Assembly Modul FXO XC100M

Senyum mas Novan
Senyum mas Novan
Akhir bulan September 2008 sebelum liburan lebaran, 4 buah modul FXO XC100M yang merupakan bagian proyek produksi VoIP Gateway telah selesai dirakit. Modul XC100M merupakan modul gateway FXO serupa dengan modul FXO Digium X100M. Modul ini dipasangkan di card PCI TDM dari Digium (TDM04P atau TDM800) untuk membentuk VoIP gateway sebagai jembatan komunikasi VoIP ke jaringan PSTN.

XC100M terpasang di TDM800P
XC100M terpasang di TDM800P
Modul XC100M ini cukup istimewa. Dengan desain PCB 2-layer, semua komponen SMD hanya terletak di layer komponen (top), sehingga jika dipasang di card PCI, keseluruhan tinggi card + modul tidak akan mengganggu card PCI lain. Ini akan diperlukan jika kita akan membuat gateway lebih dari 8-port, yaitu dengan menggunakan lebih dari 1 card PCI.

Modul XC100M dan Card TDM800P
Modul XC100M dan Card TDM800P
Pengujian fungsional berupa signalling telah dilakukan, dan keempat modul melakukan tugas signallingnya ke jaringan PSTN dengan baik. Pengujian kualitas suara secara subjektif, juga telah dilakukan. Suara dapat didengarkan dengan jernih. Sedangkan pengujian secara objectif, kualitas suaranya sekarang ini sedang diukur dengan PESQ.

3 thoughts on “Assembly Modul FXO XC100M

  1. saya membaca artikel anda tentang VoIP dan Gateway,
    dan saya igin bertanya lebih lanjut tentang hasil karya anda
    untuk itu bisa menghub email saya.

    Albert S. Kristanto, Ir

    Like

Leave a comment