTI
    TERIMAKASIH

  144. Air sumur rumah saya relatif bening dan bersih, tidak berbau, tidak berminyak, tidak keruh, tidak kuning.
    Cuma agak tidak enak kalo langsung diminum, sedikit ada rasa “Aneh” dan orang bilang airnya “Berat”.
    Ini karena kandungan zat kapurnya lumayan tinggi.
    Kemarin tanpa sengaja, saya memasak air dengan menggunakan panci Presto model Engsel Mekanik (bukan model tutup geser yg menggunakan Seal Karet).
    Karena kelupaan, Presto yg dimasak di api besar, hampir habis airnya.
    Ternyata sisa air yg sedikit itu kini berwarna keruh (Butek) Keputihan, dan bila dibiarkan selam beberapa menit (dingin),
    akan tampak endapan kapur putih di dasarnya, walau begitu warna air masih sedikit tetap keruh, tapi sekarang putih semu kekuningan – pertanda Besi juga terdapat pd air tsb.
    Saya kemudian melakukan percobaan pd air isi ulang dari depo pengisian air isi ulang dekat rumah
    Air sekitar 50cc dImasak dengan api besar dan dan dengan alat panco Presto serta ditunggu hingga air hampir habis, kira2x sekitar 3 – 5 menit (tidak lama setelah bunyi mendesis terdengar, setengah menit kemudian matikan api).
    Dari percobaan di atas maka didapat hasil sbb:
    Air relatif tetap sama beningnya antara saat sebelum dimasak dan sesudah dimasak.
    Jadi untuk mengetahui apakah air yg anda minum tsb cukup baik (bisa dari sumur, kemasan atau isi ulang),
    ada baiknya anda menguji dengan cara memasak “Ekstrim” seperti di atas.
    Jika mutu air baik, maka hasil akhirnya akan tetap sama segar dan bening seperti semula.
    Tapi jika mutu air kurang baik, hasilnya air akan menjadi keruh dan tidak segar untuk diminum.
    Semoga bermanfaat.
    Salam

    • Agar air sumur jernih,sumur dtambal dulu agar tak ada air comberanmasuk smur,kuras air smur lalu taburkan 1kg tawas diamkan bebraa hari,kmdian kasih kapur gamping bangunan diamkan bebrapa hari,lalu taburi sumur dg 10kg semen bangunan diamkan 1minggu.sumur akan jernih b
      eberapa tahun kdepan sperti drumahku

  145. sumur gue pake tawas ga jernih2 bau besi nye masih,,,,

  146. asalammualaikum saya mau tanya d
    i rumah saya baru gali sumur 1minggu sudah air nya tadi ya bening setelah di biarkan berubahkuning bagai mana mengatasinya mas mohon penjelasan nya makasimas

  147. Saya punya sumur warna air ny kuning berkarat dan berbau,saya udah kash kaporit tapi mash aj.jadi ap solusiny?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: